Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Cerita di Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1584Keywords:
Picture and Picture, one group pre and post test, Sekolah DasarAbstract
Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Dengan Bahasa manusia dapat mengungkapkan perasaan atau ide pikirannya. Keterampilan berbahasa diperlukan dalam kehidupan sehari hari, Oleh sebab itu sudah sejak usia dini anak diperkenalkan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, perlu kiranya memfasilitasi peserta didik dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan pemahamannya terhadap setiap materi dalam menuangkan ide dalam tulisannya. Dalam penelitian ini, peneliti berharapkan dapat meningkatkan nilai akademik para siswa. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari kegiatan ini, kami menggunakan uji normalitas gain dengan one group pre and post test design yang diaplikasikan pada bab himpunan di SD Negeri Wadas I, Karawang. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode picture and picture sangat pengaruh keefektivan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran cukup signifikan, sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik peserta didik.
Downloads
References
Ching, Poon, dkk. (2002). Jurnal Working Environment and Stress: A Survey on Malaysian Employees in Commersial Banks.
Fitrianingsih R & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambi. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 2252-6803.
Iswara W, Gunawan A & Dalifa. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Keys, Bernard. (1977). The Management of Learning Grid for Management Development. Academy of Management Review 2 (2): 289-297.
Partowisastro, H. Koestoer. (1984). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah-Sekolah Jilid III. Jakarta: Erlangga.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Koyan. I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.
Kurniasih, Imas dan Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Suri F dan Mariatin E. (2017). Pengaruh Pencahayaan Ruang Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan Biro Perencana dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara. Jurnal Diversita, 3(2).
Miftahul, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pwim (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas Iv B Sd Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).
Saddhono, Kundharu & Slamet. (2014). Pembelajaran Keteranpilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Pujiyanti Buchori, Anggy Giri Prawiyogi, Sri Wulan Anggraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).