Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1057Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen sarana dan prasarana, kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Magetan yang berjumlah seribu tujuh ratus dua puluh sembilan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan menggunakan rumus slovin jumlah sampel empat sekolah yang mewakili tiap wilayah atau cluster dengan jumlah tiga ratus sepuluh siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau questioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji deskriptif statistik, uji normalitas, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian penjelasan terkait dengan hasil perhitungan data penelitian manajemen sarpras dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa mengetahui bahwa nilai pada manajemen sarpras dengan prestasi belajar siswa nilai menunjukan manajemen sarpras dan kinerja guru terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Badawi, H. (2023). Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 290–305. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i2.3516
Basari, D. J., Sebgag, S., Noval, S. M. R., Mudrikah, A., & Mulyanto, A. (2023). Human Resource Management Model in Islamic Boarding School-Based Private Madrasah Tsanawiyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–30. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2884
Fachruddin, F., Amiruddin, A., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1443–1450. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2166
Fuadi, A., Nasution, W. N., & Wijaya, C. (2023). Management of Teacher Professionalism Development: A Multi-Site Study of State Madrasah Aliyah in Langkat Regency. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 180–199. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.444
James KPOLOVIE, P., Igho JOE, A., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100.
Legiwati, N., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985.
Nurkhasanah, U., Barnoto, B., Hasan, M. S., & Ashari, A. (2023). Madrasa Principal’s Strategy in Improving the Quality of the Pandemic Era Learning Process at Madrasah Aliyah. Dirasah International Journal of Islamic Studies, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.59373/drs.v1i1.7
Pratiwi, D, P., & Warlizasusi, J. (2023). The Effect of Principal Leadership and Teacher Motivation on Teacher Performance. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.207
Rahman, M. S., & Sumenep, S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Di Smpn 4 Sumenep. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(24), 1–12.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pebdidikan Dan Dakwah, 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p107
Zakiyawati, S. W., Trihantoyo, S., Pendidikan, J. M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 200–214.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rina Martini, Budi Purwoko, Karwanto Karwanto, Nunuk Hariyati, Erny Roesminingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).