The Effectiveness of "Brainy Games" on the English Language Ability of Children Aged 5-6 Years

Authors

  • Kristin Anggraini Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Maria Josephine Kriesye S Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1724

Keywords:

Permainan Edukatif “Brainy Games”, Kemampuan berbahasa Inggris, Anak usia 5-6 tahun

Abstract

Masa usia dini adalah masa yang sangat penting, karena semua aspek perkembangan dalam diri anak dapat berkembang dengan sangat cepat terutama perkembangan bahasa anak. Namun perkembangan Bahasa ini dapat semakin dioptimalkan dengan pemberian stimulasi diantaranyanya menggunakan media permainan edukatif “Brainy Games”. Melalui permainan edukatif “Brainy Games” tidak hanya mengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa melainkan juga untuk mengenal teknologi serta keterampilan berbahasa Inggris, sehingga anak mampu mengenal kosakata dan kalimat perintah dalam Bahasa Inggris, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Adapun pemilihan subjek dengan mempertimbangkan penerapan bahasa asing utamanya Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap hasil penelitian. Sedangkan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan kosakata dan perintah Bahasa Inggris melalui permainan edukatif “Brainy Games” terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah permainan edukatif “Brainy Games” dapat digunakan untuk mengembangkan perkembangan bahasa anak dengan baik terutama dalam hal mengenal kosakata dan kalimat perintah Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akman, B., & Güçhan Özgül, S. (2015). Role of Play in Teaching Science in the Early Childhood Years. Research in Early Childhood Science Education, 237–258. https://doi:10.1007/978-94-017-9505-0_11

Anggraini, Kristin., Sriemulyaningsih, Maria J.K., Mindari, Ruruh. (2022). Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris melalui Digital Smart Board terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Special Edition: Lalonget. Hal. 319-328.

Asmin, A, L. (2013). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. In Proceeding Seminar Nasional, 2, 191–197.

Dewi, Y, A. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/suku Orangtua terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 99–114.

Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII (1), Hal. 51–60.

Firdaus, Mutiara., Muryanti, Elise. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2) Hal. 1216-1227

Julianti, Natosha, & Dewi. (2018). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak Kelurahan Indralaya Raya. Jurnal Keperawatan Pangkal Pinang, 1(1), 54–59.

Karimah, & Komalasari. (2019). Literasi Pemerolehan Bahasa Kedua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di TK ABA 45 Lamongan). PAUD Teratai, 8(1)

Khairi, Husnuzziadatul. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna 2(2). Hal. 15-28

Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif. 9(2). Hal. 87-91.

Lestari, Lina Dani. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (2). Hal.100-108

Nalwan. (2014). No Title Pemrograman Animasi dan Game Profesional 3. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Na’imah., Widyasari., & Herdian. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747–756.

Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265. https://doi:10.1007/978-981-10-6484 5_16

Nurfadilah, Fadila Sisca N., Adiarti Wulan. (2021). Panduan APE Aman bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Pratiwi. (2019). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Pendidikan Nasional 2015, 278–283.

Prima, Elizabeth. Masitah, Rafi. Dewi, Ni Nyoman A. I. (2019). Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Sinaptek. Hal. 31-36

Putra, Sofian Dwi Ady. (2015). Pengaruh Permainan Edukatif “Edu-Games Bobby Bola” terhadap Kemampuan Kognitif (Pengenalan Angka, Huruf dan Bentuk) Anak Usia 4-5 Tahun. E-Jurnal Skripsi Program https://core.ac.uk/download/pdf/33513614.pdf

Rahman., & Tresnawati. (2016). Pengembangan Games Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Games, 13(1), 184–189

Rahmawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Kartu Pesan Berantai di PAUD Melati Kota Padang. Jurnal Spektrum PLS, 1(1), 75–87.

Safitri. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Sugian, Eni., Fahruddin. Witono, A. Hari. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’ di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). 675 - 685

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek perkembangan Anak. Prenada Group

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan metode problem solving dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain. Tunas Siliwangi, 3(2), Hal. 175–180.

Widyahening, Christiana E. T. & Sufa, Feri F. (2022). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). Hal. 1135-1145

Yuliana, Indah Anggi., Firdaus, Candra F., Mahdalena, Ayu., Fadhilah, Siti Nur. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Sosialisasi Alat Permainan Edukatif Puzzle Digital Bagi TK Kartini Desa Sentul Kabupaten Jombang. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). Hal. 11-14

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Anggraini, K., & Kriesye S, M. J. (2024). The Effectiveness of "Brainy Games" on the English Language Ability of Children Aged 5-6 Years. Journal of Education Research, 5(4), 5959–5966. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1724

Issue

Section

Articles

Categories