Inventarisasi Tuter pada Etnis Samawa sebagai Penunjang Kebutuhan Literasi Pembaca Dini

Authors

  • Wiwik Surya Utami Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Tekonologi Sumbawa
  • Rahmin Meilani Putri Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1713

Abstract

Inventarisasi tuter (dongeng) khas daerah Sumbawa mendorong pelestarian budaya daerah yang mencerminkan kekayaan budaya berbentuk sastra lisan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mendokumentasikan dan menganalisis berbagai tuter pada etnis Samawa yang dikhususkan tuter atau dongeng untuk kebutuhan literasi anak pembaca dini. Inventarisasi tersebut berpeluang menunjang kebutuhan literasi anak yang dapat dilakukan sejak usia dini. Pemenuhan kebutuhan literasi tersebut pun mendukung pendidikan dan pembentukan karakter anak sejak usia dini. Hasil inventarisasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter anak, meningkatkan intensitas keterlibatan keluarga atau orang tua dalam pola asuh, serta memperkaya sumber literasi yang layak dan dapat digunakan sesuai usia anak. Hasil inventarisasi dongeng (tuter) daerah Sumbawa terdapat 14 dongeng (tuter) daerah Sumbawa, akan tetapi yang sesuai untuk anak-anak usia dini hanya terdapat dua dongeng yaitu Ne Bote Ne Kakura Ne Siso dan Batu Nganga Batangko yang menceritakan tentang kepatuhan kepada kedua orang tua dan kesetiakawanan, selain itu kedua cerita tersebut syarat akan pendidikan karakter dan nilai moral yang dapat menjadi contoh baik bagi pembaca usia dini. Melalui inventarisasi tuter (dongeng) khas daerah Sumbawa dapat menjadi sarana menumbuhkembangkan semangat literasi, mencintai budaya daerah, dan mendukung pendidikan karakter pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Dharman Gede I. dkk. 2019. Cerita Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tampung Penyang Jurnal Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya. Volume XVI.

Hidayati, T., & Putri, R. M. (2023). Hegemoni pada Mitos Sumur Ai Masam di Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. MANTRA: Jurnal Sastra Indonesia (Sastra, Bahasa, Budaya), 1(2), 1-11. https://doi.org/10.36761/mantra.v1i2.3499

Hasbullah & Rahmin Meilani Putri. 2023. Struktur Mitos dalam Cerita Rakyat “Batu Nganga Batangko” Sebuah Kajian Strukturalisme Levi-Strauss. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), 3(2), 111-124.

Habsari, Zakiah. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, volume 1. No.1.

Juanda, J. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11-18.

Kemendikbud. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemendikbud RI.

Lestari, Puput Widya. 2021. Metode Dongeng Sebagai Media Pembentuk Karakter Pada Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.

Mahsun.2020. Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali Press

Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42- 49.

Semi, Atar M. 2020. Metode Penelitian Sastra. Angkasa; Bandung

Syukria, S., & Siregar, N. S. S. (2018). Buku Cerita Si Kancil dan Perilaku Meniru Siswa Taman Kanak-kanak. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2(2), 90-102.

Yetti, Erly. 2015. Struktur Naratif Tuter Cerita “Tongtonge” dari Sumbawa. SAWERIGADING, 21(5), 505-517.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Utami, W. S., & Putri, R. M. (2024). Inventarisasi Tuter pada Etnis Samawa sebagai Penunjang Kebutuhan Literasi Pembaca Dini. Journal of Education Research, 5(4), 5652–5658. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1713

Issue

Section

Articles

Categories