Analisis Ketertarikan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Gaya Mengajar Dosen pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1214Keywords:
Ketertarikan, Proses Belajar, Gaya MengajarAbstract
Proses pembelajaran yang efektif sangat bergantung pada ketertarikan peserta didik, yang dipengaruhi oleh gaya mengajar dosen. Di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, pemahaman mengenai gaya mengajar yang paling diminati dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran berdasarkan gaya mengajar dosen di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai September tahun dua ribu dua puluh tiga dengan populasi yaitu peserta didik/taruna jurusan Teknika semester II Tahu akademik dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga dengan jumlah populasi dua ratus empat puluh satu orang. Kemudian berdasarkan rumus Taro Yamane maka jumlah sampel sebesar seratus lima puluh orang. Adapun indikator variabel penelitian yaitu ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar: klasik, teknologis, personalisasi, intruksional dan tambahan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari editing, koding, data Entry, cek data dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima gaya mengajar yang menjadi fokus penelitian, tingkat ketertarikan tertinggi peserta didik yaitu pada gaya mengajar interaksional dan ditambah dengan karakteristik tambahan dari dosen pada saat melakukan proses pembelajaran. hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik tertarik ketika dosen dapat membangun komunikasi dua arah yang interaktif antara dirinya dengan peserta didik, serta dapat tampil menjadi sosok yang menyenangkan dengan tampil sebagai sosok yang mempunyai wawasan yang mendalam terhadap materi yang diajarkan dan dapat tampil menjadi sosok yang humoris namun tegas. Sedangkan ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar klasikal berada pada kategori rendah dan untuk ketertarikan peserta didik terhadap gaya mengajar teknologis dan personalisasi berada pada kategori sedang.
Downloads
References
Akdon, dan R. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Alyanthi, L., Asrin, A., & Turmuzi, M. (2021). Survey Gaya Mengajar Teknologis dalam Pembelajaran Matematika Di SD Gugus 1 Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 487–494. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.274
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Hasri, K. S. (2021). Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MAN 1 Kendari. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.330
Ikhsanudin, M. (2017). Analisis Gaya Mengajar Dosen Tetap STKIP Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, 3(1), 56–73.
Koksilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf
Mukmin, T. (2018). Pendekatan Dalam Mengajar Perspektif Syaiful Bahri Djamarah an Abuddin Nata. El-Giroh, XIV, 2013–2015.
Ratnasari, K. I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Rayudisa, A. H., Rayudisa, A. H., Penelitian, A., Man, I. P. S., & Kunci, K. (2018). HUBUNGAN ANTAra Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018 The Relationship Between The Teacher's Teaching Style And The Learning Motivation And The History Learning. 238–245.
Resilia Tiara, P. Y. F. (2022). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Metode Humor Pada Warga Belajar Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Milenium Ketiga. Nia Hoerniasih /Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 72–79
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rosliani, S. M. (2017). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sma Pasundan 3 Bandung. NASPA Journal, 33, 26–36.
Satriani. (2018). Inovasi pendidikan metode pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tahir, M., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Variasi Mengajar Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Semester Tiga Di Prodi Pendidikan Nonformal Stkip Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi Nonformal), 201–209. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/322
Wahyuni, S. (2018). Persepsi Mahasiswa tentang Gaya Mengajar Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 113. https://doi.org/10.24036/011024570
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20)
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Agustina Setyaningsih, Gradina Nur Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).