The Constructive Career Counseling pada Pengguna Narkoba dalam Proses Rehabilitasi

Bimbingan Karir

Authors

  • Putra Suharnadi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Angola
  • Afdal Afdal Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rezki Hariko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1364

Abstract

Individu dengan gangguan penyalahgunaan zat (S-AD) juga merupakan manusia yang membutuhkan pengembangan diri dan karir di masa depan. Pengembangan karir individu dengan GPZ belum sepenuhnya dipertimbangkan dalam perencanaan program rehabilitasi narkoba, meskipun secara keseluruhan program rehabilitasi sudah sangat baik. Pengukuran kemampuan perencanaan karir perlu diukur dengan kondisi individu penderita GPZ. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan perencanaan karir individu GPZ yang menjalani rehabilitasi narkoba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data variabel kemampuan perencanaan karir dikumpulkan pada subjek penelitian pada individu dengan GPZ. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kemampuan perencanaan karir dengan 32 pertanyaan, Konselor harus mampu mengembangkan sepuluh keterampilan perencanaan karir tentang cara mempelajari informasi, diskusi karir dengan orang dewasa, pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan, pengetahuan tentang kondisi kerja, diskusi tantangan karir, merencanakan pekerjaan setelah program rehabilitasi, mengatur waktu luang, mengembangkan rasa percaya diri. selama rehabilitasi, serta keadaan diri saat bekerja tanpa obat-obatan terlarang. Meskipun keterampilan perencanaan karir rendah, konselor kecanduan mempunyai peran dalam perkembangan mereka, dengan sepuluh kemampuan ditemukan melalui konseling karir. Konseling karir sebagai konselor kecanduan berupaya membantu individu dengan GPZ mengembangkan potensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rezki Hariko, Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang

Dr. Rezki Hariko, M.Pd.,Kons dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang

References

Afdal, A., Suya, M., Syamsu, S., & Uman, U. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.29210/110000

Agungbudiprabowo, A., Nurhudaya, N., & Budiamin, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14–24.

Amin, M., Ismail, W. K. W., Rasid, S. Z. A., & Selemani, R. D. A. (2014). The impact of human resource management practices on performance: Evidence from a Public University. The TQM Journal.

Atmia, K. (2023). Validitas dan Praktikalitas Kegiatan career counseling sebagai Model Pengembangan Layanan Bimbingan Karier di Politeknik Penerbangan Makassar. 6, 42–55.

Aysan, Ferdy dan Tarik Totan. 2009. Constructivist career counseling and its applicability in Turkey. Procedia-Social and Behavioral Sciences 1 (1), 2147-2150.

Ayuni Laili, A. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Institusi Penerima Wajib Lapor (Ipwl) Yayasan Mercusuar Pekanbaru Riau [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Bartlett, J., & Domene, J. F. (2015). The vocational goals and career development of criminally involved youth: Experiences that help and hinder. Journal of Career Development, 42(3), 229–243.

Black, P. N. (2020). A revolution in biochemistry and molecular biology education informed by basic research to meet the demands of 21st century career paths. Journal of Biological Chemistry, 295(31), 10653–10661.

Brott, P. E. (2004). Constructivist assessment in career counseling. Journal of Career Development,30(3),189–200.https://doi.org/10.1023/B:JOCD.0000015539.21158.53

Capuzzi, D., & Gross, D. R. (2013). Introduction to the counseling profession. Routledge.

Chen, C. P., & Shields, B. (2020). Career counselling ex-offenders: Issues and interventions. Australian Journal of Career Development, 29(1), 36–43.

Devika, V. R., & Arulmani, G. (2014). Mahatma Gandhi’s Ideas for Work, Career, and Life. In Handbook of Career Development (pp. 105–117). Springer.

Direnzo, M. S., Greenhaus, J. H., & Weer, C. H. (2015). Relationship between protean career orientation and work–life balance: A resource perspective. Journal of Organizational Behavior, 36(4), 538–560.

Fatmawati, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 163–169.

Hariko, R., & Anggriana, T. M. (2019). Reviewing the role of families in student career planning. Konselor, 8(1), 6. https://doi.org/10.24036/0201981102526-0-00

Hasby, Andini dan Puji Lestari Suharso. 2023. Constructivist Career Counseling: A Method for Helping Students Career Decision. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 10 No 2.

Hogan, R., Chamorro-Premuzic, T., & Kaiser, R. B. (2013). Employability and career success: Bridging the gap between theory and reality. Industrial and Organizational Psychology, 6(1), 3–16.

Isnaeni, H., Badrujaman, A., & Sutisna, A. (2020). Studi pustaka evaluasi konseling individu dalam rehabilitasi penyalahgunaan NAPZA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 107–113.

Kang, Ziyoung, Hyunhee Kim, Jerry. 2017. Constructivist and Social Constructionist Career Counseling : A Delphi Study. Articles of The Career Development Quarterly.

Keller-Schneider, M., Zhong, H. F., & Yeung, A. S. (2020). Competence and challenge in professional development: Teacher perceptions at different stages of career. Journal of Education for Teaching, 46(1), 36–54.

Kivunja, C. (2014). Do You Want Your Students to Be Job-Ready with 21st Century Skills? Change Pedagogies: A Pedagogical Paradigm Shift from Vygotskyian Social Constructivism to Critical Thinking, Problem Solving and Siemens’ Digital Connectivism. International Journal of Higher Education, 3(3), 81–91.

Lent, R. W. (2013). Career-life preparedness: Revisiting career planning and adjustment in the new workplace. The Career Development Quarterly, 61(1), 2–14.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Mainiero, L. A., & Gibson, D. E. (2018). The kaleidoscope career model revisited: How midcareer men and women diverge on authenticity, balance, and challenge. Journal of Career Development, 45(4), 361–377.

McMahon, M., Watson, M., & Lee, M. C. (2019). Qualitative career assessment: A review and reconsideration. Journal of Vocational Behavior, 110, 420–432.

Mcnally, S. (2016). How important is career information and advice? IZA World of Labor.

Mekonnen, A., & Lee, B. K. (2021). Social work in addiction: Opportunities and alliances. Journal of Social Work Practice, 1–14.

Narkoba, P., Sutoyo, A., Supriyanto, A., Arikunto, S., & Wibowo, M. E. (2023). Urgensi Konseling Karir : Kemampuan Perencanaan Karir. 11(November 2022), 142–154. https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i214276

NihayatulHidayah, L. (2020). Bimbingan Individu Untuk Meningkatkan Kematangan Perencanaan Karir Bagi Klien Dewasa Di Balai Pemasyarakatan Kelas Iipurwokerto [PhD Thesis]. IAIN.

Obi, Osorichi Patricia. 2015. Constructionist Career Counseling of Undergraduate Students : An Experimental Evaluation. Journal of Vocational Behavior Vol 88 Page 215-219.

Peavy, R. V. (1995). Constructivist career counseling (Report No. EDO-CG-95-61). U.S. Department of Education, Office of Educational Research and Improvement.

Prabowo, A. B. (2019). Urgensi Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melakukan Asesmen Layanan Konseling Karir. Proceeding of The URECOL, 259–266.

Sari Tobing, M., Karneli, Y., & Hariko, R. (2023). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Narkoba Pada Siswa. Sibatik Journal , 2(10), 2975–2988. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK

Savickas, M. L. (1995). Constructivist counseling for career indecision. Career Development Quarterly, 43(4), 363-373.

Syamal, F., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Trait and Factor serta Penerapannya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 46(2), 46–52. https://doi.org/10.23916/08877011

Syamila, Diana. 2021. Penerapan Tahapan Konseling Konstruksi Karier Pada Biseksual. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling 10(2)

Team, E. D. (1995). Constructivist career counseling. ERIC Digest. Guidance and Counselling, 16.http://www.sociodynamicconstructivistcounselling.com/archives/1990s/constructivist_career_counselling_2.pdf

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Suharnadi, P., Afdal, A., & Hariko, R. (2024). The Constructive Career Counseling pada Pengguna Narkoba dalam Proses Rehabilitasi: Bimbingan Karir. Journal of Education Research, 5(3), 3638–3646. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1364

Issue

Section

Editor

Categories

Citation Check