Peningkatan Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Aplikasi Google Classroom dalam Ujian Satuan Pendidikan

Authors

  • Nur Wahyuningsih SMKN 1 Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.158

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berkenaan dengan Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia Kelas XII PKM 1 Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan kompetensi pengetahuan dan keterampilan materi pelajaran Bahasa Indonesia yang telah disampaikan oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dikombinasikan dengan teknik PTK. Teknik penilaian yang digunakan untuk  Ujian Satuan Pendidikan di kelas XII PKM 1 adalah Tes Bentuk Objektif atau Tes Dikotomi (Dichotomously Scored Item) yang berbentuk Pilihan Ganda (Multiple Choice). Tes ini digunakan untuk mengukur hasil belajar kelas XIIPKM 1 dari aspek kognitif, ingatan, pengertian, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Materi ujian meliputi Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan, masing-masing terdiri dari 7 Kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk memperoleh informasi yang valid tentang efektivitas proses pembelajaran dan tingkat pencapaian hasil belajar. (2) fungsi penilaian hasil belajar membantu peserta didik memahami dirinya; (3) Google Classroom digunakan untuk menyiapkan sistem penilaian secara online dan ramah lingkungan; (4) dari jumlah 36 siswa kelas XII PKM 1 mendapatkan nilai kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan sangat memuaskan di atas KKM; (6) hasil penilaian pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII PKM 1 memiliki rata-rata 81,47.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin. 2009. Penilaian Berbasis Kelas. (http://penilaianhasilbelajar. blogspot.com/).

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Thamrin. 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi. Surakarta: FKIP UNS.

Jelita, Citra Nurani (2021) Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang SMAN 16 Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang, dalam http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36590

Karyadi, Didit. 2011. Penilaian Berbasis Kelas. (http://didot4com. wordpress.com/2011/01/24/penilaian-berbasis-kelas/)

Silabus Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Siswanto dan Suyanto. 2016. Metode Penelitian (Research Methods). Klaten Selatan: Bossscript.

Spiller D. 2009. Assessment: Feedback to Promote Student Learning. Waikato: Teaching Development.

The Quality Assurance Agency. 2011. Understanding Assessment: its Role in Safeguarding Academic Standards and Quality in Higher Education. Diunduh pada 23 Oktober 2019 dari https://dera.ioe.ac.uk/12286/7/Understan dingAssessment_Redacted.pdf

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Wahyuningsih, N. (2023). Peningkatan Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Aplikasi Google Classroom dalam Ujian Satuan Pendidikan. Journal of Education Research, 4(1), 240–248. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.158

Issue

Section

Articles

Citation Check