Penerapan Kesetaraan Gender dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.982Keywords:
Hasil Belajar, , Kesetaraan Gender, PembelajaranAbstract
Di era emansipasi perempuan saat ini, masyarakat masih mengelompokkan segala sesuatu berdasarkan gendernya. Hal ini berdampak pada program keahlian TITL di SMKN dua Kota Serang yang memuat pembelajaran serta luaran bidang pekerjaan kasar. Penelitian ini membahas tentang penerapan kesetaraan gender dalam Program Keahlian TITL SMKN dua Kota Serang. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran dan sejauh mana gender dapat mempengaruhi hasil belajar siswa program keahlian TITL di SMKN sua Kota Serang. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Proses pembelajaran di TITL SMKN dua Kota Serang sudah menerapkan kesetaraan gender, dan Gender berpengaruh dalam hasil belajar.
Downloads
References
Asrina, & Mustadjar, M. (2018). Kesetaraan Gender dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Siswa di SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 5(3), 45–49.
Cahyani, L. D., & Sugiarto, S. (2023). Potret Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kesetaraan Gender pada Siswa Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 8(1), 114–120.
European Institute for Gender Equality (EIGE). (2016). Gender Equality in Academia and Research. GEAR Tool. Publications Office of The European Union.
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.
Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender dalam Pendidikan. Muwazah, 10(2), 198–224.
Hayati, F., Zulvira, R., & Gistituati, N. (2021). Lembaga Pendidikan: Kebijakan dan Pengambilan Keputusan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1), 100–104.
Hidayatulloh, M. K. Y., Aftoni, & Hilmi, M. A. (2021). Pengaruh Locus of Control dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK YPM 8 Sidoarjo. Journal of Educationand Management Studies, 4(6), 21–28.
Huda, M. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 71–90.
Kinanti, N. A., Syaebani, M. I., & Primadini, D. V. (2021). Stereotip Pekerjaan Berbasis Gender Dalam Konteks Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 44(1), 1–16.
Kiram, M. Z. (2020). Is Our Child Too Young to Learn Gender Equality? An Interpretation of Gender Education in Aceh Families. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 1–8.
Masamah, U., & Zamhari, M. (2016). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Berkesadaran Multikultural di Indonesia. Jurnal QUALITY, 4(2), 271–289.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif (T. R. Rohidi (ed.)). Universitas Indonesia Press.
Milla, H., & Febriola, D. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Memilih Masuk Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 149–158.
Ngazizah, N., Puspitarini, D., Asrofah, Z. A., & Saputri, D. A. R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kesetaraan Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 997–1005.
Novemaharisa, F. (2017). Isu Gender dalam Pendidikan di SMK. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sahri, I. K., & Hidayah, L. (2020). Kesetaraan Gender di Pesantren NU: Sebuah Telaah Atas SIngle Sex Classroom di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. JNUS: Journal of Nahdlatul Ulama Studies, 1(1), 67–105.
Siregar, R. N., Prabawanto, S., Mujib, A., & Rangkuti, A. N. (2021). Faktor Dukungan Keluarga Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika di IAIN Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 250–260.
Syaputra, R., & Shomedran. (2023). Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 18–34.
Warada, A., Mardiana, & Hasanah, I. A. (2021). Urgensi Peran Keluarga Terhadap Pembinaan Karakter Generasi Muda Sebagai Pilar Ketahanan Nasional. Jurnal Pengajaran Dan Kajian Islam, 1(1), 19–26.
Werdiningsih, W. (2020). Analisis Kesetaraan Gender pada Pembelajaran Program Keahlian Teknik di SMK PGRI 2 PONOROGO. Kodifikasia, 14(1), 71–92.
Wibowo, A., & Nugroho, B. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(2), 881–889.
Widyani, A., Saman, A., & Umar, N. F. (2022). Analisis Stereotip Gender dalam Pemilihan Karir (Studi Kasus pada Siswi SMPN 1 Pallangga). PINISI Journal of Education, 1–14.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fina Ayu Lestari, Bagus Dwi Cahyono, Suhendar Suhendar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).