Efektivitas Permainan Lempar Dadu Cari Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf

Authors

  • Prishilya Anggini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rakimahwati Rakimahwati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.91

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang berkembangnya kemampuan anak dalam aspek mengenal huruf, seperti: anak belum bisa menyebut huruf, anak belum sepenuhnya mengenal simbol-simbol huruf. hal ini disebabkan karena suasana dalam kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan serta media pembelajaran yang masih terfokusnya penggunaan lembar kerja anak (LKA). Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui  seberapa efektiv permainan lempar dadu cari huruf terhadap kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Villa Beta Padang. sampel yang dipakai dalam penelitian ini yakni kelas B1 sebagai kelas eksperimen dengan 10 orang anak serta kelas B2  sebagai kelas kontrol dengan 10 orang anak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan permainan lempar dadu cari huruf memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan kegiatan menebalkan huruf terhadap kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Villa Beta Padang. Dengan nilai bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05,. Hasil uji effect size.didapat nilai d sebesar 2,33 artinya nilai d > 1 tergolong pada kategori kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M Dan Asrori, M. 2015. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta

:Bumi Aksara

Anggani Sudono,. (2000). Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta : Grasindo.

Chugani, Shoba. 2009. Anak Yang Bermain Anak Yang Cerdas. Jakarta: Gramedia

Utama

damiatul, U. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Lempar Dadu Pada Anak Kelompok A Di Tk Sunan Prapen Gresik . Uin Sunan Ampel Surbaya .

Montolalu Dkk. 2007. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas

Terbuka.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT

Asdi Mahasatya

Pangastuti, R., & Hanum, S. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.

Seefeldt, Carol. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta:

PT. Indeks

Shoimah, R. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan

Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52166/Mida.V3i1.1836

Suyadi, M. U. (2013). Konsep Dasar Aud . Bandung : Remaja Rosdakarya .

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta:

Depdiknas

Tadkirotum Musfiroh. 2009. Cerita Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tuan Wacana.

Widayanti, E., & Slameto, S. (2016). "Pengaruh Penerapan Metode Teams Games

Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA". Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Anggini, P., & Rakimahwati , R. . (2022). Efektivitas Permainan Lempar Dadu Cari Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf. Journal of Education Research, 3(3), 131–137. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.91

Citation Check

Most read articles by the same author(s)