Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS

Authors

  • Yulian Nur Hanifa STKIP PGRI Jombang
  • Mindaudah Ida STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99

Keywords:

menulis puisi, aplikasi LMS, penelitian Tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil implementasi media perigi dalam membantu mestimulasi perkembangan fisik motorik anak usia empat sampai lima tahun di taman kanak-kanak Khodijah Semarang. Berdasarkan hasil pengamatan awal, masih banyak anak disana yang bermalas-malasan saat pembelajaran, anak cepat mengeluh capek saat belajar, kurangnya media untuk membantu mestimulasi anak. Berdasarkan hasl tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media perigi yang di gunakan untuk membantu menstimulasi fisik motorik anak usia empat sampai sampai lima tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media perigi dapat membantu menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia empat sampai lima tahun di TK Khodijah Semarang. Terlihat dari dampak positif yang diperoleh anak diantaranya: anak semakin percaya diri untuk mencoba hal yang baru, melakukan gerakkan melompat secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, mengetahui urutan permainan, mengetahui aturan bermain, mengontrol gerakkan tangan yang menggunakan otot halus, mengkoordinasi mata dan tangan pada saat bermain media perigi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsana, Banu. 2012. Gambar Ilustrasi. Available at http://p4tksbjogja.com/index. php?option=com_content&view=article&id=231:gambar-ilustrasi&catid=69:seni [accessed 04/08/14]

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predanan Media Group.

Depdiknas. 2000. Memahami dan Menangani Peserta didik dengan Problema dalam Belajar. Jakarta.

Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta.

Gunarto.2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 2 Polanharjo Kabupaten Klaten.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Hernawan, A.H. dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Hidayat, Rahmat. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Peserta didik Melalui Penggunaan Media Gambar Ilustrasi :Penelitian Tindakan Kelas TerhadapPeserta didik Kelas XI IPA SMA Kartika Siliwangi 2. Skripsi Jurusan Pendidikan ahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim,Muslimin,dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: University Press

Joni, T. Raka. 1980. Cara Belajar Peserta didik Aktif: Wawasan Pendidikan dan Pembaharuan Pendidikan Guru. Malang: IKIP Malang

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat.Yogyakarta: Universitas Sumatra

Moeleong,L.J.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pradopo, Rachmat Djoko.2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rahmanto,B.1998. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.

Ratna,Nyoman Kutha.2012. Teori,metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shoimin,Aris.2014. Model Pembelajaran Inovatif.Cetakan I.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Peserta didikntoro. 2005. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologis. Surakarta : Muhammadiyah University Press.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soepratno. 1985. Pendidikan Seni Rupa. Semarang. Aneka Ilmu

Sudjana, N. Dan A. Rifa’i. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Widada.2007. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia

Downloads

Published

2023-01-07 — Updated on 2023-01-07

Versions

How to Cite

Hanifa, Y. N., & Ida, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS . Journal of Education Research, 3(4), 167–176. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99

Issue

Section

Articles