Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1029Abstract
Alih kode dan campur kode sering digunakan dalam interaksi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami tentang bentuk-bentuk dari alih kode dan campur kode pada interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif guna mendekripsikan penggunaaan alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni terdapat empat teknik, antara lain teknik survey, rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Adapun bentuk-bentuk alih kode tersebut yakni pada aktivitas belajar mengajar tutor menggunakan bahasa Jawa maupun bahasa Inggris kepada siswanya, begitupun sebaliknya. Sedangkan bentuk campur kode tersebut dapat ditunjukkan melalui penggunaan antara bahasa Jawa dan bahasa Indonesia maupun bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, baik itu pada penyisipan kata ataupun frasa. Adanya pemakaian alih kode dan campur kode tersebut sebagai bentuk pelestarian terhadap bahasa lokal atau bahasa daerah, menghormati lawan bicara, memperkenalkan bahasa asing, dan juga dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh tutor.
Downloads
References
Andayani, S. (2019). Penyebab Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Peristiwa Tutur Mahasiswa Jepang Di Indonesia. Ayumi : Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.25139/ayumi.v6i1.1279
Ardhana, N. R., & Mayasari, D. (2021). Jargon Santri Asrama Ibnu Sina Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Journal of Education Research, 2(2), 53–68. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.48
Armala, S., Basir, U. P. M., & Prihatin, Y. (2020). Jenis Ragam Bahasa Pedagang di Pasar Kawasan Makam Gus Dur Tebuireng Jombang. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 8(2), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1423
Azis, H. N., & Rahmawati, L. E. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 55. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2288
Durianto, D. (2023). Campur Kode dalam Berbahasa. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/03/03/campur-kode-dalam-berbahasa
Ensri Anjayani, Aisah, S., & Firdaus, M. Z. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.123
Fajrin, A. A., Hajidah, L., Arifa, Z., & Basid, A. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.15294/la.v11i2.57968
Hana, M., Sarwiji, S., & Sumarwati. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indoneia di SMA Negeri 7 Surakarta. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 07(02), 62–71.
Jannah, M. B., & Anggraini, D. (2023). Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.10
Junaidi, Wardani, V., Rizki, A., & Fitri, N. A. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pemakaian Bahasa Indonesia pada Aktivitas Diskusi Siswa Kelas VIII MTsS Al Furqan Bambi. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 12–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1771
Kusuma, R. (2023). Alih Kode Campur Kode Perbedaannya. Xerpihan. https://xerpihan.id/blog/4050/alih-kode-campur-kode-perbedaannya/
Munandar, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://eprints.unm.ac.id/10388/
Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Penjual Dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154
Ningrum, F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119–125. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3048
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 06–19.
Nurdianti, I., Armariena, D. N., & Murnivyanti, L. (2022). Alih Kode Campur Kode pada Film Layangan Putus Karya Mommy ASF. Journal of Education Research, 3(4), 144–152. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.84
Nurlianiati, M. S., Hadi, P. K., & Meikayanti, E. A. (2019). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Video Youtube Bayu Skak. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4530
Rahmawati, & Kartikasari, R. D. (2023). Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Pengarung Gurun Pasir Karya Fuad Abdurrahman. Journal of Education Research, 4(2), 615–623. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.194
Rulyandi, Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 17(1), 27–39. https://doi.org/10.32502/jbs.v6i2.4625
Smith, J., & Johnson, A. (2018). Code-Switching in the Classroom: A Review of Literature. Journal of Applied Linguistics, 15(2), 123–145.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif-kualitatif-konsep-contoh/
Yuliani, N. M., Sukri, S., & Saridewi, D. P. (2023). Campur Kode Luar Bahasa Fandom “ARMY” pada Kolom Komentar Postingan Instagram @army_indonesiaa: Kajian Sosiolinguistik. Journal of Education Research, 4(3), 1265–1274. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.328
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nada Vanca Anggrestia, Rani Jayanti, Ragil Sri Wahyuningsih, Fatimatus Zahro, Sefira Amelia Rosadha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).