Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII

Authors

  • Nabilah Isnaini Afsari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia, Indonesia
  • Heru Totok Tri Wahono Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.83

Abstract

Model pembelajaran mempengaruhi capaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas delapan di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP MBS Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua yang berjumlah delapan puluh lima siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang akan diteliti yaitu delapan puluh lima responden. Hasil Uji T variabel model pembelajaran Blended Learning menunjukkan model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Siwa kelas delapan di SMP Muhammadiyah Boarding School  Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya mata pelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahlberg, S. (2021). Teaching literature in SA. Taylor & Francais.

Lodico, M. . S. D. & V. K. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice, 2nd Edition. In The Canadian Journal of Action Research (Issue 3).

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Raka Joni, T. (n.d.). Pembelajaran yang Mendidik: Artikulasi Konseptual, Terapan Kontekstual dan Verifikasi Empirik.

Tunip, B. R., Lubis, F. W., & Saragih, R. (2022). Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. LINGUISTIK : Juurnal Bahasa & Sastra, 7(1). https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.83-90

Wayan Lasmawan. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Wawasan Pendidikan Dasar, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, Pendidikian Ips Sekolah Dasar, Perspektif Global Dan Problematika Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1).

Nugroho, Aditya. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi siswa Pada Mata Diklat Keselamatan dan kesehatan Kerja Di SMK Negeri 1 Sedayu. Universitas Negeri Ygyakarta(Skripsi): 31

Harefa, Darmawan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Jurnal kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan. 8(1): 01-18.

Sinaga, Evhans Perdana. 2019. Blended Learning: Transisi Pembelajaran Konvensional Menuju Online. Seminar Nasional Universitas Negeri Medan. 3: 855-860.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan XI) Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.

Syahrin, Siti Alfi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 Di SMPN 37 Jakarta. Skripsi: Jakarta.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Afsari, N. I. ., & Wahono, H. T. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII . Journal of Education Research, 3(3), 101–105. https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.83

Issue

Section

Articles

Citation Check