Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak (TK) Sinar Surya Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1631Keywords:
Kurikulum Merdeka, Manajemen Pendidikan, Penguatan Karakter, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Pendidikan harus mencakup pengetahuan akademik dan pendidikan karakter yang kuat. Kurikulum Merdeka membantu meningkatkan karakter siswa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan TK Sinar Surya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus untuk mengidentifikasi kondisi nyata secara mendalam, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila direncanakan dengan strategi detail untuk integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari, dengan pengorganisasian yang meliputi penyusunan jadwal, sarana, dan modul proyek. Di samping itu, pelaksanaan kegiatan seperti Berbagi Kelas dan Gelar Karya menunjukkan kemajuan positif, sementara evaluasi berkelanjutan memastikan kesesuaian dan pencapaian tujuan proyek. Menindaklanjuti temuan ini, ditekankan lembaga pendidikan mengadopsi pendekatan terintegrasi untuk penguatan nilai-nilai karakter yang efektif.
Downloads
References
Adriannuh, F., Sihombing, E. L., Widodo, S. T., & Istiyani, F. (2023). Efektivitas Media Papan Garuda dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3793-3803.
Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi filosofi esensialisme dalam kurikulum merdeka. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 354-365.
Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022). Komparasi penerapan kurikulum merdeka dan k-13di sma abdussalam. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), 83-96.
Astuti, B., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Metode Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 113-138.
Darmono, S. D. (2019). Bringing Civilizations Together. Kepustakaan Populer Gramedia.
Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, A., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259-6272.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (pp. 1–108). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1-23.
Latifah, A., & Wathon, A. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 75-95.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17-34.
Pangestuti, S. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui In House Training di SDN Sisir 06 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 516–537.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3),3613https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rantina, M., & Hasmalena, M. P. (2023). Buku Ajar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bening Media Publishing.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Setiawan, I., Maryani, S., Akhmad, A., & Martin, N. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Di SMK Negeri 1 Lingsar Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2601-2611.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. 7(3), 413–420.
Suwandi, S., Aziz, A. A., Syukur, T. A., Rustandi, R., Ruslan, Z., Amsila, N., ... & Indarto, S. L. (2024). Manajemen Pendidikan: Implementasi dalam Pengembangan Sekolah.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.
Thousani, H. F., & Afgani, K. F. (2023). Jaringan Dalam Mendorong Perempuan untuk Memulai dan Mempertahankan Bisnis: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 100-132.
Wathon, A. (2022). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Kelompok Belajar. Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-22.
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504
Yuntawati, Y., & Suastra, I. W. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515-525.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ernawatie Ernawatie, Teti Berliani, Widhiharto Purnomo, Eshariyani Eshariyani, Dagai Limin, Christian Radiafilsan, Muhammad Chairudin, Delia Kristina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).