Implementasi Bimbingan Klasikal dengan Teknik Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1121Keywords:
Bimbingan Klasikal, Problem Based Learning (PBL), Interaksi SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Problem Based Learning dapat Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI enam IPA Kesehatan di SMA Negeri empat Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian PTBK, Pada pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu peneliti berusaha memberi gambaran tentang Implementasi Bimbingan Klasikal Teknik Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstuktur dan observasi secara langsung disekolah. Melalui data evaluasi dan wawancara terhadap siswa hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik Problem Based Learning dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan interaki sosial pada diri siswa
Downloads
References
Ayuna Qurrotu S,R DKK (2024). Analisis Kinerja Guru Bk: Pelaksanaan Bimbingan Klasikal Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia Volume 10 Nomor 1 Tahun 2024
Azizah, N.I (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Tinjau dari Self-Confodiense Siswa SMP/MTS.3(4),311- 322.
Azizah, N.I (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Tinjau dari Self-Confodiense Siswa SMP/MTS.3(4),311- 322.
Nasution, H.S (2020). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama. Volume 1 nomor 1. ISSN. 2301-7732
Nurihsan, A.J. (2020). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Santosa, P. M. (2021). Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38.
Soekanto Soerjono (2007: 55-56). Proses Pembelajaran adalah Proses Komunikasi.Jakarta Rajawali Pers.
Ting-Cheng, & Ting, S.S. (2021). Integrating Library Instruction Into a Problem Based Learning Curriculum. Aslib Proceedings. Vol. 63 (5): 517-532.
Wijayanti, J. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1, Juni 2020 Hal. 37-44
Yildiz, C., & Guler Yildiz, T. (2021). Exploring the relationship between creative thinking and scientific process skills of preschool children. Thinking Skills and Creativity, 39(December 2020), 100795. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100795
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alful Lailah, Nur Khotimah, Retno Tri Hariastuti, Sobi Mardiyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).