Dampak Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah XI
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1343Keywords:
Media Sosial Tik-Tok, Perkembangan Sosial EmosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif, data yang didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan informan yang terdiri dari orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan media sosial Tik-Tok terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yaitu berkenaan dengan perilaku prososial terlihat dengan sikap bermain dengan teman sebaya anak lebih memilih bermain Handphone dibandingkan bermain dengan teman, sehingga mengakibatkan kurangnya interaksi dengan teman, sikap berbagi dengan teman dan orang lain sudah ada anak yang bisa berbagi dan ada juga anak yang tidak bisa berbagi, dalam sikap kooperatif anak sudah bisa bersikap kooperatif seperti anak membantu pekerjaan rumah, mengekspresikan emosi nampak anak yang kecanduan bermain Tik-Tok berlebihan dalam mengekspresikan emosi dan kurangnya respon saat dipanggil. Simpulan penelitian bahwa dampak penggunaan media sosial Tik-Tok terhadap perkembangan sosial emosional tidak terlalu banyak berdampak buruk tetapi juga berdampak positif.
Downloads
References
Adawiyah, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal komunikasi, vol. 14, no. 2, EISSN 2549-490
Aghnaita., dkk. 2022. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Kota Palangka Raya, Jurnal pendidikan islam anak usia dini, Vol. 6, No. 02, P-ISSN : 2549-3965
Bohang. 2018. Tik Tok punya 10 juta pengguna aktif di Indonesia. Kompas.com, from https://tekno.
Buana, T & Maharani. 2020. Analisi Penggunaan Aplikasi TikTok Pada Anak Usia Dini, Jurnal ilmu komunikasi, Vol. 1, No. 1.
Devi. 2020. Pemanfaatan Tik Tok sebagai media pembelajaran, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Deriyanto. 2018. Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok, Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik, Vol. 7, No. 2.
Febrianto dan Safitri. 2021. Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial Studi Kasus TikTok, Conference on business, social science and innovation technology, Vol.1, No. 1.
Fitriana, A, A., dkk. 2021. Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Journal of Childhood Education, Vol. 5 No. 1, Hal. 147-158, 2620-3278 (E-ISSN), 2598- 2184
Hafiidh. 2023. Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai wadah Aktualisasi remaja kota balik papan, ejournal Ilmu Komunikasi, 01, 25-34.
Hartono. 2018. Dampak aplikasi tik tok terhadap minat belajar anak usia dini, jurnal ilmiah society, Vol. 1, No.1.
Intania Elisa., dkk. 2022. Analisi Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Vol. 12 No. 2
Ivanovic Agusta. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=tenik+pengumpulan+dan+analisis+data+&btnG=#d=gs_qabs&t=1697868279998&u=%23p%3DBAcJchNcco8J
Khairi. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun, Jurnal Warna Vol. 2, No. 2.
Khairiah. 2018. Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Al Athfal, vol. 1, No. 1.
Khaironi. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Hazanwadi University, Vol. 3, No. 1.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Mulyan, N. 2014. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Vol. 3 No. 2
Nasution, 2023. Analisis Pembelajaran Konsep Angka Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Di Lembaga RA Ummatan Wahidah Rejang lebong. Mahasiswa PG PAUD
Nurhafiza. 2023. dampak peran orang tua dan pembelajaran daring pada kecerdasan sosial emosional anak usia 5-6 tahun, Jurnal Pendidikan islam anak usia dini, volume 1, nomor 1
Nasution, H, F., Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif, hamnifadlilahnasution@ymail.com
Nurhasanah., dkk. 2021. Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 02, E-ISSN: 2721- 8430
Radliya., dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1, No.1
Safitri. 2022. Pengaruh Aplikasi Tik-Tok Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Mts Islamiyah Songgon Tahun Pelajaran 2021/2022. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Sapriyah. 2019. Media pembelajaran dalam proses pembelajaran, Prosiding Seminar nasional Pendidikan FKIP, Vol. 2, No.1.
Saparlan. 2020. Peran Media Dalam Pembelajaran Di Sd/Mi. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Solichah & Imam 2021. Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 5, No. 02.
Syahrizal, H, N., 2023. Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1
Wiresti. 2020. Analisis Aspek Perkembangan Sosial-Emosional Dan Bahasa Dalam Program Market Day di Tk Khalifah Condongcatur Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol. 3, No. 2.
Yusuf, dkk. 2023. Fenomena Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional. Jurnal Jambura Early Chilhood Education Vol, 5, No 2.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sisi Oktasari, Ranny Fitria Imran, Rika Partika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).