Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong

Authors

  • Nada Vanca Anggrestia Universitas Islam Majapahit
  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit
  • Ragil Sri Wahyuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Fatimatus Zahro Universitas Islam Majapahit
  • Sefira Amelia Rosadha Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1029

Abstract

 Alih kode dan campur kode sering digunakan dalam interaksi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami tentang bentuk-bentuk dari alih kode dan campur kode pada interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif guna mendekripsikan penggunaaan alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni terdapat empat teknik, antara lain teknik survey, rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran di Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Adapun bentuk-bentuk alih kode tersebut yakni pada aktivitas belajar mengajar tutor menggunakan bahasa Jawa maupun bahasa Inggris kepada siswanya, begitupun sebaliknya. Sedangkan bentuk campur kode tersebut dapat ditunjukkan melalui penggunaan antara bahasa Jawa dan bahasa Indonesia maupun bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, baik itu pada penyisipan kata ataupun frasa. Adanya pemakaian alih kode dan campur kode tersebut sebagai bentuk pelestarian terhadap bahasa lokal atau bahasa daerah, menghormati lawan bicara, memperkenalkan bahasa asing, dan juga dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh tutor.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, S. (2019). Penyebab Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Peristiwa Tutur Mahasiswa Jepang Di Indonesia. Ayumi : Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.25139/ayumi.v6i1.1279

Ardhana, N. R., & Mayasari, D. (2021). Jargon Santri Asrama Ibnu Sina Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Journal of Education Research, 2(2), 53–68. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.48

Armala, S., Basir, U. P. M., & Prihatin, Y. (2020). Jenis Ragam Bahasa Pedagang di Pasar Kawasan Makam Gus Dur Tebuireng Jombang. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 8(2), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1423

Azis, H. N., & Rahmawati, L. E. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 55. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2288

Durianto, D. (2023). Campur Kode dalam Berbahasa. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/03/03/campur-kode-dalam-berbahasa

Ensri Anjayani, Aisah, S., & Firdaus, M. Z. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Interaksi Guru Dengan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.123

Fajrin, A. A., Hajidah, L., Arifa, Z., & Basid, A. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.15294/la.v11i2.57968

Hana, M., Sarwiji, S., & Sumarwati. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indoneia di SMA Negeri 7 Surakarta. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 07(02), 62–71.

Jannah, M. B., & Anggraini, D. (2023). Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.10

Junaidi, Wardani, V., Rizki, A., & Fitri, N. A. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pemakaian Bahasa Indonesia pada Aktivitas Diskusi Siswa Kelas VIII MTsS Al Furqan Bambi. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 12–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1771

Kusuma, R. (2023). Alih Kode Campur Kode Perbedaannya. Xerpihan. https://xerpihan.id/blog/4050/alih-kode-campur-kode-perbedaannya/

Munandar, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://eprints.unm.ac.id/10388/

Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Penjual Dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.154

Ningrum, F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119–125. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3048

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 06–19.

Nurdianti, I., Armariena, D. N., & Murnivyanti, L. (2022). Alih Kode Campur Kode pada Film Layangan Putus Karya Mommy ASF. Journal of Education Research, 3(4), 144–152. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.84

Nurlianiati, M. S., Hadi, P. K., & Meikayanti, E. A. (2019). Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Video Youtube Bayu Skak. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4530

Rahmawati, & Kartikasari, R. D. (2023). Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Pengarung Gurun Pasir Karya Fuad Abdurrahman. Journal of Education Research, 4(2), 615–623. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.194

Rulyandi, Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 17(1), 27–39. https://doi.org/10.32502/jbs.v6i2.4625

Smith, J., & Johnson, A. (2018). Code-Switching in the Classroom: A Review of Literature. Journal of Applied Linguistics, 15(2), 123–145.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif-kualitatif-konsep-contoh/

Yuliani, N. M., Sukri, S., & Saridewi, D. P. (2023). Campur Kode Luar Bahasa Fandom “ARMY” pada Kolom Komentar Postingan Instagram @army_indonesiaa: Kajian Sosiolinguistik. Journal of Education Research, 4(3), 1265–1274. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.328

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Anggrestia, N. V., Jayanti, R., Wahyuningsih, R. S., Zahro, F., & Rosadha, S. A. (2024). Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong . Journal of Education Research, 5(2), 1998–2007. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1029

Issue

Section

Articles