Implementasi Bimbingan Klasikal dengan Teknik Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Alful Lailah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Khotimah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Sobi Mardiyas Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Problem Based Learning (PBL), Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI.6 IPA Kesehatan di SMA Negeri 4 Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian PTBK, Pada pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu peneliti berusaha memberi gambaran tentang Implementasi Bimbingan Klasikal Teknik Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstuktur dan observasi secara langsung disekolah. Melalui data evaluasi dan wawancara terhadap siswa hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik Problem Based Learning (PBL) dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan interaki sosial pada diri siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuna Qurrotu S,R DKK (2024). Analisis Kinerja Guru Bk: Pelaksanaan Bimbingan Klasikal Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia Volume 10 Nomor 1 Tahun 2024

Azizah, N.I (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Tinjau dari Self-Confodiense Siswa SMP/MTS.3(4),311- 322.

Azizah, N.I (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Tinjau dari Self-Confodiense Siswa SMP/MTS.3(4),311- 322.

Nasution, H.S (2020). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama. Volume 1 nomor 1. ISSN. 2301-7732

Nurihsan, A.J. (2020). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Santosa, P. M. (2021). Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38.

Soekanto Soerjono (2007: 55-56). Proses Pembelajaran adalah Proses Komunikasi.Jakarta Rajawali Pers.

Ting-Cheng, & Ting, S.S. (2021). Integrating Library Instruction Into a Problem Based Learning Curriculum. Aslib Proceedings. Vol. 63 (5): 517-532.

Wijayanti, J. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1, Juni 2020 Hal. 37-44

Yildiz, C., & Guler Yildiz, T. (2021). Exploring the relationship between creative thinking and scientific process skills of preschool children. Thinking Skills and Creativity, 39(December 2020), 100795. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100795

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Lailah, A., Khotimah, N., Hariastuti, R. T., & Mardiyas, S. (2024). Implementasi Bimbingan Klasikal dengan Teknik Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 5(2), 1943–1946. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1121

Issue

Section

Articles