Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Digital terhadap Minat Baca dan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pemanfaatan perpustakaan digital terhadap minat dan literasi baca siswa di SMPN satu Maospati. Penelitian ini menggunakan metode Ex-post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus tujuh puluh empat siswa SMPN satu Maospati. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, yaitu angket pemanfaatan perpustakaan digital, minat dan literasi siswa yang dikembangkan peneliti dengan nilai reliabilitas masing-masing instrumen lebih besar dari nol koma enam, dan dikuantifikasi dan diukur dengan skala likert. Berdasarkan uji hipotesi satu mengindikasi bahwa perubahan yang terjadi pada rasio pemanfaatan perpustakaan digital akan berpengaruh signifikan terhadap minat baca siswa. Sedangkan pengujian hipotesis dua menunjukkan ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan digital terhadap peningkatan minat baca dan literasi siswa.
Downloads
References
Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60-66.
Amalia, F, dan R Kustijono, “Efektifitas Penggunaan E-book Dengan Sigil Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis”, SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2017 “Menghilirkan Penelitian-penelitian Fisika Dan Pembelajarannya”, 25 (2017), h.84.
Amin, A., Batubara, A. K., Priatmana, A., Tanjung, S. P., & Nasution, I. M. (2022). Strategi dan Manfaat Layanan Open Access Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 267-276.
Antara News.com. (2020). Akademisi Perpustakaan Digital Dorong Minat Baca Mahasiswa.
https://www.antaranews.com/berita/1695950/akademisi-perpustakaan-digital-dorongminat-baca-mahasiswa.
Asher, S. R. (2017). Topic interest and children’s reading comprehension. In Theoretical issues in reading comprehension (pp. 525-534). Routledge.
Bakti, M. N., Susanto, S., & Supriyanto, D. H. (2022). Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sarana Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di SDN Gemarang 7. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 65-73.
Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 16-23.
Bunga Cintya Dewi (2016), Ernawati. "Perpustakaan Digital dalam Temu Kembali Informasi dengan Opac." Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2018: 108.
Dewi, E. G. A., Dewi, P. A. C., & Sudiatmika, I. B. K. (2021). Pengaruh Perpustakaan Digital dalam Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5024-5034.
Efendy, Muhadjir. “Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Budaya Literasi.” Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi, VI/Oktober – 2016.
Felvegi, E., & Matthew, K. I. (2012). eBooks and Literacy in K–12 Schools. Computers in the Schools, 29(1-2), 40-52.
Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 170-177.
Hakim, Rosniati. 2014. Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Berbasis Alquran: dalam Jurnal Pendidikan Karakter. Padang: Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol.
Hamdani, M. H., & Rusydiyah, E. F. (2022). Pengaruh Digital Library Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(02), 389-400.
Handoko, T., Wilson, W., & Jas, J. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Masyarakat Di Taman Bacaan Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation,Riau University).
Heri Abi Buracman Hakim, Teknologi Informasi Di Perpustakaan Sekolah: Dari Otomasi Sampai Literasi Informasi, (Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2017), hal. 103
Hartono. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan DigitalDalamMembangunAksebilitas Informasi: SebuahKajian
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
Mahardhani, A. J., Diana, I., Aji, A. P., Nurcahyani, M. U., Ahmad, M. A., & Ruqoiyati, Y. (2021). Aktualisasi Sistem Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sdn Jatimulyo 02 Kota MalanG. Publication Library and Information Science, 5(2), 16-25.
Nurbaiti, D., & Mariah, M. (2020). Pengaruh Sikap pada Ebook dan Sikap pada Buku Fisik terhadap Minat Baca Masyarakat di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 74-80.
Iskandar. 2016. Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Bandung: Refika Aditama.
Prabowo, Aan dan Heriyanto. 2013. “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 2. No. 2. Diakses dalam https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123/298.
Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. Trenda A. Oktariyanda, M.A.P. (2023) Buku Metodologi dan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, 12-30
Reid, C. (2016). EBooks and print books can have different affects on literacy comprehension.
Seamolec. (2013). Simulasi Digital Jilid 2: Buku Siswa SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Saleh, Zakaria Issa dkk. 2015. “The Impact of E-books on The Printed Books: E-books Popularity, GrowthAnd Future”. Fifth International on e-Learning (ECONF 2015), Bahrain. Sponsored by IEEE computer Society. Diakses dalam https://www.researchgate.net/publication/301550535.
Sari, P. (2016). Minat Baca Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen Terhadap Novel Populer. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. UNY.
Setiawan, Wawan. 2017. “Era Digital dan Tantangannya”. Seminar Nasional Pendidikan 2017. Diakses dalam https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf.
Sitepu, pengembangan sumber belajar( Depok : PT. Raja Grafindo, 2014) hal 65
Siti Husaebah Pattah. 2014. Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khazanah Al-Hikmah. Vol 2 No 2: 117-128
Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Solihah, Yeni, ‘Efektifitas Penggunaan E-Book Dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa’, Angewandte Chemie International Edition, 6 (2020), 951–52
Suwarno, Wiji, pengetahuan dasar perpustakaan ( Bogor : Ghalia Indonesia, 2010) hal 31
Smith, J. (2021). Definisi Penggunaan dalam Konteks Modern. Encyclopedia of Language. https://www.encyclopediaoflanguage.com/definisi-penggunaan
Smith, J. (2021). Pengertian Minat Baca. Deepublish Store Blog. https://deepublishstore.com/blog/pengertian-minat-baca/
Smith, J. (2022). Meningkatkan Literasi pada Siswa. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/cara-meningkatkan-literasi-pada-siswa/
Yudi, Irwan. 2019. “Perkembangan Era Digital yang sangat Pesat”. Artikel Kompasiana.Diaksesdalam https://www.kompasiana.com/irwanyudi7423/5e00d829097f36145138b505/perkembang an-era-digital-yang-sangat-pesat.
Wahidin, U. (2018) Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02) 229-24
Widodo. 2016. “Pengantar Ebook”. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan.Diakses dalam https://library.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2016/04/EBOOK.pdf
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Erna Wulan Sari, Neni Mariana, Karwanto Karwanto, Umi Anugerah Izzati, Nunuk Hariyati, Erny Roesminingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).