Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini

Authors

  • Hanifah Aulia Yuneva Pendidikan Guru Penddikan Anak Usa Dini , Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Pendidikan Guru Penddikan Anak Usa Dini , Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna menguji keefektifan media diorama dalam pembelajaran literasi keuangan pada anak usia dini. Penelitian dilakukan di sebuah taman kanak-kanak di TK Al Azhar tiga puluh dua Padang ada dua kelas, kelas eksperimen B satu dengan sembilan belas anak dan kelas kontrol kelas B dua sembilan belas orang. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan alat penelitian dengan indikator sebanyak sepuluh poin. Analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menunjukkan jika penggunaan media diorama efektif dalam mengenalkan literasi keuangan kepada anak usia dini di TK Al-Azhar tiga puluh dua Padang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. R.,(2020) dkk. Gerakan Literasi Keuangan Melalui Media Menabung Sejak Dini. Jurnal Dedikasi.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Purwokerto: IAIN Purwokerto

Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). Penggunaan Media Diorama Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kemendikbud 2016. Panduan Gerakan Literasi Nasional

Kustiawan, U. (2017). The Development of Diorama Learaning Media Transportation Themes to Develop Language Skill Children’s Group B. Research on Education and Media. Vol.10, N.2.

Latif, Mukhtar dkk. (2013). Orientasi Baru. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana.

Masnan, Abdul Halim, and April Ann M. Curugan. "Financial education program for early childhood education." International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 6.12 (2016): 113-120

Nur, S.K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. 2(2). 72-77

Panduan Gerakan Literasi Nasional (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Jakarta: Kencana.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Simulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara

Utoyo, Setiyo. 2017. Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Yuneva, H. A. ., & Suryana, D. . (2022). Efektivitas Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran Literasi Keuangan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 3(3), 125–130. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.89

Issue

Section

Articles