Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99Keywords:
menulis puisi, aplikasi LMS, penelitian Tindakan kelasAbstract
Pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia terutama materi menulis puisi di kelas X IPS 4 SMAN Mojoagung memerlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh. Hal ini diharapkan pembelajaran yang dilakukan di sekolah dapat berjalan tanpa adanya guru yang mendampingi sehingga keterampilan menulis puisi peserta didik dapat meningkat. Oleh karena itu salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan Virtual Learning Environment dalam hal ini penggunaan media Learning Management System dengan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media LMS untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas X MIPA 4 SMAN Mojoagung dan mengetahui hasil keterampilan menulis puisi kelas X MIPA 4 SMAN Mojoagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri Mojoagung tahun peajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket/kuisioner, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, dapat dilihat dari data kuantitatif rata-rata skor menulis puisi pada kondisi awal adalah 66,80, pada siklus I meningkat menjadi 72,94, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,40. Ketuntasan belajar kondisi awal adalah 10 peserta didik sebesar 28,57%, pada siklus I menjadi 20 peserta didik sebesar 57,14%, dan pada siklus II meningkat menjadi 30 peserta didik sebesar 85,70%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsana, Banu. 2012. Gambar Ilustrasi. Available at http://p4tksbjogja.com/index. php?option=com_content&view=article&id=231:gambar-ilustrasi&catid=69:seni [accessed 04/08/14]
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predanan Media Group.
Depdiknas. 2000. Memahami dan Menangani Peserta didik dengan Problema dalam Belajar. Jakarta.
Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta.
Gunarto.2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 2 Polanharjo Kabupaten Klaten.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Hernawan, A.H. dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Hidayat, Rahmat. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Peserta didik Melalui Penggunaan Media Gambar Ilustrasi :Penelitian Tindakan Kelas TerhadapPeserta didik Kelas XI IPA SMA Kartika Siliwangi 2. Skripsi Jurusan Pendidikan ahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,Muslimin,dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: University Press
Joni, T. Raka. 1980. Cara Belajar Peserta didik Aktif: Wawasan Pendidikan dan Pembaharuan Pendidikan Guru. Malang: IKIP Malang
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat.Yogyakarta: Universitas Sumatra
Moeleong,L.J.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pradopo, Rachmat Djoko.2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Rahmanto,B.1998. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.
Ratna,Nyoman Kutha.2012. Teori,metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Shoimin,Aris.2014. Model Pembelajaran Inovatif.Cetakan I.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Peserta didikntoro. 2005. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologis. Surakarta : Muhammadiyah University Press.
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Soepratno. 1985. Pendidikan Seni Rupa. Semarang. Aneka Ilmu
Sudjana, N. Dan A. Rifa’i. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Widada.2007. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-07 (2)
- 2023-01-07 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yulian Nur Hanifa; Mindaudah Ida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).