Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Perkembangan Pembelajaran

Authors

  • Bella Bunda Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1038

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini mengkaji optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Laboratorium UIN SU, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan efektivitas manajemen sarana dan prasarana serta mengevaluasi tantangan yang dihadapi dalam mengoptimalkan perannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Laboratorium UIN SU Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, pengelola sarana dan prasarana, serta guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian mencakup strategi manajemen sarana dan prasarana seperti perencanaan anggaran cermat, peningkatan fasilitas pembelajaran, dan program pemeliharaan rutin. Manajemen yang efektif berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan anggaran, ruangan, hambatan teknis, dan pemeliharaan sarana. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana melalui strategi yang tepat dan penanganan tantangan yang dihadapi berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Laboratorium UIN SU Medan. Temuan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan lain dalam mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana guna meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, Dewi, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, and Sri Susanti. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8(2): 180. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.

Ginanjar, Muhammad Hidayat, Muhammad Jundullah, and Rahman. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di SMA Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01): 103–18.

Kurniawan, Syarwani Ahmad, and Achmad Wahidy. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3): 3409–18. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/864.

Nurstalis, Nusi, Tatang Ibrahim, and Nandang Abdurrohim. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ‎Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia ‎Cianjur. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1): 63–76.

Nurtalis, Nusi. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Cendekia Cianjur.” 6(1).

Putri isnaeni kurniawati. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Smk N 1 Kasihan Bantul, 1(1).

Ridwanulloh, M. Ubaidillah, Iva Afifatur Rohmah, and Nurul Qomariatus Sholikhah. (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2): 127–44.

Saputra, alan lutfi gesang. (2021). Teori Manajemen Sarana Dan Prasarana.

Syah, D O, S Sarifudin, Ade Kohar, (2023). Strategi Manajemen Pengembangan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMPIT Ummul Quro Bogor. Cendikia Muda, (5): 337–52. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4738

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Bunda, B. (2024). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Perkembangan Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1038

Issue

Section

Articles