Pengembangan Media Koper Perilaku (Koperku) untuk Mengenalkan Perilaku Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.44Keywords:
Koperku, Perilaku Disiplin, Anak Usia 4-5 TahunAbstract
Penelitian pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan media Koperku. Media Koperku merupakan media yang dapat membantu anak untuk lebih mengenal perilaku disiplin dengan cara yang menyenangkan dan mudah diterima oleh anak. Untuk mengembangkan media Koper Perilaku (KOPERKU) sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) yang layak untuk anak didik usia 4-5 tahun. Untuk mengetahui kelayakan media Koper Perilaku (KOPERKU) oleh validator dalam mengenalkan perilaku disiplin anak usia usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Bord and Gall. Dengan langkah penelitian berupa analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, validasi produk, validasi desain, revisi produk. Jenis data yang dihasilkan dan dianalisis pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Koperku dinyatakan “Layak†oleh validator ahli materi, ahli media dan ahli pendidik dengan serangkaian uji validasi sehingga layak untuk mengenalkan kepada anak usia 4-5 tahun dalam berperilaku disiplin. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang dinilai oleh validator ahli materi, ahli media dan ahli pendidik yaitu (2,8).
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2018. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta.
Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 5(2). 174.
Akhmad Muhaimin Azzet. 2006. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta.
Choirun Nisak Aulina. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Dosen Jurusan PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2(1). 37. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/45
Dwi Kusuma Ningrum. 2018. Upaya Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia 4-5 tahun Melalui Permainan Ular Tangga Bercerita. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.
Eka Pratiwi, Nurbiana Dhieni, Asep Supena.2019. Urgensi Media Cerita Gambar Berseri dalam Menstimulasi Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta. Journal Of Islamic Education 3(2). 173.
Iriani Indri Hapsari. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Indeks. Jakarta Barat.
Ria Novianti, Hukmi, Ilga Maria. 2019. Generasi Alpha-Tumbuh dengan Gadget dalam genggaman. Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. EDUCHILD. 8(2). 66.
Ria Novianti. 2015. Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Prodi PG PAUD FKIP Universitas Riau. EDUCHILD. 4(1). 56.
Ria Novianti. 2019. Paren-Team. Stiletto Indie Book. Yogyakarta.
Ria Novianti, Ilga Maria. 2020. Pendidikan Keorangtuaan. Ellunar Publisher. Yogyakarta.
Ria Novianti, Febrialismanto, Enda Puspitasari, Hukmi. 2020. Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital Di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal Empowerment. 3(3). 184.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Talizaro Tafunao. 2018. Peran Media Pelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). 103.
Wantah M.J. 2005. Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).