Analisis Kesesuaian dan Kelengkapan Modul Ajar terhadap Standar Kompetensi Microteaching

Authors

  • Linanda Prafangasta Koesnadi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Rina Astuti Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1726

Keywords:

Keterampilan, Microteaching, Modul Ajar, Pembelajaran

Abstract

Peningkatan mutu dalam suatu proses pembelajaran merupakan upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Microteaching memiliki peran yang sangat strategis dalam mempersiapkan dan membina kemampuan guru sesuai dengan tuntutan profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganaisis kesesuaian dan kelengkapan modul ajar dalam pelaksanaan praktik microteacing yang berdampak terhadap efektivitas microteaching. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. tahap-tahap dalam menganalisis data pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, penyajian data,  dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru memerlukan bahan ajar dan perangkat yang dalam kurikulum merdeka, hal ini dikenal sebagai modul ajar. Hasil menunjukkan modul ajar yang digunakan oleh mahasiswa calon guru setelah dianalisis untuk komponen kelengkapan sudah lengkap tetapi ada beberapa komponen yang perlu di cermati seperti lampiran yang kurang lengkap dan ada beberapa yang mencampurkan lampiran maupun kegiatan inti masih kurang sesuai. modul ajar berisi 7 kompenen antara lain: Identitas penulis modul, intitusi asal, dan tahun pembuatan modul ajar, jenjang sekolah, kelas dan alokasi waktu. selanjutnya kompetensi awal, yaitu uraian tentang pengetahuan dan keterampilan yang harus diperoleh peserta didik sebelum mempelajari materi dan yang terakhir Profil Pelajar Pancasila

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrai, E. P., Rini, D. S., & Suryanda, A. (2020). Micro-teaching in the Digital Industrial Era 4.0: Necessary or not. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 23-30.

Daryono, R. W., & Rochmadi, S. (2020). Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering education in Indonesia. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 34-43.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19-26.

Dharmaji, W. M. R., & Astuti, R. (2023). Improvement of Student Achievement Through Problem Based Differentiated Learning. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 7(3), 279-288.

Dwiyanti, W. (2017). The Stage’s of Sharing Knowledge among Students in Learning Environment: A Review of Literatur. International Journal of Education and Research, 5(8), 81-92.

Febrianti, R., Yufrizal, A., Putra, R. P., & Phongdala, P. (2023). Implementation of project-based learning for improve students' critical thinking skills in creative product and entrepreneurship subjects. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 6(4), 240-247.

Marlina, R., Suwono, H., Yuenyong, C., Ibrohim, I., & Hamdani, H. (2024, May). Video-based microteaching to facilitate the basic teaching skills of preservice biology teacher. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3106, No. 1). AIP Publishing.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).

Nasution, T., Meliani, F., Purba, R., Saputra, N., & Herman, H. (2023). Participation Performance of Students’ Basic Teaching Skills in Microteaching. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2441-2448.

Nor, H., Hizriani, N., & Kadariyah, N. L. (2022). Teachers’ materials development, lesson planning, and teaching skills readiness in teaching English. PANYONARA: Journal of English Education, 4(1), 32-64.

Prastowo, A. Y., & Elvi, M. (2023). Teachers’ Understanding of Developing Independent Curriculum Teaching Modules for Mathematics Teachers in Middle Schools in Tanjungpinang City. In BIO Web of Conferences (Vol. 79, p. 10003). EDP Sciences.

Purnamawati, P., & Syahrul, S. (2016). Innovation In Learning Basic Competence Of Vocational Skills In Electronic Industries Based Problem Solving In Supporting Asean Economic Community (Aec).

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.

Slavich, G. M., & Zimbardo, P. G. (2012). Transformational teaching: Theoretical underpinnings, basic principles, and core methods. Educational psychology review, 24, 569-608.

Strachan, S., Logan, L., Willison, D., Bain, R., Roberts, J., Mitchell, I., & Yarr, R. (2023). Reflections on developing a collaborative multi-disciplinary approach to embedding education for sustainable development into higher education curricula. Emerald Open Research, 1(9).

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Susiani, K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Study of improving the quality of learning in an effort to improve the quality of elementary school education. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 37-44.

Van den Bergh, L., Ros, A., & Beijaard, D. (2013). Teacher feedback during active learning: Current practices in primary schools. British Journal of Educational Psychology, 83(2), 341-362.

Wang, J., & Wang, Y. (2023). Investigating the authenticity of “students” in microteaching for science pre-service teacher education. Research in Science & Technological Education, 1-21.

Yulastri, A., Hidayat, H., Islami, S., & Edya, F. (2017). Developing an entrepreneurship module by using product-based learning approach in vocational education. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1097-1109.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Koesnadi, L. P., & Astuti, R. (2024). Analisis Kesesuaian dan Kelengkapan Modul Ajar terhadap Standar Kompetensi Microteaching. Journal of Education Research, 5(4), 5479–5487. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1726

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check