AR Buku Digital untuk Tingkatkan Kecakapan Riset Karya Ilmiah Remaja

Authors

  • Linda Eka Pradita Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia
  • Arif Setyawan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia
  • Sri Wulandari Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia
  • Maftukhin Ariefian Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia
  • Inayah Isnaini Faizah Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1687

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang relevan dengan kegiatan karya ilmiah remaja di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pada penelitian ini, proses pengembangan hanya sampai tahap 5. Adapun kelima langkah dalam penelitian pengembangan sebagai berikut; (1) Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting); (2) Merencanakan Penelitian (Planning); (3) Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product); (4) Uji Coba Terbatas (Preliminary Field Testing). Langkah ini merupakan uji produk secara terbatas; (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (Main Product Revision). Hasil penelitian pada media pembelajaran ARBook yang terintegrasi potensi lokal Magelang memberikan kemudahan dalam memahami konsep materi karya ilmiah. Potensi lokal yang digunakan meliputi fenomena gunung berapi, tempat wisata, kerajinan tangan, sumber daya alam dan pertanian. Pengintegrasian potensi lokal dalam pembelajaran menjadikan kegiatan belajar lebih aplikatif dan bermakna. Media ini membantu dalam memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Pada objek tata surya dan gunung meletus, keduanya tidak mungkin dihadirkan di ruang kelas ternyata dapat dihadirkan secara virtual. Siswa dapat melihat pergerakan planet mengelilingi matahari dalam orbitnya dan memahami struktur, fungsi, hubungan antar elemen yang sulit dibayangkan oleh siswa melalui gambar atau teks. Selain itu, memvisualisasikan gunung berapi melalui media berbasis AR memberikan pemahaman tentang struktur, proses vulkanik dan fenomena alam terkait dengan gunung berapi. Media ARBook dirancang untuk memberikan informasi pengetahuan yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidinsyah A RSR. (2019). The implementation of local wisdom-based learning and HOTS-based assessment: Teacher survey in Banjarmasin. JPBI (Jurnal Pendidik Biol Indones, 5 (3) 407–14.

Adawiyah R IAN. (2020). Analysis of the need for science teaching materials based on environmental problems on the island of Bangka. In: In: J Phys Conf Ser, 1440.

Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangakn Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amali, K., Kurniawati, Y. & ZZ. (2010). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. J Nat Sci, 2 (20) 191–202.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Borg R. & GM. (2007). Educational Research and Introduction the English. Pearson Ed.

Derevenskaia O. (2014). Active Learning Methods in Environmental Education of Students. Procedia - Soc Behav Sci. (131) 101–104.

Destiara M. (2020). Analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Pemanfaatan Potensi Lokal sebagai Sumber Belajar Biologi SMA di Lamongan. BIOEDUCA J Biol Educ J Biol Educ, 2 (8) 73.

Elaine HJY& GK. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. J Heal Prof Educ, (2) 75–79.

Fadhli M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir J Stud Manaj Pendidik. 2017;1:215.

Fadilla AN RAR. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring Di Masa Pandemi Covid 19. J jendela Pendidik, 1(2) 49–60.

Farida L et. al. (2017). Analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dan Pemanfaatan Potensi Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Sma Di Lamongan. In: In: Pros TEP PDs Transform Pendidik Abad 21 Lamongan, 363–71. Setyosari. P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. J Inov dan Teknol Pembelajaran, 1 (1) 20–30.

Hamalik. O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hairida. 2010. Pemanfaatan Budaya dan Teknologi Lokal dalam Rangka Pengembangan Sains. J Pendidik Mat dan IPA. J Pendidik Mat dan IPA, 1 (1) 54–5.

Iman, Rizki. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam Mengembangkan Kemampuan Ilmiah Siswa. Lombok Journal of Sciences (LJS), 1 (1) 14-19.

Krisdarwati, E. 2008. Pengaruh Kegiatan Siswa dalam KIR Terhadap Prestasi dan Aktivitas Belajar Biologi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri semarang.

Kuatandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital, ed. Risman Sikumbang, 2 nd ed. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mauludin R. (2017). Penerapan AugmeBiologinted Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Pada Manusia dalam mata Pelajaran. J Edukasi dan Penelit Inform, 3 (2) 2460–0741.

Megasari, Sudaryono, Agus dan Firdaus, Lutfi. (2018). Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Anggota Kelompok Ilmiah Remaja. PENDIPA Journal of Science Education, 2 (2) 163-169.

Nurlifa, A dkk. (2016). Implementasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Organ Mata Berbasis Android. In: Seminar nasional Ilmu Komputer (SNIK).

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8 (1), 9-35.

Putra, G. T. S., Kesiman MWA dan DI. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. J Nas Pendidik Tek Inform, 2 (2) 125.

Ramadhani Y. (2022). Strategi Inovatif Dengan Memanfaatkan Kreativitas Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013.

Sukmawati, Fatma, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media.

Suputra PE. (2016). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Gamelan Terompong Beruk Berbasis Android. Karmapati, 5(1).

Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA Di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, Vol. 10, (2), Edisi Juli Desember 2023.

Widiastuti EH. (2017). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, 33 (1) 29–36.

Wahyuni I, Amelia E MMM. (2021). Buklet pemanfaatan melinjo untuk menunjang pembelajaran berbasis potensi lokal. Biodidaktika J Biol dan Pembelajarannya, 16 (1) 81–92.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Pradita, L. E., Setyawan, A., Wulandari, S., Ariefian, M., & Faizah, I. I. (2024). AR Buku Digital untuk Tingkatkan Kecakapan Riset Karya Ilmiah Remaja. Journal of Education Research, 5(4), 6541–6551. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1687

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check