Peran Guru Pendidikan Pancasila sebagai Motivator dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa SMPN 3 Karawang Barat

Authors

  • Diana Eka Cahya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Erwin Susanto Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Aris Riswandi Sanusi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1572

Keywords:

Peran Guru, Motivator, , Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Abstract

Guru Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa, termasuk disiplin, yang menjadi fondasi penting dalam proses pembelajaran. Di SMPN 3 Karawang Barat, peran guru sebagai motivator sangat diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila yang mampu meningkatkan karakter disiplin siswa. Khususnya yang menyasar anak-anak di kelas tujuh, penelitian ini berupaya untuk menjelaskan bagaimana guru pendidikan Pancasila dapat berperan sebagai panutan untuk meningkatkan disiplin di antara teman-teman mereka di sekolah menengah pertama. Partisipan penelitian adalah siswa kelas tujuh, guru pendidikan Pancasila, dan wakil sekretaris kurikulum; metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode seperti dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk memperoleh kesimpulan dari data yang terkumpul, tiga langkah diambil: reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Temuan penelitian menyoroti dampak signifikan yang dimainkan instruktur pendidikan Pancasila sebagai panutan untuk perilaku siswa yang lebih baik. Guru memiliki peran penting dalam menanamkan cita-cita moral dan kewarganegaraan pada siswa mereka dan membimbing mereka untuk mempraktikkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari. Guru dalam pendidikan Pancasila mampu menumbuhkan karakter disiplin pada siswa mereka dan lingkungan belajar yang ideal dengan memberikan contoh yang baik, memberikan nasihat yang baik, dan menunjukkan rasa terima kasih yang tulus atas usaha siswa mereka.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo, H. (2018). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru (4 ed.). Pustaka Belajar.

Akbar Abbas, S. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka. BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295

Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.195

Arif Muadzin, A. M. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102

Djunaidi, A., & Sarimawati, T. (2019). Peranan Guru PPKn dalam Membina Sikap dan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru di SMP Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 19. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1135

Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4190–4197. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1528

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar [The teacher’s role as a motivator in learning]. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1(No. 2), 171. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Mawadah, D. A., & Listyaningsih. (2019). Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer Di Smkn 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 07, 556–570. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/28990%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/28990/26541

Meli septiani, A. yusufi. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dala Penerapan Gerakan Literasi Sekolah. Dialektika jurusan PGSD, 10(2).

Nome, N. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 2(2), 158–176. https://doi.org/10.47457/phr.v2i2.44

Saputro, R. D. (2018). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP 1 Pancasila Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018, 1(2), 1–12.

Susanto, E., Putri, N., Sanusi, A. R., & Sofyan, F. S. (2020). Pancasila and Civic Education as Reinforcement of the National’s Character of High School Students in Karawang Regency to Face the Revolution Industry 4.0. 418(Acec 2019), 503–506. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.095

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Yasmin, F. L., Santoso, A., Utaya, S., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Belajar Siswa. Hubungan Disiplin Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa, 1, 693.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Cahya, D. E., Susanto, E., & Sanusi, A. R. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila sebagai Motivator dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa SMPN 3 Karawang Barat. Journal of Education Research, 5(4), 4410–4417. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1572

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check