Penggunaan Media Pembelajaran Batang Napier Pada Operasi Perkalian Siswa

Authors

  • Tri Ariyatun Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Mhmd. Habibi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1257

Keywords:

Desain Dedaktis, Perkalian, Media Pembelajaran

Abstract

Matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan siswa sekarang dan nanti. Salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan adalah matematika Penelitian ini di latar belak angi oleh hasil analisis studi pendahuluan yaitu adanya hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa pada materi perkalian yang sudah dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif dengan mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis metapedadidaktik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan learning obstacle yang dialami siswa. Proses pengembangan desain didaktis dilaksanakan di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Alwi, M., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III SDN 3 Danger. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 116–120.

Aristiani, N., & Fitria Nurapriani. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier untuk Perkalian Bilangan Cacah. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, (2798–2580), 726–736.

Armin, R., & Ulu, N. L. La. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, (20), 156–162. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.881

Chotimah, S., Sari, I. P., &, & Zanthy, L. S. (2020). Pelatihan Cara Menanamkan Konsep Matematika Untuk Anak SD dengan Menggunakan Media Alat Peraga Pada Guru SD. Abdimas Siliwangi, 03(01), 157–172.

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816

Malalina, M. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(02), 17–23. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053

Mawati, Y. T., Muzzaki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2.

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Priscila Ritonga, A., Putri Andini, N., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348.

Putra, R. W. Y., Nurwani, N., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133

Rika Firma, M. (2019). Penggunaan Batang Napier Operasi Perkalian dan Pembagian untuk Mengetahui Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3, 27–37.

Sujia Aprisari , Romadon, S. P. (2023). ( Jurnal Basic Education Skills ). JBES (Jurnal Basic Education Skills), 1(3), 12–25.

Suryani, A. N., Handayani, H., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Baki (Bagi dan Kali) terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pembagian dan Perkalian Bilangan Cacah. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 7(02), 92–101.

Syahrul, S., & Nur, E. (2018). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Berbasis Permainan Congkak di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 5(4), 206–216.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Ariyatun, T., & Habibi, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Batang Napier Pada Operasi Perkalian Siswa . Journal of Education Research, 5(4), 6298–6306. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1257

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check