Penggunaan Media Pembelajaran Batang Napier Pada Operasi Perkalian Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1257Keywords:
Desain Dedaktis, Perkalian, Media PembelajaranAbstract
Matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan siswa sekarang dan nanti. Salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan adalah matematika Penelitian ini di latar belak angi oleh hasil analisis studi pendahuluan yaitu adanya hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa pada materi perkalian yang sudah dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif dengan mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis metapedadidaktik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan learning obstacle yang dialami siswa. Proses pengembangan desain didaktis dilaksanakan di sekolah dasar.
Downloads
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Alwi, M., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III SDN 3 Danger. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 116–120.
Aristiani, N., & Fitria Nurapriani. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier untuk Perkalian Bilangan Cacah. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, (2798–2580), 726–736.
Armin, R., & Ulu, N. L. La. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, (20), 156–162. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.881
Chotimah, S., Sari, I. P., &, & Zanthy, L. S. (2020). Pelatihan Cara Menanamkan Konsep Matematika Untuk Anak SD dengan Menggunakan Media Alat Peraga Pada Guru SD. Abdimas Siliwangi, 03(01), 157–172.
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Malalina, M. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(02), 17–23. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053
Mawati, Y. T., Muzzaki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Priscila Ritonga, A., Putri Andini, N., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348.
Putra, R. W. Y., Nurwani, N., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133
Rika Firma, M. (2019). Penggunaan Batang Napier Operasi Perkalian dan Pembagian untuk Mengetahui Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3, 27–37.
Sujia Aprisari , Romadon, S. P. (2023). ( Jurnal Basic Education Skills ). JBES (Jurnal Basic Education Skills), 1(3), 12–25.
Suryani, A. N., Handayani, H., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Baki (Bagi dan Kali) terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pembagian dan Perkalian Bilangan Cacah. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 7(02), 92–101.
Syahrul, S., & Nur, E. (2018). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Berbasis Permainan Congkak di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 5(4), 206–216.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Tri Ariyatun, Muhammad Habibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).