Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19

Muhammad Ihsan Karmedi(1Mail), Firman Firman(2), Rusdinal Rusdinal(3),
(1) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Muhammad Ihsan Karmedi, Firman Firman, Rusdinal Rusdinal

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45

Download Full Text:   [File Size  : 89KB]  Language : id
Received : 2021-02-18  |  Published : 2021-02-18

Abstract


Artikel ini mengutarakan  dan menguraikan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah selama pandemi Covid-19. Strategi  yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada saat pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih terus berlanjut. Agar pembelajaran sejarah dalam menggunakan teknologi jarak jauh tetap berlangsung dengan lancar, guru perlu menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik dengan cara saling menguatkan antara guru dengan siswa, juga sesama antar siswa. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi agar pembelajaran sejarah tetap berlangsung seperti biasa meskipun dilakukan di rumah masing-masing

Keywords


Pendidikan karakter; pembelajaran sejarah

References


Abidin, Yunus. 2012. Model Penilaian Otentik dalam pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan karakter. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Covid19.go.id. Diakses pada 2 Februari 2021 pukul 14.31 WIB.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Prianto, C. 2020. Pembelajaran bermakna di Tengah Covid-19. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

 Abstract Views : 313 times
 PDF Downloaded : 205 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.