Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Melalui Metode Teka-Teki Bergambar

Authors

  • Nisa Fira Yulianti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ahmad Syukri Sitorus Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1652

Keywords:

Kemampuan Berpikir Simbolik, Teka-Teki Bergambar, Siswa

Abstract

Kemampuan anak untuk mengonseptualisasikan ide, peristiwa, atau hal yang tidak ada secara fisik dikenal sebagai kemampuan berpikir simbolik. Namun kenyataannya adalah bahwa beberapa anak tampaknya tidak dapat menunjukkan kepekaan dan rasa percaya diri mereka. Mengingat hal ini, kami mulai menyelidiki apakah pendekatan teka-teki gambar RA akan membantu kemampuan berpikir simbolik peserta RA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak TK An-Nizam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir simbolik anak-anak dapat ditingkatkan melalui metode teka-teki gambar. Hal ini didukung oleh peningkatan persentase penyelesaian di setiap siklus, dengan 4 anak menyelesaikan 20% tugas di pra-siklus, 10 anak menyelesaikan 50% di siklus l, dan 16 anak menyelesaikan 80% di siklus ll. Oleh karena itu, kemampuan berpikir simbolik anak-anak dapat ditingkatkan secara signifikan melalui penggunaan teka-teki gambar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2021). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Rizqi Press.

Ahmad Syukri Sitorus. (2023). Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini; Analisis Gender. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6 (1)

Anik Purwanti, Abidin, R., & Sa’ida, N. (2022). Upaya Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Permainan Tebak Nama Karakter ( Hewan ) Pada Anak Usia 6-7 Tahun Di SD Negeri 2 Suru Nganjuk Pendahuluan Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam perjalanan hidup manusia dari awal kelahiran h. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 130–143.

Basri, H. (2020). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Cazden, C. B. (2001). Classroom Discourse: The Language of Teaching and Learning (2nd ed.). Portsmouth, NH: Heinemann.

Daniati, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Flanel Es Krim. Jurnal Spektrum PLS, 1(1).

Dhieni, N., & Dkk. (2019). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Dhieni, N., & Fridani, L. (2019). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Modul Paud, 5.

Doyle, W. (2006). Ecological Approaches to Classroom Management. Dalam C. M. Evertson & C. S. Weinstein (Eds.), Handbook of Classroom Management: Research, Practice, and Contemporary Issues (pp. 97-126). Lawrence Erlbaum Associates.

Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1).

Hariyadi, S., & Muslikah. (2019). Perkembangan Individu. CV Budi Utama.

Hartati, N. P. E., Wirya, I. N., & Ambara, D. P. (2019). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Magne t Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di TK Santa Maria. Jurnal Pg-Paud Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Johnson, R., & Smith, L. (2021). The Impact of Picture Puzzles on Early Cognitive Development. Early Childhood Education Journal, 49(2), 245-258. doi:10.1007/s10643-020-01143-6.

Kemendikbud. (2019). Permendikbud Tentang Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–12.

Lee, S., Choi, M., & Kim, J. (2022). Cognitive and Social Benefits of Picture Puzzles in Early Childhood Education. International Journal of Child Development, 30(4), 452-466. doi:10.1007/s10775-021-09534-0.

Mahmud. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Martin, A., & Zhang, X. (2023). Enhancing Early Mathematical Concepts through Picture Puzzles. Mathematics Education Research Journal, 35(1), 65-78. doi:10.1007/s13394-022-00487-w.

Moeleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mu’min, S. A. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Peaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1).

Mulyasa. (2021). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Nurrahmawati, E., Hadiati, E., & Fatimah, S. (2020). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Raudlatul Ulum Kresnomuhlyo. Jurnal-Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 11(6).

Patel, R., & Gomez, A. (2023). The Role of Variability in Picture Puzzles for Enhancing Symbolic Thinking. Journal of Early Childhood Research, 21(2), 112-127. doi:10.1177/1476718X221107126.

Pasanea, Ruth, M., Hendria, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Riduan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Santrock, J. W. (2019). Child Development (16th ed.). McGraw-Hill Education.

Sari, A. (2021). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Bahasa Anak-anak. Bima Karya.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); ke 3).

Susanto, A. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Van Lier, L. (2008). Agency in the Classroom. Dalam J. P. Lantolf & M. E. Poehner (Eds.), Sociocultural Theory and the Teaching of Second Languages (pp. 163-186). Equinox Publishing.

Wang, Y., Zhang, Y., & Liu, H. (2022). Interactive Picture Puzzles and Symbolic Understanding in Early Childhood. Journal of Educational Psychology, 114(3), 391-405. doi:10.1037/edu0000547.

Downloads

Published

2024-10-22

How to Cite

Yulianti, N. F., & Sitorus, A. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Melalui Metode Teka-Teki Bergambar. Journal of Education Research, 5(4), 5006–5016. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1652

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check