Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i3.83Abstract
Model pembelajaran mempengaruhi capaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas delapan di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP MBS Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua yang berjumlah delapan puluh lima siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang akan diteliti yaitu delapan puluh lima responden. Hasil Uji T variabel model pembelajaran Blended Learning menunjukkan model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Siwa kelas delapan di SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya mata pelajaran IPS
Downloads
References
Ahlberg, S. (2021). Teaching literature in SA. Taylor & Francais.
Lodico, M. . S. D. & V. K. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice, 2nd Edition. In The Canadian Journal of Action Research (Issue 3).
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Raka Joni, T. (n.d.). Pembelajaran yang Mendidik: Artikulasi Konseptual, Terapan Kontekstual dan Verifikasi Empirik.
Tunip, B. R., Lubis, F. W., & Saragih, R. (2022). Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. LINGUISTIK : Juurnal Bahasa & Sastra, 7(1). https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.83-90
Wayan Lasmawan. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Wawasan Pendidikan Dasar, Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, Pendidikian Ips Sekolah Dasar, Perspektif Global Dan Problematika Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1).
Nugroho, Aditya. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi siswa Pada Mata Diklat Keselamatan dan kesehatan Kerja Di SMK Negeri 1 Sedayu. Universitas Negeri Ygyakarta(Skripsi): 31
Harefa, Darmawan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Jurnal kajian, penelitian dan pengembangan pendidikan. 8(1): 01-18.
Sinaga, Evhans Perdana. 2019. Blended Learning: Transisi Pembelajaran Konvensional Menuju Online. Seminar Nasional Universitas Negeri Medan. 3: 855-860.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan XI) Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.
Syahrin, Siti Alfi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 Di SMPN 37 Jakarta. Skripsi: Jakarta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Nabilah Isnaini Afsari, Heru Totok Tri Wahono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).