Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket

Authors

  • Ali Rahman Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dwi Lorry Juniarisca Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabayaus 5 Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dwi Cahyo Kartiko Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bayu Budi Prakoso Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1469

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Bola Basket

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui upaya dan seberapa besar pengaruh yang diperoleh siswa dari hasil belajar dribble bola basket dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen murni, desain penelitian randomized control group pretest-pottest. Instrumen penelitian adalah tes pengetahuan dan keterampilan. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Dari hasil uji nonparametrik pada uji wilcoxon kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan. Dari hasil uji mann-whitney terdapat perbedaan hasil belajar tes pengetahuan dan keterampilan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil uji N-gain dapat dilihat peningkatan pada kelas eksperimen baik tes pengetahuan atau keterampilan adalah 17.56% dan 17.48%. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan yang didapat pada tes pengetahuan diperoleh 7.52% dan keterampilan 5.95%. Disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar dribble bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwira, A., Atiq, A., Hidasari, F., Yunitaningrum, W., & Triansyah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola. 6(1), 246–265. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.16742

Ciremay, R. R., & Kartiko, D. C. (2020). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10544

Fajar, M., Janwar, M., & Ismail, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(2), 44–54. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i2.21910

Febriyanti, A., Putra, M., & Prakoso, B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–56. https://doi.org/. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762

Kemendibud. (2016). Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menegah Pertama. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menegah Pertma, 3–10.

Madjid, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tunanetra Di Mtslb/a Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 305–314.

Mahzar, H., & Priambodo, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT terhadap Kerja Sama dan Hasil Belajar Lay-Up Shoot. 7(3), 1893–1899. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Maksum. (2018a). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press, 298.

Maksum, A. (2018b). Statistik Dalam Olahraga. Unesa University Press, 121.

Mustafa, A. F. (2022). Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 213–225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25

Pardini, G. C., Fahmi, F., & Febriyanto, A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bolabasket Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pabuaran Serang Banten Tahun 2021/2022. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(2), 13–32.

Rachman, A. W. N. A., & Kartiko, D. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket. Jpok, 9(1), 193–203.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 239. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783

Riski Nugroho, D., & Rachman, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.

Taufiq, M., & Hartati, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Dribble Bolabasket (Studi pada Siswa Kelas X SMKN 12 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 04 Nomor 01 Tahun 2016, 95 - 101, 4, 95–101.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Rahman, A., Juniarisca, D. L., Kartiko, D. C., & Prakoso, B. B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Journal of Education Research, 5(3), 3800–3808. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1469

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check