Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1574Keywords:
LKPD, Matematika, GeoGebraAbstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah berkembang pesat, termasuk pemanfaatan perangkat lunak matematika interaktif seperti GeoGebra. GeoGebra, sebagai salah satu alat yang memadukan geometri, aljabar, dan kalkulus dalam bentuk visual, menawarkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai penelitian terkait LKPD Matematika berbasis GeoGebra dengan fokus utama adalah melihat efektivitas penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan software matematika GeoGebra dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan media pembelajaran, minat belajar, pemahaman konsep, kemandirian belajar, pemecahan masalah, berpikir kritis, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penggunaan software matematika GeoGebra pada pembelajaran matematika terbukti menghasilkan pengaruh positif di bidang pembelajaran matematika.
Downloads
References
Ahmad, H., Syamsuddin, Febryanti, & Latif, A. (2021). Development of student worksheets assisted by GeoGebra application in improving higher-order thinking ability in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012048
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA Pendidikan Matematika , Universitas Negeri Padang , Padang , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Teknologi memiliki peranan yang penting pada berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali dalam pembelajaran geom. 9(2), 221–230.
Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 24–28. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4015
Batubara, I. H., Sari, I. P., Hariani, P. P., Novita, A., Lubis, B. S., Febri, E., Siregar, S., Keguruan, F., Universitas, P., Sumatera, M., Ilmu, F., Informasi, T., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PELATIHAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP FREE METHODIST 2 Software Geogebra tersebut akan menjadikan pembelajaran matematika Media ICT yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Software Geogebra yakni software m. 4, 854–859.
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Prisma, 8(1), 14. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.395
Damayanti, I., Ambarita, A., & Nurhanurawati, N. (2022). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1028–1036. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2077
Fitria, R., Suparman, Hairun, Y., & Ruhama, M. A. H. (2020). Student’s worksheet design for social arithmetic based on PBL to increase the critical thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2028–2046. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080541
Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. Prisma, 10(1), 106. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47. https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027
Hanipa, A., Robi Misbahuddin, A., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI GEOGEBRA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1021
Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326
Mursyidah, Anwar, & Subianto, M. (2020). Students’ worksheet on circular cylinder topic using GeoGebra software through Discovery Learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012038
Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538
Novitasari, D., MS, A. T., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/3916
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. 3(2), 305–315.
Prabawati, M., Herman, T., & Turmudi. (2019). Development of Problem-Based Student Worksheets to Improve Mathematical Literacy Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012009
Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA AL-MUBAROK melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 1(3), 386–395.
Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915
Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.996
Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. Prisma, 11(2), 504. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133
Sumi, Nurdin, Agusriandi, & Dian, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Program Linear Melalui Penggunaan Aplikasi Geogebra Siswa Kelas XI Mipa 1 Di SMAN 2 Enrekang 1 1234. 2(2), 1–8.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya. 9(1), 108–117.
Tong, D. H., Uyen, B. P., Kieu, H. T. D., & Ngan, L. K. (2021). The effectiveness of using GeoGebra software in mathematics classrooms: A case study of teaching continuous functions in high schools. Journal of Hunan University …, 48(9), 256–268. http://jonuns.com/index.php/journal/article/view/742
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
Yanto, F. (2019). Development of problem-based student worksheet with authentic assessment to improve student’s physics problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012075
Ziatdinov, R. (2022). Synthesis of Modeling , Visualization , and Programming in GeoGebra as an Effective Approach for Teaching and Learning.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Narita Cahyana, Rustiani S, Suarti Djafar, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).