Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS

Authors

  • Yulian Nur Hanifa STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Mindaudah Ida STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99

Keywords:

menulis puisi, aplikasi LMS, penelitian Tindakan kelas

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia terutama materi menulis puisi di kelas X IPS 4 SMAN Mojoagung memerlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh. Hal ini diharapkan pembelajaran yang dilakukan di sekolah dapat berjalan tanpa adanya guru yang mendampingi sehingga keterampilan menulis puisi peserta didik dapat meningkat. Oleh karena itu salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan Virtual Learning Environment dalam hal ini penggunaan media Learning Management System dengan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media LMS untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas X MIPA 4 SMAN Mojoagung dan mengetahui hasil keterampilan menulis puisi kelas X MIPA 4 SMAN Mojoagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri Mojoagung tahun peajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket/kuisioner, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, dapat dilihat dari data kuantitatif rata-rata skor menulis puisi pada kondisi awal adalah 66,80, pada siklus I meningkat menjadi 72,94, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,40. Ketuntasan belajar kondisi awal adalah 10 peserta didik sebesar 28,57%, pada siklus I menjadi 20 peserta didik sebesar 57,14%, dan pada siklus II meningkat menjadi 30 peserta didik sebesar 85,70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsana, Banu. 2012. Gambar Ilustrasi. Available at http://p4tksbjogja.com/index. php?option=com_content&view=article&id=231:gambar-ilustrasi&catid=69:seni [accessed 04/08/14]

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predanan Media Group.

Depdiknas. 2000. Memahami dan Menangani Peserta didik dengan Problema dalam Belajar. Jakarta.

Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta.

Gunarto.2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 2 Polanharjo Kabupaten Klaten.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Hernawan, A.H. dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Hidayat, Rahmat. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Peserta didik Melalui Penggunaan Media Gambar Ilustrasi :Penelitian Tindakan Kelas TerhadapPeserta didik Kelas XI IPA SMA Kartika Siliwangi 2. Skripsi Jurusan Pendidikan ahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim,Muslimin,dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: University Press

Joni, T. Raka. 1980. Cara Belajar Peserta didik Aktif: Wawasan Pendidikan dan Pembaharuan Pendidikan Guru. Malang: IKIP Malang

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat.Yogyakarta: Universitas Sumatra

Moeleong,L.J.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pradopo, Rachmat Djoko.2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rahmanto,B.1998. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.

Ratna,Nyoman Kutha.2012. Teori,metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shoimin,Aris.2014. Model Pembelajaran Inovatif.Cetakan I.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Peserta didikntoro. 2005. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologis. Surakarta : Muhammadiyah University Press.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soepratno. 1985. Pendidikan Seni Rupa. Semarang. Aneka Ilmu

Sudjana, N. Dan A. Rifa’i. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Widada.2007. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

Downloads

Published

2023-01-07 — Updated on 2023-01-07

Versions

How to Cite

Hanifa, Y. N., & Ida, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS . Journal of Education Research, 3(4), 167–176. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99

Citation Check