Lift The Flap Book : Media untuk Menstimulasi Kesadaran Bencana Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1213Keywords:
Media lift the flap book, Kesadaran bencana, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini berfokus pada penggunaan media Lift the Flap Book untuk menstimulasi kesadaran bencana pada anak usia dini. Pendidikan anak usia dini adalah fase kritis dalam pengembangan kognitif, sosial, emosional, dan keterampilan mereka. Dengan pendekatan pembelajaran melalui media Lift the Flap Book yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang bencana alam seperti banjir, letusan gunung berapi, dan tanah longsor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelompok B di TK Islam Al-Kautsar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan minat, pemahaman, dan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran tentang bencana alam. Anak-anak mampu memahami konsep-konsep dasar bencana dan cara-cara menghadapi situasi darurat.
Downloads
References
Anggarasari N H, dan R S Dewi. 2019. Mitigasi bencana pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 68-77.
Arisanty D,Hastuti K P , Putro H P N, Abbas E W, Halawa Y A, Anwar K. 2022. Mitigasi Banjir Berbasis Masyarakat Di Desa Rawan Banjir Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pendidikan Geografi, 9(1) : 50-58.
Azimah N, dan Dafit F. 2022. Pengembangan Media Lift The Flap Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2): 372-382.
Aziza A, dan Anas N. 2022. The Effectiveness Of Problem Based Learning Model Using Media Lift The Flap Book In Post Pandemic Biology Learning Efektivitas Model Problem Based Learning Menggunakan Media Lift The Flap Book Pada Pembelajaran Biologi Pasca Pandemi, jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus , 8(3): 628- 635.
Azzahro T ,Permata V A. 2023. Analisis Pengaruh Aktivitas Gunung Kelud Terhadap Karakter dan Jenis Tanah dalam Sektor Pertanian. Jurnal Penelitian Geografi, 11(2): 170-176
Balahanti R, Mononimbar W, Pierre H, Gosal, MEDS3. 2023. Analisis Tingkat Kerentanan Banjir Di Kecamatan Singkil Kota Manado. Jurnal Spasial, 11(1): 70
Febriansyah A, Ramadhan A , Gustiyan M, Revin R,M, Maulana R, Juli R, Rollanda G.E, dan Firmansyah R. 2020. Penerapan Machine Learning Dalam Mitigasi Banjir Menggunakan Data Mining. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 3(3) : 216-218
Hardiyanto S, dan Pulungan D. 2019. Komunukasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam Di Kota Padangsidimpuan, Jurnal Interaksi, 3(1): 32-39.
Haribulan R, Pierre H. Gosal , dan, Hendriek H. Karongkong. 2019. Kajian Kerentanan Fisik Bencana Longsor Di Kecamatan Tomohon Utara. Jurnal spasial 6(3) : 715-724
Khusnaeni N, Supriyono, Pangestika R R. 2022. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Tema 7 Subtema 1 siswa kelas II Sekolah Dasar, Journal On Teacher Education , 4(2): 202-212.
Liavani M, dan Silalahi B R. 2023. Pengembangan Media Lift The Flap Book Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD, jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(1): 1361-1368.
Muhammad F, Hadi A, dan Irfan D. Pengembangan Sistem Informasi Panduan Mitigasi Bencana Alam Provinsi Sumatera Barat Berbasis Android, Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(1) : 27-42.
Naryanto H S, Soewandita H, Ganesha D, Prawiradisastra F, dan Kristijono A. 2019. Analisis Penyebab Kejadian dan Evaluasi Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tanggal 1 April 2017. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(2), 272.
Ningtyas D P, dan D F Risina. 2018. Peningkatan self awareness anak usia dini melalui media video mitigasi bencana gunung meletus. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 115-124.
Nirmalawati. 2014. Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI, 3(2) : 120- 126
Novitasari S, Hermansyah, Noviati. 2022. Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 213-215.
Nugrahani R,dan Permata R D. 2024. Desain Media Buku Lift The Flap Untuk Menstimulasi Kemampuan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1): 1473-1477.
Nurdiana D. 2020. Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Pengetahuan Bencana Alam Gunung Berapi. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(2), 123-132.
Nurhafizah. 2018. Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Jurnal Pendidikan, 2(2b), 4-10.
Oasis. 2015. Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan , 3(1) : 3- 9
Qurrotaini L, Nuryanto N. 2020. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembelajaran IPS SD. jurnal Pendidikan Dasar, 2(1): 37-44
Rukmi, A. S. 2022. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1) : 75-85.
Rusilowati A, Supriyadi, Binadja A, dan Mulyani. Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology And Society, 8(1): 51-60.
Sari I P, dan Sismulyasih N. 2021. Pengembangan Media Lift The Flap Book Materi Menulis Kalimat Efektif, Joyful Learning Journal, 10(1): 7-12.
Suharyono S, Panjaitan N K, dan Saharuddin. 2020. Relasi Sosial dan Resiliensi Komunitas Petani Korban Erupsi Gunung Berapi di Kawasan Relokasi. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, 37 (2) : 159.
Suwaryo P A W, dan Yuwono P. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor,Journal University Research Colloquium, 1(1) ; 305-9189.
Ulfah K U, Bahrun, dan Rahmi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Untuk Menstimulasi Kesiapsiagaan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6( 2) : 10- 19.
Utami D R A T, Yuliati N, dan Aisiyah L N, 2020. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Mengenalkan Perilaku Hidup Sehat Pada Anak Kelompok B Di TK Puri Ananda Kecamatan Jember, Journal Of Early Childhood Education And Research, 1(1): 6-12.
Yaniar K C, dan Rukmi A S. 2022. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal PGSD, 10(1) : 75-85.
Zummiasa A V, Mas’udah,Widayati S, dan Reza M. 2023. Pengembangan Media Lift The Flap Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 Pada Anak Usia Dini, Jurnal Program Studi PGRA, 9(1): 66-78
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rahma Ubaidillah, Dea Putri, Yana Hauri, Reci Yuliani, Winda Sherly Utami, Rizki Surya Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).