Pengembangan Media Big Book Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas Awal Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1436Keywords:
Pengembangan, Big Book, QR Code, Membaca PermulaanAbstract
Aktivitas membaca tidak hanya memberi kita pengetahuan baru, tetapi juga membantu kita memahami lebih baik tentang keadaan lingkungan dan menjadikan manusia lebih siap untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sangat dinamis. Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media Big Book berbasis QR Code, membangun design dan mengetahui efektivitas media Big Book berbasis QR Code sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid kelas awal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan kuisoner. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes lisan membaca, angket validasi ahli, angket respon murid dan guru dan angket kepraktisan. Teknik analisis data menggunakan analisis data, angket dan dokumentasi, uji validitas dengan aiken validity, serta uji realibilitas dan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS. Dari hasil uji validasi dan uji statistik disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Big Book berbasis QR Code untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid kelas awal sekolah dasar di Kabupaten Tegal.
Downloads
References
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Abdurrahman, M. 2012. Pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo
Arifin. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu pada Tema Udara Berbasis Nilai Religius menggunakan 4 Steps Teaching Material Development: Edusentris, 2(1), 1-9
Arikunto, Suhardjono. (2010). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Astriani, S. A. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13
Aulina, Choirun Nisak. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pedagogia. Vol. 1, No. 2
Borg and Gall, (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer: New York.
Chall, Jeanne. 1983. Stages of Reading Development. New York: McGraw Hill. hal.10-24
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Azwan (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadila, Farah. (2022). Cara Membuat QR Code Secara Online, Gratis!. [Online] diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/cara-membuat-qr-code/
Furi, Yova Cahya. 2020. Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I B Sd Negeri 4 Waylaga Panjang Bandar Lampung. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.
Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert empat Skala. Jurnal Metodologi Penelitian
Ihsan, F. 2013. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Irawan, D. (2014). Pengembangan Model. An-Nuha, 1(November), 225–234.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karge & Bones. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Kelas Awal di LPTK. United States Agent International Development.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2024). Pengertian Sampel. Diakses dari https://kbbi.web.id/sampel diakses pada 21/05/2024
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2023. Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. [Online] diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Lusiana, Novita. 2020. Pengembangan Media Big book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang Tahun 2020. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maribe, Branch Robert. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.
Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Mufidah, T. N. (2018 ). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Pelajaran Big Book Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 7 No 7
Nadiyah, Rahmalia. (2023). QR Code: Apa Itu, Bagian, Jenis-Jenis, dan Cara Membuatnya. [Online] Diakses dari https://glints.com/id/lowongan/qr-code-adalah/#bagian-bagian-qr-code
Ningsih, Agus Tia. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Tema 6 Subtema 2 untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri 66 Pekanbaru. (Skripsi). Universitas Islam Riau, Riau.
Noer, Apriliyah Purnama. 2022. Pengembangan media big-book pada pembelajaran tema diriku untuk menumbuhkan minat baca dan berpikir kreatif siswa Kelas 1 MI Al Ma'arif Sukomulyo Manyar Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Nurmansyah, E. (2016). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Piaget, Jean & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pirenomulyo, & Harjono, N. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Salatiga: Widya Sari Press.
Rahaman, A. (2016). QR code: A potential tool for library services. Library Philosophy and Practice (e-journal), 1416
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Shofaussamawati. (2014). Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Pada Perpustakaan Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria. 2(1), 53.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sadiman, Arief S, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Saefudin, Abdul Aziz dan M. Solahudin. (2009). Menuju Manusia Merdeka/Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Leutika.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, halaman: 13-15
Santosa, Puji. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Santoso, Singgih. 2014. SPSS 22 from Essential to Expert Skills, Gramedia anggota IKAPI, Jakarta
Sari, Citra Pratama (2018) Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32.
Shofaussamawati, "Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini," Jurnal Perpustakaan Libraria, pp. 46- 59, 2014.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta: Bandung
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal-193)
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. AKSARA. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal), 07(02), 713–726
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
USAID. 2014. Modul Lokakarya: Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik SD/MI.
Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS
Zulaikha. 2021. Big book sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional : Tanoto Foundation
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agus Riyanto, Sitti Hartinah, Burhan Eko Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).