Strategi Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Karakter Mandiri di Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1712Keywords:
Strategi Pembelajaran, Karakter Mandiri, PjBLAbstract
Pendidikan karakter mandiri merupakan aspek krusial dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan karakter mandiri di kalangan mahasiswa di beberapa universitas di Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain survei, data dikumpulkan dari 280 responden melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur pengaruh strategi pembelajaran aktif, dukungan dosen, lingkungan belajar, dan keterampilan manajerial terhadap kemandirian mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif, seperti problem-based learning (PBL) dan project-based learning (PjBL), secara signifikan meningkatkan kemandirian mahasiswa, dengan rata-rata skor mencapai 4,2. Selain itu, dukungan dari dosen yang memberikan umpan balik konstruktif berkontribusi positif, dengan 85% responden mengakui pentingnya peran dosen dalam proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang kolaboratif juga terbukti berpengaruh, di mana mahasiswa yang belajar dalam kelompok menunjukkan hasil yang lebih baik dalam pengembangan karakter mandiri. Keterampilan manajerial, khususnya manajemen waktu, juga terbukti penting dalam mendukung kemandirian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa institusi pendidikan perlu menerapkan strategi pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif, serta memberikan dukungan yang memadai kepada mahasiswa, untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia.
Downloads
References
Amir Husen, Umar Natuna, M. Ridho Hidayat, Zalisman, Wismanto. 2023. “Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas ‘Guru Profesional’ Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Disrupsi.” 12:241–51.
Angel, Amelia, Anisa Mutiara, Ahmad Arya, Aziz Polem, and Wismanto Nugraha, Beni Satria. 2024. “Nilai-Nilai Puasa Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter.” 723–31.
Azizah, Istiqomah Nurul, Zahwa Putri Naila, Maya Wulan Sari, Zaida Wismanto, Elbina Saidah, Rusli Ibrahim, and Agus Salim. 2024. “Membenahi Pergaulan Remaja Di Era Disrupsi Melalui Pendidikan Fikih Universitas Muhammadiyah Riau.” (3).
Deprizon, Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto Wismanto, Baidarus Baidarus, and Refika Refika. 2023. “Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9(1):1–15. doi: 10.46963/mpgmi.v9i1.800.
Dewi, Suryani. 2023a. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(2):204–15. doi: 10.53624/ptk.v3i2.177.
Dewi, Suryani. 2023b. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(2):204–15.
Faramita, Lia. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Siswa Sma Swasta It Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak.” hal 1-2.
Fitriyana, Arina. 2020. “Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik.” Jurnal Fokus Konseling 6(2):75–85. doi: 10.52657/jfk.v6i2.1219.
Hamzah, Tri Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, and Rieskha Tri Adilah. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 06(01):4652–63.
Kasus, Studi, M. I. Ibnu, Aqil Pekanbaru, Salsabila Almahda, Wismanto Wismanto, and Radhiyatul Fithri. 2024. “Penerapan Konsep Guru Profesional Dalam Penanaman Akhlak Siswa Pada Surat Ali Imran Ayat 159 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah , Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia.” 2(5).
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul.” 11:204–26.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN.” 11(2):285–94.
Mardianto, Khafid, Sari Yuliandari, Lili Rahmawati, and Wismanto Lestari, Indah. 2024. “Implementasi Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Lingkungan Keluarga Untuk Menciptakan Karakter Dan Membentuk Generasi Yang Berkualitas.” 749–57.
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023a. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023b. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.
Naila Hafizah, Wardah Yuni Artika, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, Wismanto. 2024. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik.” Repository.Uinsaizu.Ac.Id 5(2):29–42.
Ningsih, Tutuk, Zamroni Zamroni, and Darmiyati Zuchdi. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 8 Dan Smp Negeri 9 Purwokerto.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 3(2):225–36. doi: 10.21831/jppfa.v3i2.9811.
Perayani, K., and I. W. Rasna. 2022. “PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL).” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11(1):108–17.
Rahmasari, Riska, Riski Rahmasari, Farhah Desrianty Gimri, and Wismanto Dewianti, Annisa Fitri. 2024. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” 2(3).
Rahmayani, Fadillah. 2019. “Hubungan Antara Karakter Mandiri Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) 6(2):87–94.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru.” 4(1):1082–88.
Rustam, Rustam, and Priyanto Priyanto. 2022. “Pembelajaran Tamadun Melayu Jambi Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Berorientasi Produk Kreatif.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5(2):359–76. doi: 10.30872/diglosia.v5i2.284.
Sakban. 2021. “Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madarasah Aliyah Negeri 5 Mandailing Natal Bidang Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Indonesia Journal of Islamic Educational Manajement 4(1):1–6.
SYAPARUDDIN, SYAPARUDDIN, MELDIANUS MELDIANUS, and Elihami Elihami. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):30–41. doi: 10.33487/mgr.v1i1.326.
Tri, Rieskha, Adillah Em, Uswah Khairani, and Wismanto Majri, Athifa Khalisha. 2024. “Administrasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Pada Lembaga Pendidikan Islam.” 1(2).
Wardah yuni kartika, Lidya zanti, Dini gita sartika, Zaky Raihan, Wismanto. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini Dalam Sudut Pandang Al-Qur ’ An.” (2):290–300.
Windi Alya Ramadhani , Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto, Safa fakhlef. 2024. “Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak.” (2):276–89.
Wismanto, Agus Salim, Afdal, Deprizon, Aulia Fitri. n.d. “Peran Manejemen Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan Di Era Disrupsi.” 4(3):1290–97.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru.” 4(4):1625–33.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR.” 12(1):196–209.
Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”
Zulaikhah, Siti. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1):83–93. doi: 10.24042/atjpi.v10i1.3558.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yusnimar Yusri, Aulia Ramadona, Aulia Fitri, Wismanto Wismanto, Khairul Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).