Gaya Bahasa Hiperbola dalam Buku About Love Karya Tere Liye

Authors

  • Wiwik Surya Utami (1) Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa
  • Jumianti Diana (1) Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.195

Abstract

Setiap penulis memiliki cara tersendiri dalam memilih penggunaan gaya bahasa yang tepat dalam karyanya. Melalui gaya bahasa kita dapat menilai watak, pribadi dan kemampuan seseorang dalam menggunakannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang gaya bahasa hiperbola dalam buku About Love karya Tere Liye. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Dalam penelitian ini peneliti membaca dan menyimak buku About Love karya Tere Liye kemudian mencatat dan mengklasifikasikan kutipan berdasarkan gaya bahasa hiperbola yang terdapat di dalam About Love karya Tere LIye. Hasil dari penelitian ini terdapat 16 kutipan-kutipan cinta dalam buku About Love Karya Tere Liye yang mengandung gaya bahasa hiperbola. Tujuan gaya bahasa hiperbola dalam kutipan-kutipan ini untuk memperindah dan memberikan efek menari sehingga pembaca dapat menikmati dan berimajinasi ketika membaca kutipan tersebut. Sekalipun, gaya bahasa hiperbola merupakan gaya bahasa berlebih-lebihan dan tidak sesuai kenyataan tetapi memiliki daya tarik keindahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprila, Mike Tri. (2022). Gaya Bahasa Hiperbola dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer: Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 1 (01).

Djajasudarma, Fatimah, T. 2006. Ancangan Metoda Penelitian dan Kajian. Bandung. Refika Aditama

Faruk. (2017) Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Handayani, Asih Dwi. (2018) Hiperbola Dan Hiperrealitas Media Analisis Judul Berita Hiperbola di Situs Berita Online: Dialektika Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2).

Kasmawati. (2021). Penggunaan Hiperbola dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Analisis Stilistika: Idiomatik jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 4 (2).

Keraf, Gorys. (1991) Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia.

Liye, Tere. (2016). #About Love. Jakarta: PT. Gramedia.

Luqiana, Nabila Jihan & Al Rasyid, Harun. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran

Bahasa Arab Berbasis Web WordPress untuk Siswa Kelas IX: Journal Of Education Research, 4 (2).

Mahsun, 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta. PT. Rajagrafindo

Pradopo, Djoko Rachmat. (2020). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Putri, Kusuma Inieke. (2013). Analisis Gaya Bahasa Hiperbola Dan Personifikasi Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shaleha, Mar’atun. (2016). Penggunaan Gaya Bahasa Hiperbola Dalam Kata-Kata Mario Teguh. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia: Universitas Muhammadiya Makassar.

Sitompul, Hamzah Nuzulul Fazri. 2014. Analisis Penggunaan Majas Hiperbola Pada Iklan Komersial di Televisi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.

Tarigan, Guntur Henry. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Wellek, Rene & Warren, Austin. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Utami, W. S., & Diana, J. (2023). Gaya Bahasa Hiperbola dalam Buku About Love Karya Tere Liye. Journal of Education Research, 4(2), 563–569. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.195

Issue

Section

Articles