Pengaruh Penggunaan Practice Program pada Peningkatan Kemampuan Bermain Instrumen Musik Drum Tingkat Dasar

Authors

  • Joshua William Simanjuntak Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Trisakti Trisakti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1216

Keywords:

pembelajaran drum, metode practice program

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman cara bermain genderang melalui metode practice program, sebuah metode ilmiah untuk memandu peserta didik dalam menyederhanakan dan memaksimalkan jam latihan. Dengan menggunakan metode practice program, peneliti meyakini bahwa hal tersebut akan memberikan peningkatan yang signifikan dalam memahami gagasan bermain drum dan memainkan inti dasar drum, yaitu rading not, mempelajari lagu-lagu utama, dan memperluas batasan melalui lagu pilihan bebas. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Musik Indonesia sebuah sekolah musik prestisius di Surabaya. Subjek penelitian ini adalah lima siswa dari SMI dengan tingkat pembelajaran dan usia yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Munib. (2011). Pengantar ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKU UNNES.

Arikunto,Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahari, Nooryan. (2008). Kritik Seni, Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, Asri. (2002). Teori-teori Belajar . Bandung: Rosdakarya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Ivers, Karen S dan Barron Ann E. (2002). Multimedia Project in Education: Designing, Producing, and Assessing. United States of America: Libraries Unlimited.

Jamalus. (1988). Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.

Kaufman, A., & Roger. (1972). Education System Planning (Englewood Cliffs, NJM : Prentice Hall, INC :1972)

Limantara, Cyprianus.(1988). Dasar-dasar Teori Musik. Justika

Maryanto. (1995). Sejarah Musik. IKIP Press

Mayliza Defly Ardina. (2012). Implementasi Pembelajaran Musik untuk Mengembangkan Mental dan Psikomotorik Penderita Down Syndrom. Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 12(1), 125-131.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenadamedia Group.

Pasaribu, Simanjuntak. (1982). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Pranajaya. (1974). Teknik Bermain Drum. CV Baru.

Pranata M. (2004). Efek redundansi desain pesan multimedia dan teori pemrosesan informasi. Jurnal Nirmana, 6(2): 171-182

Pribadi, A., & Benny. (2009) Model Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Dian Rakyat

Rochaeni. (1989). Seni Musik III. Ganesa Exact.

Sudarsono. (1991). Pendidikan Seni Musik. Departemen P&K.

Suharto, M. (1990). Pendidikan Seni Musik Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Depdikbud

Sukmadinata. Nana S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Indonesia dengan PT. Rosdakarya

Sukohardi. (1987). Teori Musik Umum. PML

Thiagarajan, Sivasailam dkk. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook, Minnesota: University of Minnesota.

Yosep, Wagiman. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (the Learning of Creative Music in Early-childhood Children)." Harmonia Journal of Arts Research and Education, 5(1).

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Simanjuntak, J. W., & Trisakti, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Practice Program pada Peningkatan Kemampuan Bermain Instrumen Musik Drum Tingkat Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 2199–2204. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1216

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check