Analisis Model Berpikir Induktif terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa

Authors

  • Rusmini Rusmini Pendidikan Matematika, Universitas Potensi Utama, Indonesia
  • Muhammad Amin Fauzi Pendidikan Matematika, Universitas Potensi Utama, Indonesia
  • Pardomuan Sitompul Pendidikan Matematika, Universitas Potensi Utama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1142

Keywords:

Berpikir Induktif, Pemecahan Masalah Matematis, Kepercayaan Diri

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika, namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa rendah serta kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah. Hal ini terbukti dari jawaban yang ditulis oleh siswa dengan tidak memahami masalah yang ditanyakan dan tidak nampak perencanaan dalam menyelesaikan masalah serta tidak mengevaluasi kembali dari kebenaran jawaban yang diberikan. Oleh karena itu penting menerapkan model berpikir induktif.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis berapa besar model berpikir induktif mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa jika ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Berpikir induktif meliputi mengumpulkan data, mengola dan menguji kebenaran data, tahap pembentukan kognitif mengingat dan memahami, menganalisis, tahap aplikasi prinsif memuat proses kognitif memahami dan mengevaluasi, menggunakan proses kognitif yang lebih tinggi dalam rangka mencapai proses kognitif dibawahnya. Siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih baik berpikir induktifnya dalam memecahkan masalah matematis, sementara siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah cendrung kurang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi Penelitian adalah SMP Negeri yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan, Sampel yang digunakan adalah SMP Negeri empat Percut Sei Tuan. Temuan yang diperoleh model berpikir induktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematiis siswa dan siswa yang pada dasar memiliki kepercayaan diri tinggi lebih mendukung kemampuan pemecahan masalah matematisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, E. E. Z., Nurfahriani, I., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 531. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p531-538

Aisyah, A. (2016). Studi literatur: Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self confident siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1–12.

Darwanto, D. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Eksponen, 9(1), 21–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Dewi, A. K., Zaenuri, Z., Walid, W., Sugiman, S., & Pujiastuti, E. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp N 7 Salatiga. JIPMat, 8(2), 174–181. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15577

Ghurfah, A., Sripatmi, S., Novitasari, D., & Baidowi, B. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23022

Hadrian, H., & Adiputra, I. G. (2020). Pengaruh Overconfidence, Herding Effect, Self-Monitoring terhadap Investment Decision pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 595. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9571

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 7.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Ningsih, S. P., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Maju, 8(2), 621–628.

Aeni, E. E. Z., Nurfahriani, I., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 531. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p531-538

Aisyah, A. (2016). Studi literatur: Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self confident siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1–12.

Darwanto, D. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Eksponen, 9(1), 21–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Dewi, A. K., Zaenuri, Z., Walid, W., Sugiman, S., & Pujiastuti, E. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp N 7 Salatiga. JIPMat, 8(2), 174–181. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15577

Ghurfah, A., Sripatmi, S., Novitasari, D., & Baidowi, B. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23022

Hadrian, H., & Adiputra, I. G. (2020). Pengaruh Overconfidence, Herding Effect, Self-Monitoring terhadap Investment Decision pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 595. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9571

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 7.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Ningsih, S. P., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Maju, 8(2), 621–628.

Prims, J. P., & Moore, D. A. (2018). PrimsMoore2017_OverconfLifespan.pdf. 12(1), 29–41.

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Self-Confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212–223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33

Sari, D. P. (2017). Berpikir Matematis Dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif Dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.235

Sasongko, D. F. (2023). Teacher Student’S Metacognitive Failure When Solving Sphere Equation Question and Their Scaffolding. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 778. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6437

Setiawan, Y. C., Atahau, A. D. R., & Robiyanto, R. (2018). Cognitive Dissonance Bias, Overconfidence Bias dan Herding Bias dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham. AFRE (Accounting and Financial Review), 1(1), 17–25. https://doi.org/10.26905/afr.v1i1.1745

Sunarti Alawiyah, Nurmaningsih Nurmaningsih, & Iwit Prihatin. (2022). Analisis Self-confidence dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMPN 1 Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 221–234. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.755

Wahyuni, R., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2024). How do Math Anxiety and Self-Confidence Affect Mathematical Problem Solving? TEM Journal, 13(1), 550–560. https://doi.org/10.18421/TEM131-58

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Rusmini, R., Fauzi, M. A., & Sitompul, P. (2024). Analisis Model Berpikir Induktif terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa . Journal of Education Research, 5(2), 2222–2229. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1142

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check