Strategi Pemasaran Madrasah untuk Meningkatkan Jumlah Penerimaan Peserta Didik Baru di MA AL Karimi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1633Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemasaran pendidikan di MA AL karimi tentang efektiftas strategi pemasaran komersial yang diadopsi sebagai langkah strategis menarik pesertadidik, dimulai dari, 1) proses analisis calon konsumen berdasarkan preferensi masyarakat terhadap lembaga pendidikan, dilanjutkan dengan 2) mempromosikan nilai pembeda yang dimiliki madrasah melalui komponen bauran pemasaran 4P. 3) analisis implikasi pemasaran terhadap penerimaan pesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dihasilkan dari proses wawancara, observasi dan dokumentasi, data disajikan seterusnya di tringaluasi berdasarkan teknik pengumpulandata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana proses strategi pemasaran di MA AL Karimi yang sudah mengaplikasikan tahapan proses strategi pemasaran, dimulai dari Pertama, pemetaan segmentasi pasar dan penentuan pangsa pasar yang menghasilkan pemosisian madrasah sesuai dengan preferensi masyarakat, kedua, dalam tahapan promosi komponen nilai pembeda berdasarkan bauran pemasaran 4P di MA AL karimi secara umum telah memanfaatkan potensi madrasah .ketiga,dalam implikasi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pesertadidik, MA AL karimi terbukti mengalami peningkatan jumlah pesertadidik namun belum secara signifikan. Secara mendasar teori marketing komersial dapat diadopsi dalam melakukan promosi lembaga pendidikan artinya teori pemasaran bukan hanya berfungsi untuk menjual barang.
Downloads
References
Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Deepublish, 2018,
Assauri, Sofjan.Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
Bakti, Hairudin, & Alie,M. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 2020.
Cardia, R,Santika, and Respati, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2019.
Eliyanto. Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam.Kebumen: Institut Agama Islam NahdlatulUlama (IAINU), 2018.
Farikhah, Siti. Manajemen Lembaga Pendidikan.Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.
Fawzi, Marissa Grace dan Ahmad Syarif iskandar (eds.), STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementas. Tanggerang: Pasca Books.2022.
Frans Sudirjo dan Nurlaela Jauhar (eds.), MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN: Konsep, Model, dan Implementasi (Padang: Get Press Indonesia)2023
Hesty, Nurul Utami.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis.Jurnal Ecodomica.2018
Jaswita, Derizka Inva, ‘Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Volume Penerimaan Siswa Baru SD Kartini Komplek Angkasa Pura II’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2018 .
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran.13. Jilid I. Jakarta : Erlangga, 2021.
Muhaimin.Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah.Jakarta : Kencana, 2009.
Ni Ketut Yulia A.,” Segnrentasi Pasar, Penenfuan Target, dun Penentuan Posisi” Equilibrium, Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi,2 agustus, 2003.
Philip Buckley, and Irawan, ‘The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective’, Jurnal Pendidikan Islam,2015
Prayoga, Ari, and Jaja Jahari, ‘Manajemen Jejaring Kerjasama Pondok Pesantren’, AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya,2019,
Rehendra dan Sarifudin. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor.” Jurnal Menejemen Pendidikan Islam, 2019.
Rismawati,F,Wahyuni,& Widodo,Strategi Pemasaran STP (Segmenting,Targeting Positioning)Larissa Aesthetic Center Cabang Jember, Jurnal Pendidikan Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2019.
Sephy Lavianto. “ANALISIS STP (SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING)”. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 2022.
Faizin, Imam. "strategi pemasaran jasa pendidikan." jurnal madaniyah, 2,Agustus, 2017
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Hasan Asyari, Dwi Bhakti Indri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).