Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Sarana dan Prasarana terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1575Keywords:
Kompensasi, Motivasi, Sarana Prasarana dan Kinerja Guru SDAbstract
Kinerja guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas siswa serta mewujudkan budaya sekolah yang dicita-citakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial (1) kompensasi terhadap kinerja guru (2) motivasi terhadap kinerja guru (3) sarana prasarana terhadap kinerja guru 4) kompensasi, motivasi dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 155 guru, sampel 111 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling, berdasarkan ketentuan sampel oleh Slovin, teknik pengumpulan data kuesioner” skala likert” dan Teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial (1) pengaruh langsung kompensasi terhadap kinerja guru sebesar 0,079; (2) pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,053; (3) pengaruh langsung sarana prasarana terhadap kinerja guru sebesar 0,120; Temuan penelitian secara simultan kompensasi, motivasi, dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,24 sedangkan sisanya 0,76 ditentukan oleh faktor lain
Downloads
References
Asiah, N., Harjoni, H., & Susanto, I. (2021). Inter-Environmental Collaboration to Form Students’ Attitudes toward Diversity. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.8594
Damanik, B. E., & Saputra, W. (2022). Pengaruh Pola Kepemimpinan dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.180
Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3).
Hidayah, N. (2019). Moda Dalam Jaringan (Daring) Pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Sebagai Alternatif Bagi guru Dalam Meningkatkan Kompetensi. Metafora, v(1).
Hikmah, N., Tahwin, M., & Ilhami, S. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 9(2). https://doi.org/10.47686/bbm.v9i2.615
Huang, A. R., & Revina, S. (2020). The Struggle to Recruit Good Teachers in Indonesia : Institutional and Social Dysfunctions. RISE: Research on Improving Systems of Eduction, June.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Jakobus Wagener, M., & Jane-Francis Abongdia, A. (2020). Impact Of Communication On Employee Performance In A Retail Chain’s Head Office In Cape Town. Gender & Behaviour, 18(4).
Kemala, R., & Ulum, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Siliwangi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i4.276
Mardeli, M. (2016). Teori Kompensasi Emosi. Tadrib, 2(1).
Mardiati, R., Listyarni, S., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4243
Muniroh, S., Soedjarwo, S., & Roesminingsih, E. (2022). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p24-38
Nur, I., & Mannuhung, S. (2022). Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Guru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Pada UPT SMA Negeri 1 Luwu Utara. Jurnal Andi Djemma : Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.35914/jad.v5i2.1327
Rosidin, U., Maulina, D., Setyarini, M., Permadi, D., & Kadaritna, N. (2021). Bimtek Pengembangan Soal Berstandar TIMSS/ PISA Bagi Guru IPA Se- Kabupaten Tanggamus. Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.53-61
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4762
Widiasanti, I., Lenggogeni, L., Sri Handoyo, S., Annisa Firdaus, D., & Human Maulana, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Lulusan SMK Melalui Pelatihan Penjadwalan Pemeliharaan Bangunan Gedung. Jurnal Syntax Admiration, 2(9). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.314
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nina Erlanda, Saiful Bahri, Siraj Siraj, Harjoni Harjoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).