Pengembangan Media Buku Bergambar Bertema Pengalaman Menarik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen

Authors

  • Sayfudin Nur Rohman Universitas PGRI Jombang, Indonesia
  • Mindaudah Mindaudah Universitas PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1296

Abstract

Belum adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat membantu siswa dalam menulis cerpen dan sulitnya siswa dalam menentukan tema cerpen menjadi problem mendasar penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar bertemakan pengalaman menarik dalam pembelajaran menulis cerita kelas V SDN Jombang IV, menjelaskan hasil kemenarikan media dan efektifitas penggunaan media. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah tahapan dan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid berdasarkan hasil uji ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, selain itu menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif dan menarik serta terdapat hasil perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diujikan kepada siswa kelas V SDN Jombang IV. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Metode Conference Writing Siswa Kelas Ix C Smp Negeri 1 Punung. JH (Jurnal Humaniora). https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jh/article/download/775/609

Edowati, D., & Diaz, N. (n.d.). Pengembangan Media Buku Bergambar Bertema Tugasku Sehari-Hari Dalam Pembelajaran Selodono Ringinrejo Kediri.

Ismi, D. D. L. (2024). Pengaruh PBI bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas IV SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 164–169. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22119

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Kosasih, A. N., Pendidikan, M., Indonesia, B., Pendidikan, M., Indonesia, B., Isnaini, H., Pendidikan, M., & Indonesia, B. (2023). Problematika Menulis Teks Cerpen Pada Proses. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 51–60.

Oktaviani, T. N. (2021). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2261–2273.

Putri Fatimah Pita. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Ramadhani, Y. P., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 509–517. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486

Sukarto, S., Emiliana, E., & Sumiadi, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas 1 Sdn Mumbul Sari. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 244–246. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1435

Yustiorini, Y., Shobirin, M., & Rinjani, E. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Perjuangan Para Pahlawan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2), 187–201. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3944

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rohman, S. N., & Mindaudah, M. (2024). Pengembangan Media Buku Bergambar Bertema Pengalaman Menarik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen. Journal of Education Research, 5(2), 2442–2449. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1296

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check