Pengaruh Penggunaan Practice Program pada Peningkatan Kemampuan Bermain Instrumen Musik Drum Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1216Keywords:
pembelajaran drum, metode practice programAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman cara bermain genderang melalui metode practice program, sebuah metode ilmiah untuk memandu peserta didik dalam menyederhanakan dan memaksimalkan jam latihan. Dengan menggunakan metode practice program, peneliti meyakini bahwa hal tersebut akan memberikan peningkatan yang signifikan dalam memahami gagasan bermain drum dan memainkan inti dasar drum, yaitu rading not, mempelajari lagu-lagu utama, dan memperluas batasan melalui lagu pilihan bebas. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Musik Indonesia sebuah sekolah musik prestisius di Surabaya. Subjek penelitian ini adalah lima siswa dari SMI dengan tingkat pembelajaran dan usia yang berbeda-beda.
Downloads
References
Achmad, Munib. (2011). Pengantar ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKU UNNES.
Arikunto,Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bahari, Nooryan. (2008). Kritik Seni, Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiningsih, Asri. (2002). Teori-teori Belajar . Bandung: Rosdakarya
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.
Ivers, Karen S dan Barron Ann E. (2002). Multimedia Project in Education: Designing, Producing, and Assessing. United States of America: Libraries Unlimited.
Jamalus. (1988). Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.
Kaufman, A., & Roger. (1972). Education System Planning (Englewood Cliffs, NJM : Prentice Hall, INC :1972)
Limantara, Cyprianus.(1988). Dasar-dasar Teori Musik. Justika
Maryanto. (1995). Sejarah Musik. IKIP Press
Mayliza Defly Ardina. (2012). Implementasi Pembelajaran Musik untuk Mengembangkan Mental dan Psikomotorik Penderita Down Syndrom. Harmonia-Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 12(1), 125-131.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenadamedia Group.
Pasaribu, Simanjuntak. (1982). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Pranajaya. (1974). Teknik Bermain Drum. CV Baru.
Pranata M. (2004). Efek redundansi desain pesan multimedia dan teori pemrosesan informasi. Jurnal Nirmana, 6(2): 171-182
Pribadi, A., & Benny. (2009) Model Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Dian Rakyat
Rochaeni. (1989). Seni Musik III. Ganesa Exact.
Sudarsono. (1991). Pendidikan Seni Musik. Departemen P&K.
Suharto, M. (1990). Pendidikan Seni Musik Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Depdikbud
Sukmadinata. Nana S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Indonesia dengan PT. Rosdakarya
Sukohardi. (1987). Teori Musik Umum. PML
Thiagarajan, Sivasailam dkk. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook, Minnesota: University of Minnesota.
Yosep, Wagiman. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (the Learning of Creative Music in Early-childhood Children)." Harmonia Journal of Arts Research and Education, 5(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Joshua William Simanjuntak, Trisakti Trisakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).