Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dalam Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1118Keywords:
Konseling Kelompok, Bermain Peran, BullyingAbstract
Perilaku bullying merupakan perilaku menyakiti orang lain secara berulang-ulang yang masih sering dilakukan oleh remaja. Padahal, di sisi lain ada banyak dampak negatif dari perilaku bullying baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing dalam mereduksi perilaku bullying pada siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Hasil mean skor pre-test kelompok eksperimen diperoleh sebesar 97,63 dan saat post-test menurun sebesar 70,13. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh bahwa mean penurunan kelompok eksperimen dengan perolehan sebesar 27,5 lebih besar dari mean penurunan kelompok kontrol yang hanya memperoleh sebesar 15,0. Pada uji hipotesis kelompok eksperimen menggunakan uji paired sample t-test diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 dimana nilai tersebut < 0.05. Jadi, hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima. Artinya, pemberian layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing berpengaruh dalam mereduksi perilaku bullying siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Serang.
Downloads
References
Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19-24.
Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147-158.
Mayasari, A. T., Febriyanti, H., & Primadevi, I. (2021). BAB II REMAJA. Kesehatan Reproduksi Wanita di Sepanjang Daur Kehidupan, 25.
Kartilah, K. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Pergaulan Sehat Remaja Dalam Layanan Informasi Melalui Game Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).
Gusti, D. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prilaku Bullying pada Remaja di Kabupaten Solok. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(3), 522-538.
Bbc.com. 22 Juli 2022. Pelaku Bullying Anak di Tasikmalaya Terpapar Konten Pornografi, Korban Alami Perundungan Berat dan Kompleks. (Diperoleh 28 Juni 2023, dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-62257471)
Sari, N. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Reinforcement untuk Mengurangi Perilaku Bullying (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi keluarga dalam pencegahan perilaku bullying bagi anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23-33.
Mustakim, M. (2019). Perilaku Bullying Terhadap Warga Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Muara Bulian. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 3(2), 101-114.
Kemendikbud.go.id. 2018. Stop Perundungan. (Diperoleh 23 Februari 2024, https://repositori.kemdikbud.go.id/11609/1/Stop%20Perundungan.pdf)
Budhi, S. 2016. Kill Bullying : Hentikan Kekerasan di Sekolah.
Artyarini, A., Oktapiani, E., & Fatimah, S. (2018). Penerapan teknik role playing dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik MTs. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(3), 94-102.
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Nasir Al-Kutub Indonesia : Lombok.
Wulandari, D. R. (2022). Penanganan Bullying Melalui Penguatan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Paradigma, 13(1), 82-94.
Panglipur, I. R., & Marsidi, M. (2021). Pengaruh penerapan kurikulum terhadap motivasi dan minat belajar siswa dengan angket skala Likert pada matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(2), 153-161.
Ratna. (2022). Penggunaan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa SMAN 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saputri, D. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Benda Konkret terhadap Perilaku Negatif di Dalam Kelas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II di MIN 4 Tulungagung.
Herlina, U. (2015). Teknik role playing dalam konseling kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94-107.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sandrina Shafa Mulia, Bangun Yoga Wibowo, Putri Dian Dia Conia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).