Efektivitas Permainan Lempar Dadu Cari Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.91Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurang berkembangnya kemampuan anak dalam aspek mengenal huruf, seperti: anak belum bisa menyebut huruf, anak belum sepenuhnya mengenal simbol-simbol huruf. hal ini disebabkan karena suasana dalam kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan serta media pembelajaran yang masih terfokusnya penggunaan lembar kerja anak (LKA). Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui seberapa efektiv permainan lempar dadu cari huruf terhadap kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-Kanak Villa Beta Padang. sampel yang dipakai dalam penelitian ini yakni kelas B1 sebagai kelas eksperimen dengan 10 orang anak serta kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan 10 orang anak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan permainan lempar dadu cari huruf memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan kegiatan menebalkan huruf terhadap kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Villa Beta Padang. Dengan nilai bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05,. Hasil uji effect size.didapat nilai d sebesar 2,33 artinya nilai d > 1 tergolong pada kategori kuat.
Downloads
References
Ali, M Dan Asrori, M. 2015. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta
:Bumi Aksara
Anggani Sudono,. (2000). Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta : Grasindo.
Chugani, Shoba. 2009. Anak Yang Bermain Anak Yang Cerdas. Jakarta: Gramedia
Utama
damiatul, U. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Lempar Dadu Pada Anak Kelompok A Di Tk Sunan Prapen Gresik . Uin Sunan Ampel Surbaya .
Montolalu Dkk. 2007. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas
Terbuka.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT
Asdi Mahasatya
Pangastuti, R., & Hanum, S. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.
Seefeldt, Carol. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta:
PT. Indeks
Shoimah, R. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan
Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52166/Mida.V3i1.1836
Suyadi, M. U. (2013). Konsep Dasar Aud . Bandung : Remaja Rosdakarya .
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta:
Depdiknas
Tadkirotum Musfiroh. 2009. Cerita Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tuan Wacana.
Widayanti, E., & Slameto, S. (2016). "Pengaruh Penerapan Metode Teams Games
Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA". Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Prishilya Anggini, Rakimahwati Rakimahwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).