Efektivitas Media Maze Magnet dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Nur Khasanah Pendididkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Luluk Iffatur Rocmah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1699

Keywords:

Konsentrasi belajar, Media Maze Magnet, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar pada anak usia dini melalui penggunaan media maze magnet. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada anak kelompok A di KB Permata Sunnah Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media maze magnet secara signifikan meningkatkan kemampuan konsentrasi anak. Melalui tiga siklus, terjadi peningkatan persentase keberhasilan dari 28% menjadi 81%. Hal ini menunjukkan bahwa media maze magnet efektif dalam meningkatkan fokus dan perhatian anak selama proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akcaoglu, M., Jensen, L. J., & Gonzalez, D. (2021). Understanding Children’s Problem-solving Strategies in Solving Game-based Logic Problems. International Journal of Technology in Education and Science, 5(2), 245–257. https://doi.org/10.46328/ijtes.98

Akman, O. (2020). Health and Political Developments in.

Bangsawan, I., Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24067

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Ermayani, T., & Saputra, I. H. (2023). The Concept of Alzheimer’s Disease in Qur’an. Proceedings of the 3rd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2021 (BIS-HSS 2021), 2(1), 234–239. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-49-7_40

Hanifah, N., Magfiroh, N. H., & Assa’diy, A. A. (2024). Analisa Efektivitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADHD. Aulad:Journal on Early Childhood, 7(2), 434–444. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.689

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/973

Jacob, U. S., Pillay, J., & Oyefeso, E. O. (2021). Attention Span of Children With Mild Intellectual Disability: Does Music Therapy and Pictorial Illustration Play Any Significant Role? Frontiers in Psychology, 12(May), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.677703

Kuswanto, A. V., & Suyadi, S. (2020). Sistematika Lieratur Review: Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 51–61. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712

Liu, W., Tan, L., Huang, D., Chen, N., & Liu, F. (2021). When Preschoolers Use Tablets: The Effect of Educational Serious Games on Children’s Attention Development. International Journal of Human-Computer Interaction, 37(3), 234–248. https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1818999

Mercan, Z., & Kandır, A. (2024). The effect of the Early STEAM Education Program on the visual-spatial reasoning skills of children: research from Turkey. Education 3-13, 52(2), 123–153. https://doi.org/10.1080/03004279.2022.2075906

Muflikhah, I. K., & Kamal, R. (2024). The Effectiveness of Using Wordwall As a Media For Mathematical Learning Assessment in Madrasah Ibtidaiyah. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 10(1), 85. https://doi.org/10.30595/alphamath.v10i1.21582

Sudirman, A. D. (2023). Cyberreligion : the role of artificial intelligence as a communication medium for religious education learning in the digital era. Tarbawy, 10(2), 145–153.

Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 2(2), 168–179.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Khasanah, N., & Rocmah, L. I. (2024). Efektivitas Media Maze Magnet dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(4), 4728–4737. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1699

Issue

Section

Articles

Categories