Desain Instrumen Tes Capaian Pembelajaran Matematika Dengan Uji Validitas Pearson Correlation
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1700Keywords:
Instrumen Tes, Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran Matematika, Uji ValiditasAbstract
Salah satu tantangan yang dihadapi di dunia pendidikan adalah pengembangan instrumen asesmen yang valid dan dapat diandalkan untuk mengukur capaian pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model instrumen tes yang valid guna mengukur capaian pembelajaran matematika dalam Kurikulum Merdeka di akhir fase D. Dalam pengembangan instrumen ini, peneliti menggunakan pendekatan uji validitas dengan metode Pearson correlation untuk memastikan bahwa setiap butir soal dapat secara akurat merefleksikan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Data yang diperoleh dari pengujian instrumen melibatkan respon peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan rumus Pearson correlation. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua butir soal memiliki koefisien korelasi yang signifikan, dengan nilai di atas ambang batas yang ditetapkan, sehingga dinyatakan valid. Validitas instrumen ini sangat penting untuk memastikan bahwa evaluasi hasil belajar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kurikulum Merdeka, serta mendukung pencapaian tujuan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan asesmen pendidikan yang lebih efektif dan efisien
Downloads
References
Abe, T. O., Olojo, O. J., & Olofin, S. O. (2024). Verification of Dichotomous Scored Junior Secondary Schools Certificate Examination in Mathematics Achievement Test Using Classical Test Theory. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 5(1), 180–193. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0437
Agnesia Putri, C., Rofiqoh, E., Alfiah Wulandari, F., Amalia Prastiningrum, F., & Nur Eva, dan. (2021). Asesmen Autentik: Pengembangan Asesmen HOTS Mata Pelajaran Matematika pada Siswa SMP.
Ali Ramdhani Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M., & Moh Isom, K. R. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen RA, MI, MTs, MA dan MAK.
Arikunto Suharsimi. (2022). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (Damayanti Restu, Ed.; 3rd ed., Vol. 3). Bumi Aksara.
Arisal. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.
Basuki Ismet, & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran (Muliawati Nita Nur, Ed.; 1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Buana, U., & Karawang, P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking SKILL (HOTS) pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 111–120. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Budi Merry Setia Ningrum, E., Budi Waluya, S., & Ridlo, S. (2018). Journal of Educational Research and Evaluation Development of Assessment Instrument Android-Based Students’ Interest In Learning Mathematics SMP With CPS Model Article Info. JERE, 7(2), 181–188. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Bulan, S., Pendidikan, J., & Abstrak, M. (2021). Pengembangan Asesmen Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas Ix SMP.
Butakor, P. (2022). Using Classical Test and Item Response Theories to Evaluate Psychometric Quality of Teacher-Made Test in Ghana. https://doi.org/10.19044/esj.2022.v18n1p139
Dinda Dwi Nugraheni. (2021). Asesmen berpikir kreatif siswa pada materi matematika kelas VIII. Universitas Negeri Malang.
Djam, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Model Assessment for Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Farman, F., Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajran Matematika Berbasis Ispring Suite. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4288
Fatkhudin, A., & Hidayatullah, M. F. (2016). Membandingkan Irt Model 3pl Dengan Irt Model 4pl Untuk Penilaian Menggunakan Computerized Adaptive Test.
Gradini, E. (2022). Development of Rubric of Higher Order Thinking Skills Assessment on Mathematics Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 61. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5342
Hendriana Heris, & Soemarmo Utari. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika (Atif Nurul Falah, Ed.; 3rd Ed.). Refika Aditama.
Kemendikbud. (2022). https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/matematika/fase-d/.
KEMENRISTEK. (2022). Kurikulum Merdeka. KEMENRISTEK.
Mahfudy, S. (2021). EDUMATIC: Jurnal pendidikan MatematikaVolume 2, Nomor 1.
Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Di SMP Kelas VII. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 886–897.
Mubarokah, A. (2021). Analisis Asesmen Autentik dan Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Ngawi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika4. 4, 80–86. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Naufal, M. A., & Ihsan, H. (2022). Assessment and Learning Mathematics Integrated 21st Century Competency-Computational Thinking Skills in Junior High School: Partly Detailed and Completed Intervention Stage International Journal of Social Science and Education Research Studies Assessment and Learning Mathematics Integrated 21st Century Competency-Computational Thinking Skills in Junior High School: Partly Detailed and Completed Intervention Stage. https://doi.org/10.55677/ijssers/V02I11Y2022-05
Nursakiah, N., Arriah, F., & Dharma, S. (2022). Developing mathematical literacy test with context of Bugis-Makassar local wisdom for junior high school students. Jurnal Elemen, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4049
Özcan, H., & Kurtulus, A. (2023). An examplary application of mathematics teaching based on formative assessment. International Journal of Assessment Tools in Education, 10(4), 741–764. https://doi.org/10.21449/ijate.1352605
Pembelajaran, A., Merdeka, P. K., Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Diagnostic assessment, formative assessment, summative assessment, independent curriculum Learning Assesment in the Independent Curriculum. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8.
Pendidikan Tambusai, J., Sasmita, P., Yeni, F. J., Hidayati, A., & Felicita Amsal, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Pariaman. https://youtu.be/T2-s6yY9yol
Penelitian, J., Evaluasi, D., Indonesia, P., Halim, M. A., Mertasari, N., & Widiartini, N. K. (2020). Pengembangan Self-Assesment Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Montessori Bali (Vol. 10, Issue 1).
Pramudita, K. (2019). Analisis Distraktor Soal Tes Matematika Smp.
Purwati, H., Retnawati, H., Jailani, J., & Retnowati, T. H. (2021). Analisis Karakteristik Butir Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 46–51. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p46-51
Qur’ani, P., & Haq, A. (2023). Asesmen Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
Ramadani, M., Yuhana, Y., Sukirwan, S., Pujiastuti, H., & Syamsuri, S. (2023). Performance Assessment pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 393. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8256
Ramon Olosunde, G., & Olosunde, B. (2023). Assesment Procedure And Students Locus Of Control As Determinants Of Learning Outcomes In Mathematics. https://www.researchgate.net/publication/376406211
Robert Edy Sudarwan, H. R. (2015). Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometri Dan Pengukuran Smp/Mts. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2, 2, 251–256.
Rosmiati, R., Anwar Hadi Firdos Santosa, C., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Author, C. (2023). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang. 6(2). https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2752
Sa’adah Risa Nur, & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Abdullah Aminol Rosid, Ed.; 2nd ed.). Literasi Nusantara.
Samritin, S., & Suryanto, S. (2016). Developing an assessment instrument of junior high school students’ higher order thinking skills in mathematics. REID (Research and Evaluation in Education), 2(1), 92–107. https://doi.org/10.21831/reid.v2i1.8268
Sari, K. (2017). Pengembangan Asesmen Otentik Matematika Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Smp Swasta Cerdas Bangsa Namorambe. Universitas Negeri Medan.
Setyorini, A. I. and H. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika untuk Peserta Didik Kelas VIII Jenjang SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.
Soim Daimah, U. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Suherman, S., & Vidákovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking: A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019
Suryabrata Sumadi. (2016). Metodelogi Penelitian (27th ed.). Rajagrafindo Perkasa.
Susanti Telaumbanua, M., Berkat Tabah Hulu, D., Surya Astuti Zebua, N., Zalukhu, A., Naibaho, T., & Mayasari Simanjuntak, R. (2023). Evaluasi dan Penilaian pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 06(01), 4781–4792.
Suurtamm, C., Thompson, D. R., Young, R., Leonora, K. ·, Moreno, D., Sayac, N., Schukajlow, S., Silver, E., Ufer, S., & Vos, P. (2016). Assessment in Mathematics Education ICME-13 Topical Surveys Large-Scale Assessment and Classroom Assessment. http://www.springer.com/series/14352
Suwandi Sarwiji. (2018). Model-Model Asesmen Dalam Pembelajran. Yuma Pustaka.
Tiban, F. A., Achmad, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar Matematika Buatan Guru di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.11103
Ukobizaba, F., Nizeyimana, G., & Mukuka, A. (2021). Assessment Strategies for Enhancing Students’ Mathematical Problem-solving Skills: A Review of Literature. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(3), 1–10. https://doi.org/10.29333/ejmste/9728
Wang, G., Kang, Y., Jiao, Z., Chen, X., Zhen, Y., Zhang, D., & Su, M. (2022). Development and Application of Intelligent Assessment System for Metacognition in Learning Mathematics among Junior High School Students. Sustainability (Switzerland), 14(10). https://doi.org/10.3390/su14106278
WEBSITE. (n.d.).
Widiansah, K. N., Kartono, K., & Rusilowati, A. (2019). Development of Assessment Instruments Mathematic Creative Thinking Ability on Junior High School Students. Journal of Educational Research and Evaluation, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.15294/jere.v8i1.32242
Yogi Anggraena, & dkk. (2022). Pembelajaran dan Asesmen.
Yusuf Muri. (2017). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan (M. Yuri, Ed.; 2nd ed.). PT Fajar Pratama Mandiri.
Zakiyah, U. M. and R. R. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerasi Konteks Karakter Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ika Septi Lusiana, Purwo Susongko, Dewi Amaliah Nafiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).