Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing dan problem solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen komparatif yang bersifat membandingkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX IPS 1 dan 4 yang menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Posing sebesar 85,18% dengan kategori aktif, yang lebih besar dibandingkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Solving sebesar 27,27% dengan kategori aktif. Simpulan penelitian ini terdapat Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Hasil belajar; Metode pembelajaran; Problem Posing; Problem Solving