Pengembangan Media Puzzle Shalat Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Ibadah Shalat Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.43Keywords:
Puzzle Shalat Edukatif, Media Pembelajaran, Kemampuan Ibadah Shalat Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media puzzle shalat edukatif untuk meningkatkan kemampuan ibadah shalat anak usia 5-6 tahun dan mengetahui kelayakan dari media puzzle shalat edukatif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Developmet) yang menggunakan prosedur pengembangan menurut teori Brog dan Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik angket yang akan di isi oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli pendidik. Jenis data yang dihasilkan dan dianalisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penilaian yang sudah dilakukan oleh para ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik diperoleh rata-rata nilai produk secara keseluruhan yaitu 3,49 dengan kategori kelayakan yaitu “Layakâ€. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle shalat edukatif yang di kembangkan dalam penelitian ini dengan serangkaian langkah dan tahapan validasi ahi materi dan ahli media dinyatakan “Layak†untuk meningkatkan kemampuan ibadah shalat anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Guslinda & Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya. CV. Jakad Publishing
Hazira Qudsyi. 2010. Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak. Jurnal Buletin Psikologi, 18(2), 91
Kamtini & Mesra Khairani. 2018. Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Jurnal Usia Dini, 4(2), 31
Muhammad Ihsan & Uswatun Hasanah. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta. Amzah.
Muhammad Roofiq, Esron Rikardo Nainggolan, Hasta Herlan Asymar. 2019. Aplikasi Pembelajaran Sholat pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer, 8(2), 10
Ria Novianti, Enda Puspitasari, Daviq Chairilsyah. 2013. Pemetaan Kemampuan Guru Paud dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Pekanbaru. Jurnal SOROT, 8(1), 95
Ria Novianti & Febrialismanto. The Analysis of Early Childhood Teachers’ Pedagogical Content Knowledge. Jurnal of Educational Sciences. 4(2), 405
Ria Novianti, Febrialismanto, Enda Puspitasari & Hukmi. Meningkatkan Kemampuan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital di Kecamatan Koto Gasip Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Jurnal of Empowerment, 3(3)183-190.
Ria Novianti, Hukmi, Ilga Maria. Generasi Alpha Tumbuh dengan Gadged dalam Genggaman. 8(2), 66
Siti Sahara, Vitri Angraini Hardi, Moh. Fauziddin. 2020. Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Media Audio Visual (Video) pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education. 2(1), 139
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukma Cania, Ria Novianti, Daviq Chairilsyah. (2020). Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54
Suyadi & Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar Paud. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tejo Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarari. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 22
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).