Peran Wali Kelas sebagai Guru Pembimbing dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Gambaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Tiara Ariliani Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Eklys Cheseda Makaria Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Hendro Yulius Suryo Putro Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1743

Keywords:

Peran Wali Kelas, Guru Pembimbing, Kurikulum Merdeka

Abstract

Wali kelas menghadapi berbagai tantangan, termasuk penyesuaian terhadap perubahan kurikulum dan keterbatasan sumber daya. Namun, dengan strategi pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, wali kelas berhasil meningkatkan karakter siswa, khususnya dalam hal kemandirian, gotong royong, dan berkebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran wali kelas sebagai guru pembimbing dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 3 Dawuhan, Jawa Timur, dari segi penerapan, sumber daya dan persiapan, strategi, serta hasil dan dampak dari pembimbingan. Melalui temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan Pendidikan dan praktik pembelajaran di Indonesia, serta menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan kompetensi mereka sebagai pembimbing yang efektif di lingkungan Pendidikan. Teknik pengumpulan data informasi menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas memiliki peran signifikan tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, dan moral siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan serta peningkatan kompetensi guru dalam peran mereka sebagai pembimbing di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221%0D

Arfinah, S. (2018). Peran Wali Kelas dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10

Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450–459. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/855/471

Hadiyanto, H., & Syahril, S. (2018). Perbaikan Iklim Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–8.

Harahap, A. C. P., Salsabilla, E., Rahayu, S., Husna, N., Ramadhita, Z., & Ginting, M. F. S. (2023). Analisis Peranan Wali Kelas Dalam Pendampingan Bimbingan Dan Konseling Serta Dampaknya Terhadap Penanganan Siswa Bermasalah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 868–882. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.681

Haryuni, S. (2013). Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan Dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 389–416. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.760

Hasibuan, K. N., Lubis, N. I., Rambe, A. R., & Kusumo, W. A. (2021). Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar melalui bimbingan konseling. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKA BKI), 3(2), 37–45.

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1

Koesoema A, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.

Makaria, E. C., Rachmayanie, R., & Janah, R. (2022). Pendampingan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Negeri 1 Kapuas Barat untuk Mengatasi Learning Loss. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 185–191. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4323

Mayanti, M. D. (2023). Implementation of Merdeka Curriculum at the UPT Mobilising School SDN 211 Gresik. Journal of Basic Education Review: Journal of Educational Studies and Research Results, 9(3), 205–212. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=fjh2DwAAQBAJ

Mubarak, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar.

Putro, H. Y. S., Babiera, R. M., Takwin, M., Rachman, A., & Ariliani, T. (2024). Evaluating the Impact of the Inspiring School Program in High Schools. International Journal of Asian Education, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.46966/ijae.v5i1.373

Putro, H. Y. S., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697

Putro, H. Y. S., Rachman, A., & Maxitop, T. (2023). Implementation of Inspirative Models of Guidance and Counseling Services Curriculum Independent at Inspiring School. International Journal of Asian Education, 4(1), 68–73. https://doi.org/10.46966/ijae.v4i1.323

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.

Saputra, D.W. & Hadi, M. . (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Holistika, Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1).

Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2022). Tantangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2962–2969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2561

Sekarwati, E. & Fauziati, E. (2021). Kurtilas dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme. E-Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak, 1(1), 29–35.

Sugiyono. (2017). Quantitative Qualitative and R & D Research Methods. Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Taufiq, Agus, Mikarsa, H. L., L, dan P., & Prianto. (2010). Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka.

Triyatno, Fauiziati, E., & Maryadi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Prespektif Filsafat Progresivisme John Dewey. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 17–23.

Willis, S. . (2003). Peran Guru Sebagai Pembimbing (Suatu Studi Kualitatif). Jurnal Mimbar Pendidikan, 1(XXII), 25–32.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Ariliani, T., Makaria, E. C., & Putro, H. Y. S. (2024). Peran Wali Kelas sebagai Guru Pembimbing dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Gambaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5495–5506. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1743

Issue

Section

Articles

Categories