Pengembangan Media Buku Bergambar Bertema Pengalaman Menarik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1296Abstract
Belum adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat membantu siswa dalam menulis cerpen dan sulitnya siswa dalam menentukan tema cerpen menjadi problem mendasar penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar bertemakan pengalaman menarik dalam pembelajaran menulis cerita kelas V SDN Jombang IV, menjelaskan hasil kemenarikan media dan efektifitas penggunaan media. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah tahapan dan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid berdasarkan hasil uji ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, selain itu menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif dan menarik serta terdapat hasil perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diujikan kepada siswa kelas V SDN Jombang IV. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.
Downloads
References
Basuki, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Metode Conference Writing Siswa Kelas Ix C Smp Negeri 1 Punung. JH (Jurnal Humaniora). https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jh/article/download/775/609
Edowati, D., & Diaz, N. (n.d.). Pengembangan Media Buku Bergambar Bertema Tugasku Sehari-Hari Dalam Pembelajaran Selodono Ringinrejo Kediri.
Ismi, D. D. L. (2024). Pengaruh PBI bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas IV SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 164–169. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22119
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Kosasih, A. N., Pendidikan, M., Indonesia, B., Pendidikan, M., Indonesia, B., Isnaini, H., Pendidikan, M., & Indonesia, B. (2023). Problematika Menulis Teks Cerpen Pada Proses. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 51–60.
Oktaviani, T. N. (2021). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2261–2273.
Putri Fatimah Pita. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Ramadhani, Y. P., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 509–517. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486
Sukarto, S., Emiliana, E., & Sumiadi, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas 1 Sdn Mumbul Sari. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 244–246. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1435
Yustiorini, Y., Shobirin, M., & Rinjani, E. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Perjuangan Para Pahlawan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2), 187–201. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3944
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sayfudin Nur Rohman, Mindaudah Mindaudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).