Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Kerja Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1554Keywords:
Kepemimpinan, Konsep Diri, Motivasi Kerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepaala sekolah dan konsep diri guru terhadap motivasi kerja guru SD di gugus V Kota solok. Pupolasi dalam penelitian ini adalah seluruh pendidik di Gugus V Kota Solok yang yang terdiri dari delapan Sekolah Dasar. Dalam menentukan jumlah sampel dalam peneliti ini menggunakan rumus Slovin yaitu sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah sampel minimal apabila sebuah populasi diketahui jumlahnya. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1), konsep diri guru (X2) sebagai variabel bebas, motivasi kerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 20.0. Hasil uji hipotesis dapat diambil kesimpulan: a) Konsep diri guru SD Gugus V Kota Solok sebagian atau seluruhnya dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: thitung > ttabel atau 2,854 > 1,689 dan sig. Jika 0,007 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, b) secara parsial maupun terpisah konsep diri guru berpengaruh terhadap motivasi kerja guru di SD Gugus V Kota Sorok. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: thitung > ttabel atau 2,809 > 1,689 dan sig. Jika 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, c) secara simultan (gabungan), kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri guru berpengaruh terhadap motivasi kerja guru di SD Gugus V Kota Solok. Hal ini dapat dibuktikan sebagai berikut: Fhitung > Ftabel atau 40,276 > 3,28 dan sig. Jika 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima
Downloads
References
Akman, Y (2020) The Relationship between Social Justice Leadership, Trust in Principals and Student Motivation. International Journal of Educational Methodology Volume 6, Issue 4, pp 775 - 788. https://www.ijem.com/the-relationship-between-social-justice-leadership-trust-in-principals-and-student-motivation
Chukwuma, E.M., & Obiefuna, O. (2014). Effect of Motivation on Employee Productivity : A Study of Manufacturing Companies in Nnewi. Journal of Managerial Studies and Research 2 (7) https://www.arcjournals.org/pdfs/ijmsr/v2-i7/14.pdf
Guay, F., & Bureau, J. S. (2018). Motivation at school: Differentiation between and within school subjects matters in the prediction of academic achievement. Contemporary Educational Psychology, 54, 42-54.
Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara.
Hendrawijaya, T.A (2021) Effects of Mediation of Learning Interest in Improving Student Learning Achievement. International Journal of Instruction. Vol.15, No.1. pp 857-872 https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2022_1_49.pdf
Kaynak, S., Ozhan, M. B., & Kan, A. (2017). Ortaokul ogrencileri icin okul motivasyonu olçegi gelistirme calismasi study on the development of a school motivation scale (SMS-MS) for middle school students. Turkish Studies, 12(4), 293-312.
Leithwood, K., Patten, S., & et.al. (2010). Testing a conception of how school leadership influences student learning. Educational Administration Quarterly, 46(5), 671-706. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0013161X10377347
Nurussalami, (2018) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kinerja Guru Pada SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Jurnal Intelektaulita. Volume IV. Nomor. pp 1-11 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4133/2691
Septiana, R & et.al (2013) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jupe UNS, Vol 2 No 1. Pp 107-118 https://www.neliti.com/publications/13537/pengaruh-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan-motivasi-kerja-terhadap-kinerja-guru-sm
Uno, Hamzah. (2016) Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Yunia Tri Yani, Weni Yulastri, Taufani, C. Kurniatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).