Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89Abstract
Tujuan penelitian ini ialah guna menguji keefektifan media diorama dalam pembelajaran literasi keuangan pada anak usia dini. Penelitian dilakukan di sebuah taman kanak-kanak di TK Al Azhar tiga puluh dua Padang ada dua kelas, kelas eksperimen B satu dengan sembilan belas anak dan kelas kontrol kelas B dua sembilan belas orang. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan alat penelitian dengan indikator sebanyak sepuluh poin. Analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menunjukkan jika penggunaan media diorama efektif dalam mengenalkan literasi keuangan kepada anak usia dini di TK Al-Azhar tiga puluh dua Padang
Downloads
References
Amalia, A. R.,(2020) dkk. Gerakan Literasi Keuangan Melalui Media Menabung Sejak Dini. Jurnal Dedikasi.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). Penggunaan Media Diorama Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kemendikbud 2016. Panduan Gerakan Literasi Nasional
Kustiawan, U. (2017). The Development of Diorama Learaning Media Transportation Themes to Develop Language Skill Children’s Group B. Research on Education and Media. Vol.10, N.2.
Latif, Mukhtar dkk. (2013). Orientasi Baru. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana.
Masnan, Abdul Halim, and April Ann M. Curugan. "Financial education program for early childhood education." International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 6.12 (2016): 113-120
Nur, S.K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. 2(2). 72-77
Panduan Gerakan Literasi Nasional (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Jakarta: Kencana.
Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Simulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara
Utoyo, Setiyo. 2017. Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hanifah Aulia Yuneva, Dadan Suryana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).