Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Taruna Program Studi Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Authors

  • Gradina Nur Fauziah Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia
  • Agustina Setyaningsih Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1215

Keywords:

Numbered Heads Together (NHT), Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, khususnya dalam mata kuliah matematika. Metode Numbered Heads Together (NHT) dianggap sebagai salah satu pendekatan kooperatif yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kelayakan penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah matematika taruna yang diajar menggunakan metode NHT dengan hasil belajar taruna yang diajar menggunakan metode Konvensional. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - September 2023 dengan populasi dan sekaligus sampel yaitu peserta didik/taruna jurusan Teknika semester II (Dua) kelas B dan kelas C Tahun Akademik 2022/2023 dengan jumlah populasi 48 orang. Kemudian sampel tersebut dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas B sebagai kelas sampel dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Adapun indikator variabel penelitian yaitu penerapan metode NHT dalam proses pembelajaran Matematika dan membandingkan hasil belajar yang diperoleh oleh kedua kelas. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuisioner, data tes tertulis hasil belajar dan perbedaan hasil belajar taruna pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol berada pada kategori baik dan pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993., 6(2), 980–993.

Arikunto, S. (2019). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Auliah, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberead Head Together ( NHT ) untuk Meningkatkan Aktivitas Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X 6 SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone The implementation of Numberead Head Together ( NHT ) Type Cooperative Learning Model to Improve the Activities of Students Senior High School in Grade X 6 of SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone PENDAHULUAN Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia , karena dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi diri , menambah pengetahuan , serta dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki sebagai bekal kehidupan bermasyarakat . Menurut UU No . 20 Tahun 2003 , Bab 1 pasal 1 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menghidupkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , diri , dan masyarakat , bangsa , dan negara . Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi , sehingga dapat diwujudkan peradaban bangsa yang cerdas dan bermartabat . Hal ini sesuai. 4, 151–161.

Fatimah dan Syamsudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya, S. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4, 38–54.

Harefa, A. O. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Smk Swasta Pembda Nias. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 840–859.

Hidanurhayati, H., Sihaloho, M., & La Kilo, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran numbered heads together (NHT) disertai media kartu pintar terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMA negeri 1 Kabila. Jambura Journal of Educational Chemistry, 13(2), 233–240.

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri …, 1(2012), 12–21.

Iskandar, A. P., & Leonard. (2018). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 443–455.

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189

Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1–12.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Kurnia, R. D., Ibrahim, A., & Ruskan, E. L. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning (Studi Kasus: Matakuliah Pemrograman Web, Jurusan Sistem Informasi Fasilkom. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 645–654.

Lidia, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together Dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Insipirasi: Jurnal Ilmi-Ilmu Sosial, 15(2), 15–32.

Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Gustina, H., Pertiwi, H., & Priyanti, N. (2023). Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 21–28.

Print, I., Online, I., & Adiputra, N. S. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha masyarakat civil ( Civil Society ) dengan dikatakan bahwa Pembelajaran PPKn pada SLTP di Bali. 8.

Qiptiyyah, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI METODE JIGSAW KELAS VIII F MTs NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187

Saputra, K. Y. (2014). Pengaruh Proses Pembelajaran Perkoperasian. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Setianingrum, H. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 CARENANG. VI, 337–348.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharli. (2015). Teori Belajar Dan Model Penerapannya Dalam Pembelajaran. Pengemabangan Model Pembelajaran IPS, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Fauziah, G. N., & Setyaningsih, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Taruna Program Studi Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Journal of Education Research, 5(2), 2262–2272. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1215

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check