Strategi Pemasaran Madrasah untuk Meningkatkan Jumlah Penerimaan Peserta Didik Baru di MA AL Karimi

Authors

  • Muhammad Hasan Asyari UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM, Indonesia
  • Dwi Bhakti Indri Manajemen Pendidikan Islam, Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemasaran pendidikan di MA AL karimi tentang efektiftas strategi pemasaran komersial yang diadopsi sebagai langkah strategis menarik pesertadidik, dimulai dari, 1) proses analisis calon konsumen berdasarkan preferensi masyarakat terhadap lembaga pendidikan, dilanjutkan dengan 2) mempromosikan nilai pembeda yang dimiliki madrasah melalui komponen bauran pemasaran 4P. 3) analisis implikasi pemasaran terhadap penerimaan pesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dihasilkan dari proses wawancara, observasi dan dokumentasi, data disajikan seterusnya di tringaluasi berdasarkan teknik pengumpulandata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bagaimana proses strategi pemasaran di MA AL Karimi yang sudah mengaplikasikan tahapan proses strategi pemasaran, dimulai dari Pertama, pemetaan segmentasi pasar dan penentuan pangsa pasar yang menghasilkan pemosisian madrasah sesuai dengan preferensi masyarakat, kedua, dalam tahapan promosi komponen nilai pembeda berdasarkan bauran pemasaran 4P di MA AL karimi secara umum telah memanfaatkan potensi madrasah .ketiga,dalam implikasi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pesertadidik, MA AL karimi terbukti mengalami peningkatan jumlah pesertadidik namun belum secara signifikan. Secara mendasar teori marketing komersial dapat diadopsi dalam melakukan promosi lembaga pendidikan artinya teori pemasaran bukan hanya berfungsi untuk menjual barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Deepublish, 2018,

Assauri, Sofjan.Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.

Bakti, Hairudin, & Alie,M. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 2020.

Cardia, R,Santika, and Respati, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2019.

Eliyanto. Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam.Kebumen: Institut Agama Islam NahdlatulUlama (IAINU), 2018.

Farikhah, Siti. Manajemen Lembaga Pendidikan.Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.

Fawzi, Marissa Grace dan Ahmad Syarif iskandar (eds.), STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementas. Tanggerang: Pasca Books.2022.

Frans Sudirjo dan Nurlaela Jauhar (eds.), MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN: Konsep, Model, dan Implementasi (Padang: Get Press Indonesia)2023

Hesty, Nurul Utami.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis.Jurnal Ecodomica.2018

Jaswita, Derizka Inva, ‘Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Volume Penerimaan Siswa Baru SD Kartini Komplek Angkasa Pura II’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2018 .

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran.13. Jilid I. Jakarta : Erlangga, 2021.

Muhaimin.Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah.Jakarta : Kencana, 2009.

Ni Ketut Yulia A.,” Segnrentasi Pasar, Penenfuan Target, dun Penentuan Posisi” Equilibrium, Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi,2 agustus, 2003.

Philip Buckley, and Irawan, ‘The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective’, Jurnal Pendidikan Islam,2015

Prayoga, Ari, and Jaja Jahari, ‘Manajemen Jejaring Kerjasama Pondok Pesantren’, AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya,2019,

Rehendra dan Sarifudin. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor.” Jurnal Menejemen Pendidikan Islam, 2019.

Rismawati,F,Wahyuni,& Widodo,Strategi Pemasaran STP (Segmenting,Targeting Positioning)Larissa Aesthetic Center Cabang Jember, Jurnal Pendidikan Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 2019.

Sephy Lavianto. “ANALISIS STP (SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING)”. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 2022.

Faizin, Imam. "strategi pemasaran jasa pendidikan." jurnal madaniyah, 2,Agustus, 2017

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Asyari, M. H., & Indri, D. B. (2024). Strategi Pemasaran Madrasah untuk Meningkatkan Jumlah Penerimaan Peserta Didik Baru di MA AL Karimi. Journal of Education Research, 5(4), 6262–6270. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1633

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check