Analisis Ketertarikan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Gaya Mengajar Dosen pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Authors

  • Agustina Setyaningsih Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia
  • Gradina Nur Fauziah Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1214

Keywords:

Ketertarikan, Proses Belajar, Gaya Mengajar

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif sangat bergantung pada ketertarikan peserta didik, yang dipengaruhi oleh gaya mengajar dosen. Di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, pemahaman mengenai gaya mengajar yang paling diminati dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran berdasarkan gaya mengajar dosen di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2023 dengan populasi yaitu peserta didik/taruna jurusan Teknika semester II (Dua) Tahun Akademik 2022/2023 dengan jumlah populasi 241 orang. Kemudian berdasarkan rumus Taro Yamane maka jumlah sampel sebesar 150 orang. Adapun indikator variabel penelitian yaitu ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar: (1) klasik, (2) teknologis, (3) personalisasi, (4) intruksional dan (5) tambahan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari editing, koding, data Entry, cek data dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dari kelima gaya mengajar yang menjadi fokus penelitian, tingkat ketertarikan tertinggi peserta didik yaitu pada gaya mengajar interaksional dan ditambah dengan karakteristik tambahan dari dosen pada saat melakukan proses pembelajaran. hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik tertarik ketika dosen dapat membangun komunikasi dua arah yang interaktif antara dirinya dengan peserta didik, serta dapat tampil menjadi sosok yang menyenangkan dengan tampil sebagai sosok yang mempunyai wawasan yang mendalam terhadap materi yang diajarkan dan dapat tampil menjadi sosok yang humoris namun tegas. Sedangkan ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar klasikal berada pada kategori rendah dan untuk ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar teknologis dan personalisasi berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon, dan R. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Alyanthi, L., Asrin, A., & Turmuzi, M. (2021). Survey Gaya Mengajar Teknologis dalam Pembelajaran Matematika Di SD Gugus 1 Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 487–494. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.274

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hasri, K. S. (2021). Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MAN 1 Kendari. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.330

Ikhsanudin, M. (2017). Analisis Gaya Mengajar Dosen Tetap STKIP Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, 3(1), 56–73.

Koksilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Mukmin, T. (2018). Pendekatan Dalam Mengajar Perspektif Syaiful Bahri Djamarah an Abuddin Nata. El-Giroh, XIV, 2013–2015.

Ratnasari, K. I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166

Rayudisa, A. H., Rayudisa, A. H., Penelitian, A., Man, I. P. S., & Kunci, K. (2018). HUBUNGAN ANTAra Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018 The Relationship Between The Teacher's Teaching Style And The Learning Motivation And The History Learning. 238–245.

Resilia Tiara, P. Y. F. (2022). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Metode Humor Pada Warga Belajar Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Milenium Ketiga. Nia Hoerniasih /Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 72–79

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Rosliani, S. M. (2017). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sma Pasundan 3 Bandung. NASPA Journal, 33, 26–36.

Satriani. (2018). Inovasi pendidikan metode pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tahir, M., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Variasi Mengajar Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Semester Tiga Di Prodi Pendidikan Nonformal Stkip Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi Nonformal), 201–209. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/322

Wahyuni, S. (2018). Persepsi Mahasiswa tentang Gaya Mengajar Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 113. https://doi.org/10.24036/011024570

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20)

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Setyaningsih, A., & Fauziah, G. N. (2024). Analisis Ketertarikan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Gaya Mengajar Dosen pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Journal of Education Research, 5(2), 2252–2261. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1214

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check