Peningkatan Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Aplikasi Google Classroom dalam Ujian Satuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.158Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berkenaan dengan Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia Kelas XII PKM 1 Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan kompetensi pengetahuan dan keterampilan materi pelajaran Bahasa Indonesia yang telah disampaikan oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dikombinasikan dengan teknik PTK. Teknik penilaian yang digunakan untuk Ujian Satuan Pendidikan di kelas XII PKM 1 adalah Tes Bentuk Objektif atau Tes Dikotomi (Dichotomously Scored Item) yang berbentuk Pilihan Ganda (Multiple Choice). Tes ini digunakan untuk mengukur hasil belajar kelas XIIPKM 1 dari aspek kognitif, ingatan, pengertian, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Materi ujian meliputi Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan, masing-masing terdiri dari 7 Kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk memperoleh informasi yang valid tentang efektivitas proses pembelajaran dan tingkat pencapaian hasil belajar. (2) fungsi penilaian hasil belajar membantu peserta didik memahami dirinya; (3) Google Classroom digunakan untuk menyiapkan sistem penilaian secara online dan ramah lingkungan; (4) dari jumlah 36 siswa kelas XII PKM 1 mendapatkan nilai kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan sangat memuaskan di atas KKM; (6) hasil penilaian pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII PKM 1 memiliki rata-rata 81,47.
Downloads
References
Alimudin. 2009. Penilaian Berbasis Kelas. (http://penilaianhasilbelajar. blogspot.com/).
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Thamrin. 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi. Surakarta: FKIP UNS.
Jelita, Citra Nurani (2021) Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang SMAN 16 Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang, dalam http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36590
Karyadi, Didit. 2011. Penilaian Berbasis Kelas. (http://didot4com. wordpress.com/2011/01/24/penilaian-berbasis-kelas/)
Silabus Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Siswanto dan Suyanto. 2016. Metode Penelitian (Research Methods). Klaten Selatan: Bossscript.
Spiller D. 2009. Assessment: Feedback to Promote Student Learning. Waikato: Teaching Development.
The Quality Assurance Agency. 2011. Understanding Assessment: its Role in Safeguarding Academic Standards and Quality in Higher Education. Diunduh pada 23 Oktober 2019 dari https://dera.ioe.ac.uk/12286/7/Understan dingAssessment_Redacted.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nur Wahyu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).