Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Dian Meriyani Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Erma Yulaini Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56

Keywords:

Hasil belajar, Metode pembelajaran, Problem Posing, Problem Solving

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing dan problem solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen komparatif yang bersifat membandingkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX IPS 1 dan 4 yang menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Posing sebesar 85,18% dengan kategori aktif, yang lebih besar dibandingkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Solving sebesar 27,27% dengan kategori aktif. Simpulan penelitian ini terdapat Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP, 1(2), 165 - 174.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving pada siswa kelas X-Mia SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 103 - 116.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Kependidikan, 1(1), 150 - 168.

Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

MKDP, T. P. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Nur, I. T. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Sukabumi: CV Jejak.

Purwanto, N. (2013). Prinsip - prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2012). Dasar - dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. (2011). Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published

2021-11-19

How to Cite

Meriyani, D., Yulaini, E., & Aradea, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research, 2(3), 101–109. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56

Issue

Section

Articles

Citation Check