Pengembangan Media Permainan Game Geo Bus (GGS) untuk Mengenalkan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun

Desti Helfianti(1Mail), Ria Novianti(2), Yeni Solfiah(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Desti Helfianti, Ria Novianti, Yeni Solfiah

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.42

Download Full Text:   [File Size  : 210KB]  Language : id
Received : 2021-02-08  |  Published : 2021-02-08

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang diperoleh dari pengembangan produk game geo bus (GGS) bagi kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang diambil yaitu penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian Research and Development (R&D) ini yaitu: potensi dan masalah; pengumpulan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; validasi produk; revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner (angket), wawancara dan observasi. Instrument penelitian dilakukan dengan menggunakan lembaran kuesioner (angket). Instrument tersebut terdiri dari dua jenis validasi yaitu validasi instrument kelayakan produk dan instrument kelayakan materi. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian berdasarkan validasi yang didapat dari kedua validator dapat disimpulkan bahwa hasil validasi materi dan media tersebut, yaitu jumlah skor yang didapat dari gabungan kedua validasi materi, yaitu “41” skor, dengan rata-rata skor “4,5” dan kategori validasi materi yang didapat adalah “Sangat Layak”. Sedangkan validasi media dengan jumlah “45” skor, dengan rata-rata skor “4,1”, tentunya dengan kategori validasi media merupakan“Sangat Layak”.


Keywords


bentuk geometri; game geo bus (GGS); anak usia dini.

References


Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Abdul Khobir. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. 7 (2). (Online). Repository.Iainpekalongan.Ac.Id. (Diakses 08 November 2020).

Aryuni Rusdianti, Yeni Solfiah, & Rita Kurnia. 2020. Pengembangan Media Getar (Geometri Putar) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun. 3 (2). (Online). Https://journal.universitaspahlawan.ac.id. (Diakses 20 Desember 2020).

Dasrun Hidayat. 2013. Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. 5 (02). (Online). Jurnal.untad.ac.id. (Diakses 17 Desember 2020).

Devi Purnama Sari. 2019. Pengaruh Permainan Kotak Misteri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Universitas Riau. (Skripsi).

Dian Rahma. 2017. Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Al Fikri. 6 (10). (Online). Academia.Edu. (Diakses 17 Desember 2020).

Eti Hadiati dan Fidrayani. 2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (1). (Online). http://ejournal.radenintan.ac.id. (Diakses 08 November 2020).

Eka Sri Hendayani. 2012. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Pembelajaran Paud Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 1 (2). (Online). E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id. (Diakses 08 November 2020).

Iis Prasetyo. 2012. Teknik Analisis Data Dalam Research And Development. (Online). Academia.Edu. (Diakses 08 November 2020).

Lailatul Asmaul Chusna dan Mallevi Agustin Ningrum. 2019. Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 8 (2). (Online). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. (Diakses 16 Maret 2020).

Lidia Safitri, dkk. 2018. The Effect of Geometry Box Media on the Ability to Know the Concept of Numbers and Geometric Shapes. 212. (Online). https://www.atlantis-press.com. (Diakses 16 Maret 2020).

Lili Artika. 2017. Pengaruh Permainan Dakon Geometri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Dahlia Mandiri Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. 4 (1). (Online). Http://Jom.Unri.Ac.Id. (Diakses 16 Maret 2020).

Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gavamedia. Yogyakarta.

Ria Novianti. 2012. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). (Online). Educhild.Ejournal.Unri.Ac.Id. (Diakses 19 Juni 2020).

Rita Kurnia. 2011. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Cendikia Insani Pekanbaru. Pekanbaru.

Safrudin Aziz. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Kalimedia. Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukma Cania, Ria Novianti, & Daviq Chairilsyah. 2020. Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. 3 (1). (Online). https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/download/1210/955. (Diakses 20 Desember 2020).

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.


Article Metrics

 Abstract Views : 13 times
 PDF Downloaded : 5 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.