Hubungan Penggunaan Media Flashcard dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid di SMP IT Iqra’ Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1087Keywords:
Media Flashcard, Hasil Belajar Ilmu TajwidAbstract
Pada penelitian ini ditemukan suatu fenomena yaitu belum ditemukannya media pembelajaran dalam pemberian materi tajwid yang mampu memudahkan peserta didik dalam memahami tajwid dengan baik dan benar. Penggunaan media pembelajaran berupa kartu flashcard ini diupayakan untuk mampu memotivasi peserta didik dalam belajar ilmu tajwid. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu mengetahui apakah ada hubungan pada penggunaan media pembelajaran flashcard dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu tajwid. Uji statistik yang digunakan meliputi Tests of Normality, Tests of Homogeneity of Variances, dan Independent Samples Test. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Iqra’ Medan dengan jumlah siswa tiga puluh orang. Data yang dikumpulkan melalui pengisian angket atau kuesioner. Perolehan hasil pembahasan tentang media pembelajaran flashcard dengan hasil belajar dan analisis data, dapat dipastikan oleh penulis bahwasannya media pembelajaran flashcard berpengaruh positif dan siginifikan terhadap hasil belajar siswa SMP IT Iqra’ Medan. Berdasarkan data uji normalitas5 maka dapat dipastikan bahwa data yang diperoleh normal. Dan data dari uji homogen pada kolom signifikansi maka dapat dipastikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menngunakan pre-test dan post-test. Dengan hasil data tersebut maka ini menegaskan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard memberikan hasil yang positif.
Downloads
References
Abdurrosyid, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Di Ra Nuris Sufyan Liridlallah. Islamic EduKids, 1(2), 20–26. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1654 iejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Akbar, M. R. (2022). Flash Card Sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian (Moh. Nasut, Issue 1). Haura Utama. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Anggreini, N. L., & Putra, I. P. (2022). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile. Jurnal Informasi Dan Komputer, 10(1), 44–49. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.300 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo n
Batubara, F., Alawiyah, T., & Guchi, Z. (2020). Kemampuan Membaca Al- Qur’an Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Riset, 1(1), 57–68. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Rajawali Press. Darul, P. P. (2017). (stain) parepare 2017. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiw
Hafsari, H. H. (2018). Pengaruh Metode Pendidikan Al-Qur’an Orang Dewasa Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–24. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.309 ejfioe wjeirj
Halim, A. A. Al, & Wida Nurul ’Azizah. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qo’Idah Baghdadiyah Ma’a Juz ‘Amma (Turutan) Di Kelas 1a Mi Ma’Arif Nu 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016. Tawadhu, 2(1), 490. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Hardani, Nur Hikmatul Auliyah, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, D. J. S. & R. R. I. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April). ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo n ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (Vol. 21, Issue 1). PT Raja Grafindo Persada. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe
Hilaliyah, T. (2020). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. 21(1), 1–9.
Ismail, I., & Hamid, A. (2020). Adab Pembelajaran Al-Quran: Studi Kitab At- Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(2), 219. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i2.392 ejfioe wjeirjwo eiwjoidwo
Jannah, A., & Zuhroh, F. (2021). TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan Dasar Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan. 3, 56–71. ejfioe wje
Khozin, N., & Abror, M. (2020). Pendampingan Pendalaman Makharij Al-Huruf bagi Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mustaqim Bulusari Tarokan Kediri. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 1(1), 179– 189. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar- Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo
Madona, A. S., & Fikri, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interatif (Vol. 21, Issue 1). ejfioe wjeirjwo eiwjoe id
Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664
Masitoh, A. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Pada Siswa Kelas I Mi Raudlatul Athfal Pucung Bambankerep Ngaliyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo nj ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Mukti, L. K. (2020). Korelasi antara Pemahaman Materi Adab Membaca Al- Qur’an dengan Penerapannya dalam Kegiatan Pembinaan Baca Al- Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Pekanbaru.
Nisa, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Media Flashcard Pada Anak Kelompok a Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Hikmah Margomulyo Kerek Tuban. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Niswatuz Zahro’, Noor Amirudin, M.Pd.I, & Drs. Man Arfa Ladamay, M.Pd. (2022). Implementasi Metode Tilawati Dalam Membaca Al-Quran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Abror Gembyang Kebomas Gresik. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37286/mahasiswa.v1i1.115 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo nj
Nizwardi, J., & Ambiyar, A. (2016). Media & Sumber Belajar. In Jakarta : Kencana. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo nj
Nurdyansyah. (2020). Media Pembelajaran Inovatif (Vol. 21, Issue 1).
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. ejfioe wjeirjwo eiwjoe i
Rudi Hasrian, (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Intoqad 8(2) Desember, 47-51 ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe
Rudi Hasrian, (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjei ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnewv ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Salman, M. M. (2016). Panduan Tahsin Tilawah Al-Quran Kelas X. 31–41. Satriana, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 Sampai 5 Bagi Anak Tunagrahita Sedang Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2 (September), 153–165. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew
Solihati, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Permainan Huruf Kartu Hijaiyah. http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Pelitapaud ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantittif Kualitatif dan R&D (Sutopo).
Alfabeta CV. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo njnew ejfioe wjeirjwo eiwjoe idwo n
Tahsinia, J., Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., Ningsih, I. W., Nusantara, U. I., Kunci, K., & Arab, B. (2018). Pengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Daya. 99–106. ejfioe wjeirjwo eiwjoe idw
Untara, W. (2013). Kamus Bahasa Indonesia. Indonesia Tera
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cut Yuli Irada, Hasrian Rudi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).