Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Problem Solving

Authors

  • Yuyuk Naimatus Surur SMA Kosgoro Sambeng Lamongan, Indonesia
  • Happy Hyma Puspitasari PPKn, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.92

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Problem Solving. Metode pembelajaran Problem Solving adalah metode pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP PGRI dua Sambeng dengan jumlah tiga puluh peserta didik. Penelitian Tidakan Kelas  ini dilaksanakan peneliti dalam dua siklus. Dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Pre-siklus dan Post-Test. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX SMP PGRI dua Sambeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri& Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Asdi Mahasatya

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.jakarta:Gaung Persada

Gintings, Abdurrahman. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Humaniora

Isman, Andre. 2018. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Sma Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi:UIN SULTAH SYAIFUDDIN Jambi

Kaelan. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:Paradigm

Metronalius,dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving Di Kelas Iv Sdn 04 Sebetung. Jurnal Universitas Taduloko

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada

Sudjana, Nana. 2010.Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo offset

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative learning (teory & aplikasi paikem). Yogjakarta: Pustaka Belajar

TIM MKDK IKIP. 1995. Belajar dan pembelajaran. Surabaya:Ikip university press

Wardhani, Igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka

Aikzatil,2011. PembelajaranProblem Solving.(http://aikzatil.blogspot.com 15 Februari 2014 pukul 11.30)

Hermanuny, 2010. Metode Pembelajaran Problem Solving (http://blogspot.com 15 Februari 2014 pukul 11.30)

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Surur , Y. N., & Puspitasari, H. H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Problem Solving . Journal of Education Research, 3(3), 138–143. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.92

Issue

Section

Articles

Citation Check