Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Problem Solving
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.92Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Problem Solving. Metode pembelajaran Problem Solving adalah metode pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP PGRI dua Sambeng dengan jumlah tiga puluh peserta didik. Penelitian Tidakan Kelas ini dilaksanakan peneliti dalam dua siklus. Dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Pre-siklus dan Post-Test. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX SMP PGRI dua Sambeng.
Downloads
References
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri& Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Asdi Mahasatya
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.jakarta:Gaung Persada
Gintings, Abdurrahman. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Humaniora
Isman, Andre. 2018. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Sma Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi:UIN SULTAH SYAIFUDDIN Jambi
Kaelan. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:Paradigm
Metronalius,dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving Di Kelas Iv Sdn 04 Sebetung. Jurnal Universitas Taduloko
Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada
Sudjana, Nana. 2010.Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo offset
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative learning (teory & aplikasi paikem). Yogjakarta: Pustaka Belajar
TIM MKDK IKIP. 1995. Belajar dan pembelajaran. Surabaya:Ikip university press
Wardhani, Igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka
Aikzatil,2011. PembelajaranProblem Solving.(http://aikzatil.blogspot.com 15 Februari 2014 pukul 11.30)
Hermanuny, 2010. Metode Pembelajaran Problem Solving (http://blogspot.com 15 Februari 2014 pukul 11.30)
Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Yuyuk Naimatus Surur , Happy Hyma Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).