Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-20 melalui Bermain Kartu Angka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.88Keywords:
Kognitif, Lambang Bilangan, Kartu AngkaAbstract
Latar belakang penelitian ini anak belum mampu mengenali atau membilang angka, anak belum mampu menyebutkan urutan bilangan, anak belum mampu menghitung benda. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan satu sampai dua puluh Melalui Bermain Kartu Angka Pada TK Ar-Rehan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Tahun Ajaran dua ribu dua puluh dua. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal delapan Agutus sampai dengan dua puluh enam Agustus dua ribu dua puluh dua. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua Siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah anak TK Ar-Rehan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian tugas dalam kegiatan inti, guna untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan anak dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hasil penelitian kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan satu sampai dua puluh pada TK Ar-Rehan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kartu angka, peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada Siklus I dan Siklus II Berkembang Sangat Baik. Hal ini tergambar dari hasil observasi terhadap kemampuan kognitif anak dalam bilangan satu sampai dua puluh
Downloads
References
Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Puspita, Y., Nugroho Catur Saputro, A., Ma, M., Harianti, R., Ahmad Hardoyo Sidik, N., & Rismawati, N. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. www.penerbitwidina.com
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Bumi Aksara. Jakarta (2008). (Bumi Aksara. (ed.)).
ayu, citra. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/4
Cheung, R. H. P. (2012). Teaching for creativity: Examining the beliefs of early childhood teachers and their influence on teaching practices. Journal Australian Journal of Early Childhood, 37(3), 43–52. https://doi.org/10.1177/183693911203700307
Fatimah, S. (2020). Peran Guru dan Orang Tua dalam meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 165–188.
Feldman, D. H. (2004). Piaget’s stages: The unfinished symphony of cognitive development. Journal New Ideas in Psychology, 22(3 SPEC. ISS.), 175–231. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2004.11.005
Flavell, J. H. (1982). On Cognitive Development. Journal Child Development, 53(1), 1. https://doi.org/10.2307/1129634
Harianti, I. M. (2014). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Gunung Gedangan II Kota Mojokerto. Jurnal Trara, 3(3), 1–6.
Joubish, Farooq, M. (2011). Cognitive Development in Jean Piaget’s Work and its Implications for Teachers. Journal World Applied Sciences, 12(8), 1260–1265.
Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171
Nuraeni. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 143–153.
Nuryani, M. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-20 Menggunakan Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Ii Tertek Kec. Pare Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–9.
Palupi, A. N. (2021). Use of Manipulative Media as A Stimulation Of Ability To Understand The Concept of Early Children’s Age. Journal (ECRJ) Early Childhood Research, 3(2), 41–57. https://doi.org/10.23917/ecrj.v3i2.11414
Rahayu, Y., & Meilani, S. (2019). The Effectiveness Of Mathematics Learning Outcomes Through Smart Pocket Card Media (Picture Card And Number Card) In The ABA 15 Kindergarten. Journal of Early Childhood Education Studies, 8(2), 55–61. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces
Rohmah, N., & Waluyo, E. (2014). Arithmetic Dice Media as Counting Concept Introduction for Early Childhood. Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2), 127–133. https://doi.org/10.15294/ijeces.v3i2.9486
Sa, N., & Kurniawati, T. (2020). Introduction of early childhood mathematics through online learning (e-learning) during the covid-19 pandemic period. Journal Proceeding Umsurabaya, 2(5), 272–280. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/5987
Saputra, Y. M. dan R. (2015). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK (Depdiknas Dirjen Pendidikan (ed.)).
Tahir, W. M. (2012). Meningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 66(2), 37–39.
Utami, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka. Jurnal Pedagogika, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.26
Wijaya, A., & Irianto, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Bilangan Melalui Pemanfaatan Media Kartu Doremi Pada Siswa Tunagrahita Kelas Ii. Jurnal Ortopedagogia, 1(4), 330–335.
Yonghai. (2015). Research on educational mobile games and the effect it has on the cognitive development of preschool children. Journal Wireless Communications, 3(8), 165–169. https://doi.org/10.1109/DINWC.2015.7054236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yenda Puspita, Meliza Sari, Zalisman Zalisman, Reni Nasrianti, Samsul Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).