Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak (TK) Sinar Surya Palangka Raya

Authors

  • Ernawatie Ernawatie Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Teti Berliani Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Widhiharto Purnomo Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Eshariyani Eshariyani Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Dagai Limin Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Christian Radiafilsan Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Muhammad Chairudin Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Delia Kristina Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1631

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Manajemen Pendidikan, Penguatan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Pendidikan harus mencakup pengetahuan akademik dan pendidikan karakter yang kuat. Kurikulum Merdeka membantu meningkatkan karakter siswa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan TK Sinar Surya Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus untuk mengidentifikasi kondisi nyata secara mendalam, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila direncanakan dengan strategi detail untuk integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari, dengan pengorganisasian yang meliputi penyusunan jadwal, sarana, dan modul proyek. Di samping itu, pelaksanaan kegiatan seperti Berbagi Kelas dan Gelar Karya menunjukkan kemajuan positif, sementara evaluasi berkelanjutan memastikan kesesuaian dan pencapaian tujuan proyek. Menindaklanjuti temuan ini, ditekankan lembaga pendidikan mengadopsi pendekatan terintegrasi untuk penguatan nilai-nilai karakter yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriannuh, F., Sihombing, E. L., Widodo, S. T., & Istiyani, F. (2023). Efektivitas Media Papan Garuda dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3793-3803.

Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi filosofi esensialisme dalam kurikulum merdeka. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 354-365.

Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022). Komparasi penerapan kurikulum merdeka dan k-13di sma abdussalam. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), 83-96.

Astuti, B., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Metode Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 113-138.

Darmono, S. D. (2019). Bringing Civilizations Together. Kepustakaan Populer Gramedia.

Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, A., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259-6272.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (pp. 1–108). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1-23.

Latifah, A., & Wathon, A. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 75-95.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17-34.

Pangestuti, S. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui In House Training di SDN Sisir 06 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 516–537.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3),3613https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rantina, M., & Hasmalena, M. P. (2023). Buku Ajar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bening Media Publishing.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Setiawan, I., Maryani, S., Akhmad, A., & Martin, N. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Di SMK Negeri 1 Lingsar Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2601-2611.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. 7(3), 413–420.

Suwandi, S., Aziz, A. A., Syukur, T. A., Rustandi, R., Ruslan, Z., Amsila, N., ... & Indarto, S. L. (2024). Manajemen Pendidikan: Implementasi dalam Pengembangan Sekolah.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.

Thousani, H. F., & Afgani, K. F. (2023). Jaringan Dalam Mendorong Perempuan untuk Memulai dan Mempertahankan Bisnis: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 100-132.

Wathon, A. (2022). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Kelompok Belajar. Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-22.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Yuntawati, Y., & Suastra, I. W. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515-525.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Ernawatie, E., Berliani, T., Purnomo, W., Eshariyani, E., Limin, D., Radiafilsan, C., Chairudin, M., & Kristina, D. (2024). Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak (TK) Sinar Surya Palangka Raya. Journal of Education Research, 5(4), 4594–4603. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1631

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check