Peran Wali Kelas sebagai Guru Pembimbing dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Gambaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1743Keywords:
Peran Wali Kelas, Guru Pembimbing, Kurikulum MerdekaAbstract
Wali kelas menghadapi berbagai tantangan, termasuk penyesuaian terhadap perubahan kurikulum dan keterbatasan sumber daya. Namun, dengan strategi pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, wali kelas berhasil meningkatkan karakter siswa, khususnya dalam hal kemandirian, gotong royong, dan berkebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran wali kelas sebagai guru pembimbing dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 3 Dawuhan, Jawa Timur, dari segi penerapan, sumber daya dan persiapan, strategi, serta hasil dan dampak dari pembimbingan. Melalui temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan Pendidikan dan praktik pembelajaran di Indonesia, serta menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan kompetensi mereka sebagai pembimbing yang efektif di lingkungan Pendidikan. Teknik pengumpulan data informasi menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas memiliki peran signifikan tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan moral siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan serta peningkatan kompetensi guru dalam peran mereka sebagai pembimbing di sekolah dasar.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221%0D
Arfinah, S. (2018). Peran Wali Kelas dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10
Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245
Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450–459. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/855/471
Hadiyanto, H., & Syahril, S. (2018). Perbaikan Iklim Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–8.
Harahap, A. C. P., Salsabilla, E., Rahayu, S., Husna, N., Ramadhita, Z., & Ginting, M. F. S. (2023). Analisis Peranan Wali Kelas Dalam Pendampingan Bimbingan Dan Konseling Serta Dampaknya Terhadap Penanganan Siswa Bermasalah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 868–882. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.681
Haryuni, S. (2013). Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan Dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 389–416. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.760
Hasibuan, K. N., Lubis, N. I., Rambe, A. R., & Kusumo, W. A. (2021). Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar melalui bimbingan konseling. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKA BKI), 3(2), 37–45.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1
Koesoema A, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.
Makaria, E. C., Rachmayanie, R., & Janah, R. (2022). Pendampingan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Negeri 1 Kapuas Barat untuk Mengatasi Learning Loss. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 185–191. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4323
Mayanti, M. D. (2023). Implementation of Merdeka Curriculum at the UPT Mobilising School SDN 211 Gresik. Journal of Basic Education Review: Journal of Educational Studies and Research Results, 9(3), 205–212. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=fjh2DwAAQBAJ
Mubarak, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar.
Putro, H. Y. S., Babiera, R. M., Takwin, M., Rachman, A., & Ariliani, T. (2024). Evaluating the Impact of the Inspiring School Program in High Schools. International Journal of Asian Education, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.46966/ijae.v5i1.373
Putro, H. Y. S., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697
Putro, H. Y. S., Rachman, A., & Maxitop, T. (2023). Implementation of Inspirative Models of Guidance and Counseling Services Curriculum Independent at Inspiring School. International Journal of Asian Education, 4(1), 68–73. https://doi.org/10.46966/ijae.v4i1.323
Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.
Saputra, D.W. & Hadi, M. . (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Holistika, Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1).
Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2022). Tantangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2962–2969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2561
Sekarwati, E. & Fauziati, E. (2021). Kurtilas dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme. E-Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak, 1(1), 29–35.
Sugiyono. (2017). Quantitative Qualitative and R & D Research Methods. Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Taufiq, Agus, Mikarsa, H. L., L, dan P., & Prianto. (2010). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka.
Triyatno, Fauiziati, E., & Maryadi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Prespektif Filsafat Progresivisme John Dewey. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 17–23.
Willis, S. . (2003). Peran Guru Sebagai Pembimbing (Suatu Studi Kualitatif). Jurnal Mimbar Pendidikan, 1(XXII), 25–32.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Tiara Ariliani, Eklys Cheseda Makaria, Hendro Yulius Suryo Putro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).