Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Rina Martini Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1057

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen sarana dan prasarana, kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Magetan yang berjumlah seribu tujuh ratus dua puluh sembilan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan menggunakan rumus slovin jumlah sampel empat sekolah yang mewakili tiap wilayah atau cluster dengan jumlah tiga ratus sepuluh siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau questioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian penjelasan terkait dengan hasil perhitungan data penelitian manajemen sarpras dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa mengetahui bahwa nilai pada manajemen sarpras dengan prestasi belajar siswa nilai menunjukan manajemen sarpras dan kinerja guru terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badawi, H. (2023). Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 290–305. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3516

Basari, D. J., Sebgag, S., Noval, S. M. R., Mudrikah, A., & Mulyanto, A. (2023). Human Resource Management Model in Islamic Boarding School-Based Private Madrasah Tsanawiyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–30. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2884

Fachruddin, F., Amiruddin, A., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1443–1450. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2166

Fuadi, A., Nasution, W. N., & Wijaya, C. (2023). Management of Teacher Professionalism Development: A Multi-Site Study of State Madrasah Aliyah in Langkat Regency. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 180–199. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.444

James KPOLOVIE, P., Igho JOE, A., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100.

Legiwati, N., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985.

Nurkhasanah, U., Barnoto, B., Hasan, M. S., & Ashari, A. (2023). Madrasa Principal’s Strategy in Improving the Quality of the Pandemic Era Learning Process at Madrasah Aliyah. Dirasah International Journal of Islamic Studies, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.59373/drs.v1i1.7

Pratiwi, D, P., & Warlizasusi, J. (2023). The Effect of Principal Leadership and Teacher Motivation on Teacher Performance. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.207

Rahman, M. S., & Sumenep, S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Di Smpn 4 Sumenep. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(24), 1–12.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pebdidikan Dan Dakwah, 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p107

Zakiyawati, S. W., Trihantoyo, S., Pendidikan, J. M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 200–214.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Martini, R., Purwoko, B., Karwanto, K., Hariyati, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa . Journal of Education Research, 5(3), 3396–3401. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1057

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>