Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99Keywords:
menulis puisi, aplikasi LMS, penelitian Tindakan kelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil implementasi media perigi dalam membantu mestimulasi perkembangan fisik motorik anak usia empat sampai lima tahun di taman kanak-kanak Khodijah Semarang. Berdasarkan hasil pengamatan awal, masih banyak anak disana yang bermalas-malasan saat pembelajaran, anak cepat mengeluh capek saat belajar, kurangnya media untuk membantu mestimulasi anak. Berdasarkan hasl tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media perigi yang di gunakan untuk membantu menstimulasi fisik motorik anak usia empat sampai sampai lima tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media perigi dapat membantu menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia empat sampai lima tahun di TK Khodijah Semarang. Terlihat dari dampak positif yang diperoleh anak diantaranya: anak semakin percaya diri untuk mencoba hal yang baru, melakukan gerakkan melompat secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, mengetahui urutan permainan, mengetahui aturan bermain, mengontrol gerakkan tangan yang menggunakan otot halus, mengkoordinasi mata dan tangan pada saat bermain media perigi.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsana, Banu. 2012. Gambar Ilustrasi. Available at http://p4tksbjogja.com/index. php?option=com_content&view=article&id=231:gambar-ilustrasi&catid=69:seni [accessed 04/08/14]
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predanan Media Group.
Depdiknas. 2000. Memahami dan Menangani Peserta didik dengan Problema dalam Belajar. Jakarta.
Depdiknas.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta.
Gunarto.2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 2 Polanharjo Kabupaten Klaten.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Hernawan, A.H. dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Hidayat, Rahmat. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Peserta didik Melalui Penggunaan Media Gambar Ilustrasi :Penelitian Tindakan Kelas TerhadapPeserta didik Kelas XI IPA SMA Kartika Siliwangi 2. Skripsi Jurusan Pendidikan ahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,Muslimin,dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: University Press
Joni, T. Raka. 1980. Cara Belajar Peserta didik Aktif: Wawasan Pendidikan dan Pembaharuan Pendidikan Guru. Malang: IKIP Malang
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat.Yogyakarta: Universitas Sumatra
Moeleong,L.J.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pradopo, Rachmat Djoko.2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Rahmanto,B.1998. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius.
Ratna,Nyoman Kutha.2012. Teori,metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Shoimin,Aris.2014. Model Pembelajaran Inovatif.Cetakan I.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Peserta didikntoro. 2005. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologis. Surakarta : Muhammadiyah University Press.
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Soepratno. 1985. Pendidikan Seni Rupa. Semarang. Aneka Ilmu
Sudjana, N. Dan A. Rifa’i. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Widada.2007. Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-07 (2)
- 2023-01-07 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yulian Nur Hanifa; Mindaudah Ida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).