Karakteristik Anak SD pada Teknologi dalam Pepspektif Islam

Authors

  • Dea Azzahra (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Asep Rudi Nurjaman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.190

Keywords:

Teknologi, Karakteristik, Pendidikan

Abstract

Secara umum teknologi diartikan sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan untuk mempermudah dalam kegiatan sehari-hari sehingga diharapkan dengan hadirnya teknologi ini dapat membawa pengaruh yang baik bagi kita semua di kehidupan. Adanya teknologi ini dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, sebagai kebutuhan interaksi antara guru dengan siswa. Perkembangan teknologi juga ada dampak positif dan negatif yang dimana sebagai guru atau orang tua harus dapat memantau anak-anak ketika menggunakan gadget, karena di era teknologi ini banyak sekali anak-anak yang menggunakan teknologi tanpa pantauan dari orang dewasa sehingga dapat menimbulkan karakteristik yang berubah-ubah ketika sudah mengenal gadget atau teknologi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

An’ars, M. G., Wahyudi, A. D., Hendrastuty, N., Damayanti, D., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Menulis Opini Bagi Siswa Di Smk Negeri 2 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 331–336.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Hidayat, I., Askar, A., & Zaitun, Z. (2022). Teknologi Menurut Pandangan Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 456–460.

Juliansyah, M. A., & Purba, V. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 20–34.

Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 113839.

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10.

Riza, F. A. (2020). Sistem Pendidikan Islam di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sumatera Utara Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sapada, A. O., & Arsyam, M. (2020). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Pandangan Islam.

Shaleh, M., & Firman, S. P. (2018). Komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Penerbit Aksara Timur.

Shobirin, M., & Ali, H. (2019). Strategi Pengembangan Infrastruktur dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 155–168.

Sunandar, B. (2020). Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.

Wahyuningsih, S., & Sos, S. (2015). Komunikasi visual. Madura: UTM Press.

Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo, R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., & Yusuf, M. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Vol. 5). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Dea Azzahra, & Nurjaman , A. R. (2023). Karakteristik Anak SD pada Teknologi dalam Pepspektif Islam. Journal of Education Research, 4(2), 556–562. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.190

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.