Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Nina Erlanda Universitas Almuslim Bireuen, Indonesia
  • Saiful Bahri Universitas Almuslim Bireuen, Indonesia
  • Siraj Siraj Universitas Almuslim Bireuen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1575

Keywords:

Kompensasi, Motivasi, Sarana Prasarana dan Kinerja Guru SD

Abstract

Kinerja guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas siswa serta mewujudkan budaya sekolah yang dicita-citakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial (1) kompensasi terhadap kinerja guru (2) motivasi terhadap kinerja guru (3) sarana prasarana terhadap kinerja guru 4) kompensasi, motivasi dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 155 guru, sampel 111 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling, berdasarkan ketentuan sampel oleh Slovin, teknik pengumpulan data kuesioner” skala likert” dan Teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial (1) pengaruh langsung kompensasi terhadap kinerja guru sebesar 0,079; (2) pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,053; (3) pengaruh langsung sarana prasarana terhadap kinerja guru sebesar 0,120; Temuan penelitian secara simultan kompensasi, motivasi, dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,24 sedangkan sisanya 0,76 ditentukan oleh faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, N., Harjoni, H., & Susanto, I. (2021). Inter-Environmental Collaboration to Form Students’ Attitudes toward Diversity. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.8594

Damanik, B. E., & Saputra, W. (2022). Pengaruh Pola Kepemimpinan dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.180

Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3).

Hidayah, N. (2019). Moda Dalam Jaringan (Daring) Pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Sebagai Alternatif Bagi guru Dalam Meningkatkan Kompetensi. Metafora, v(1).

Hikmah, N., Tahwin, M., & Ilhami, S. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 9(2). https://doi.org/10.47686/bbm.v9i2.615

Huang, A. R., & Revina, S. (2020). The Struggle to Recruit Good Teachers in Indonesia : Institutional and Social Dysfunctions. RISE: Research on Improving Systems of Eduction, June.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Jakobus Wagener, M., & Jane-Francis Abongdia, A. (2020). Impact Of Communication On Employee Performance In A Retail Chain’s Head Office In Cape Town. Gender & Behaviour, 18(4).

Kemala, R., & Ulum, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Siliwangi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i4.276

Mardeli, M. (2016). Teori Kompensasi Emosi. Tadrib, 2(1).

Mardiati, R., Listyarni, S., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4243

Muniroh, S., Soedjarwo, S., & Roesminingsih, E. (2022). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p24-38

Nur, I., & Mannuhung, S. (2022). Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Guru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Pada UPT SMA Negeri 1 Luwu Utara. Jurnal Andi Djemma : Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.35914/jad.v5i2.1327

Rosidin, U., Maulina, D., Setyarini, M., Permadi, D., & Kadaritna, N. (2021). Bimtek Pengembangan Soal Berstandar TIMSS/ PISA Bagi Guru IPA Se- Kabupaten Tanggamus. Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.53-61

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762

Widiasanti, I., Lenggogeni, L., Sri Handoyo, S., Annisa Firdaus, D., & Human Maulana, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Lulusan SMK Melalui Pelatihan Penjadwalan Pemeliharaan Bangunan Gedung. Jurnal Syntax Admiration, 2(9). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.314

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Erlanda, N., Bahri, S., & Siraj, S. (2024). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(4), 4355–4361. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1575

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check